April 17, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Nelayan Indonesia telah menyelamatkan puluhan warga Rohingya setelah kapal mereka terbalik

Nelayan Indonesia telah menyelamatkan puluhan warga Rohingya setelah kapal mereka terbalik

Lebih dari 50 orang Rohingya berdiri di gundukan tanah dekat kota Meulabo di Aceh Barat setelah perahu mereka terbalik saat air pasang, kata Miftach Tjut Atek, kepala komunitas nelayan di provinsi tersebut.

“Sebagai nelayan, kami mempunyai kewajiban untuk membantu mereka,” katanya kepada Reuters, seraya menambahkan bahwa tim penyelamat berani menghadapi cuaca buruk untuk mengeluarkan mereka dari bangunan yang tenggelam.

Reuters tidak dapat memastikan berapa banyak warga Rohingya yang berada di laut atau ke mana tujuan mereka.

Pemerintah daerah Aceh Barat dan badan pengungsi UNHCR tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Selama bertahun-tahun, warga Rohingya, yang melarikan diri dari Myanmar yang mayoritas penduduknya beragama Buddha, umumnya diperlakukan sebagai penyusup asing dari Asia Selatan, ditolak kewarganegaraannya, dan menjadi sasaran pelecehan.

Warga Rohingya melakukan perjalanan dengan perahu kayu setiap tahun, antara bulan November dan April ketika laut tenang, ke negara tetangga Thailand dan Bangladesh, Indonesia, dan Malaysia yang mayoritas penduduknya Muslim.

Kantor Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR) mengatakan pada bulan Januari bahwa setidaknya 569 orang Rohingya meninggal atau hilang pada tahun 2023 saat mencoba melarikan diri dari Myanmar atau Bangladesh, jumlah tertinggi sejak tahun 2014.

(Laporan oleh Stanley Vidiando; Penyuntingan oleh Clarence Fernandez)

Penafian: Laporan ini dibuat secara otomatis dari layanan berita Reuters. ThePrint tidak bertanggung jawab atas kontennya.

READ  Indonesia memudahkan larangan ekspor batubara, meredakan kekhawatiran pasokan