Februari 4, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Mengapa restrukturisasi keuangan Indonesia membuat pasar gelisah: Tanya Jawab

(Bloomberg) — Indonesia akan menerapkan perubahan besar-besaran pada peraturan sektor keuangannya minggu ini setelah upaya selama dua tahun dan reaksi pasar.

Perundang-undangan yang diusulkan berupaya untuk memperluas mandat bank sentral dan memperkuat kewenangannya untuk membeli obligasi pemerintah di saat krisis, seperti yang telah dilakukan selama tiga tahun terakhir untuk meningkatkan ekonomi terbesar di Asia Tenggara. Pada akhir tahun 2022, bank sentral akan membeli 1.144 triliun rupee ($73 miliar) surat utang. RUU tersebut juga berupaya untuk menyesuaikan peraturan dengan teknologi keuangan yang berkembang pesat dan sektor mata uang kripto.

Parlemen dijadwalkan untuk memberikan suara pada langkah tersebut minggu ini setelah RUU tersebut disetujui oleh Komisi Keuangan pada 8 Desember. Inilah yang perlu Anda ketahui tentang reformasi sektor keuangan:

Mengapa Indonesia mereformasi hukum keuangannya?

Peraturan yang ada rumit, bahkan sering bertentangan. Mengingat ledakan fintech baru-baru ini dan rencana bank sentral untuk rupee digital, mereka terlambat. Pemerintah mengharapkan perubahan ini untuk membantu memperdalam pasar modal lokal untuk membiayai kebutuhan perekonomian. Hal ini sejalan dengan tujuan Presiden Joko Widodo untuk mereformasi undang-undang untuk memotong birokrasi dan menyederhanakan aturan, terutama untuk memastikan otoritas keuangan dapat merespons krisis dengan cepat.

Perubahan apa yang menunggu bank sentral?

Jika disahkan, undang-undang tersebut akan memberdayakan Bank Indonesia untuk membantu pemerintah dengan membeli obligasi ketika presiden mengumumkan krisis, menegaskan tindakannya yang belum pernah terjadi sebelumnya selama pandemi yang digambarkan oleh bank sentral dan kementerian keuangan sebagai “satu kali”. ” ukuran.

Sebagai bagian dari proposal, anggota parlemen menginginkan bank sentral untuk “berpartisipasi dalam menjaga stabilitas sistem keuangan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan” serta menjaga stabilitas sistem pembayaran di atas mandat yang ada untuk memastikan stabilitas rupee dan harga.

READ  Bagaimana Indonesia menjadi tanah air bulu tangkis

Dorongan sebelumnya untuk secara eksplisit memasukkan penciptaan lapangan kerja dan pertumbuhan ekonomi dalam mandat Bank Indonesia, yang menurut para analis akan membahayakan independensinya, dibatalkan dari RUU terbaru.

Bagaimana cara kerja monetisasi pinjaman?

RUU tersebut menjelaskan bagaimana Bank Indonesia dapat membiayai utang negara di saat krisis.

Selain memungkinkan pembelian langsung obligasi negara jangka panjang di pasar perdana, seperti yang dilakukan sejak pandemi, bank sentral dapat membeli obligasi perusahaan swasta melalui bank dan nota pembelian kembali yang dipegang oleh lembaga penjaminan simpanan. .

Uang kertas pemerintah dapat dibeli dari penjamin simpanan untuk mengatasi masalah likuiditas bank.

Apakah perubahan tersebut akan mempengaruhi independensi bank sentral?

Jika undang-undang tersebut disetujui, masih harus dilihat bagaimana Bank Indonesia akan mengimplementasikan mandatnya yang diperluas, khususnya di bidang dukungan ekonomi. Jokowi mencoba menciptakan lapangan kerja di bank Indonesia beberapa bulan lalu.

Bahkan dengan perluasan tanggung jawab untuk membeli obligasi pemerintah bila diperlukan, jelas bahwa pembuat undang-undang mengambil langkah-langkah untuk menjaga independensi bank sentral dan menolak campur tangan. Sementara rancangan undang-undang melarang politisi diangkat menjadi dewan gubernur bank sentral, undang-undang itu memberlakukan kembali larangan anggota dewan bergabung dengan partai politik.

Reformasi besar apa lagi yang telah dimasukkan dalam rencana?

RUU tersebut memperkenalkan rupee digital sebagai alat pembayaran yang sah dan mengakui cryptocurrency dan aset digital sebagai instrumen keuangan yang diatur.

Reformasi keuangan yang diusulkan mencakup polis asuransi di bawah cakupan Lembaga Penjamin Simpanan.

Rancangan undang-undang tersebut juga menetapkan kerangka kerja untuk perdagangan karbon di bursa dan layanan obligasi.

©2022 Bloomberg LP