Mei 25, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Mengapa kiri Yunani mungkin memberi kaum konservatif layar mulus menuju kemenangan

Mengapa kiri Yunani mungkin memberi kaum konservatif layar mulus menuju kemenangan

Putaran pertama pemungutan suara dalam pemilu Yunani bulan lalu menunjukkan kaum konservatif mengalahkan ekspektasi dan meninggalkan partai oposisi sayap kiri utama, Syriza, dengan selisih 20 poin.

Sementara banyak yang berfokus pada sejauh mana kemenangan Konservatif, salah satu kesimpulan terbesar dari pemungutan suara 21 Mei adalah kekalahan telak dari pihak oposisi.

Nick Malkutzis, editor situs data dan analisis independen Yunani MacroPolis, menjelaskan bahwa jajak pendapat menunjukkan bahwa sekitar 40% pemilih memilih Demokrasi Baru karena menurut mereka itu adalah pilihan yang paling tidak buruk, mencatat bahwa Syriza melewatkan kesempatan untuk meyakinkan para pemilih tersebut untuk mendukungnya. pestanya.

Kurangnya pesan terpadu, terutama tentang ekonomi, dan strategi kampanye yang buruk disebut-sebut sebagai salah satu alasan dari hasil tersebut.

Ketika negara itu menuju ke tempat pemungutan suara lagi pada hari Minggu, ada kekhawatiran tentang potensi kemenangan besar bagi kaum konservatif, dikombinasikan dengan oposisi yang lemah dan cerah, dapat berarti bagi masa depan demokrasi di Yunani.

Oposisi gagal menyampaikan ‘pesan kampanye yang koheren’

Analis mengaitkan kinerja buruk Syriza sebagian karena kurangnya strategi yang jelas. Para ahli mengatakan Syriza lebih fokus pada memerangi neo-demokrasi dan menunjukkan kegagalan kaum konservatif daripada mempromosikan visinya sendiri untuk negara.

“Syriza mengalami kesulitan mengartikulasikan pesan kampanye yang jelas atau koheren mengingat bahwa itu selalu berada di urutan kedua dalam semua jajak pendapat,” Harris Milonas, asisten profesor di Elliott School of International Affairs Universitas George Washington, mengatakan kepada HuffPost. Akibatnya, dia harus mempertimbangkan beberapa kemungkinan pemerintahan koalisi yang mungkin akan mengecewakan banyak pemilih.

Pemungutan suara putaran pertama berlangsung di bawah sistem perwakilan proporsional, mengikuti undang-undang yang disahkan oleh Syriza pada 2016, saat masih di pemerintahan. Meskipun mengetahui bahwa undang-undang ini sangat mempersulit partai mana pun untuk mendapatkan mayoritas langsung, pemimpin Syriza Alexis Tsipras menghabiskan tujuh tahun berikutnya dengan sedikit upaya untuk membangun konsep koalisi di benak pemilih dan gagal menjangkau partai lain secara bermakna. di Parlemen. Itu bisa membantunya membentuk koalisi progresif dan kemungkinan pemerintahan koalisi, Malkotzis menjelaskan.

Niko Evstathiou, wakil editor di LIFO, sebuah outlet berita independen di Athena, menggemakan Malkotzis, mengatakan kepada HuffPost bahwa ketidakmampuan Syriza untuk menemukan titik temu dengan partai-partai sayap tengah atau kiri lainnya membuat para pemilih yang ragu-ragu pada menit-menit terakhir memutuskan. Menuju demokrasi baru.

“Saya pikir ini adalah sesuatu yang benar-benar melukai kaum kiri,” kata Efstathiou.

Secara terpisah, SYRIZA mengobarkan kampanye negatif, gagal menyadari bahwa orang Yunani siap untuk membalik halaman setelah bertahun-tahun melakukan penghematan.

Buka format gambar

Kyriakos Mitsotakis, pemimpin Partai Demokrasi Baru, mengadakan rapat umum pra-pemilu di Thessaloniki, Yunani.

Achilleas Chiras/Anadolu Agency melalui Getty Images

Efstathiou menambahkan bahwa strategi Syriza kontras dengan “kampanye seperti sekolah bisnis” kaum konservatif. Demokrasi Baru “berhasil mengatur agenda, sebagian besar seputar masalah ekonomi”, yang mencerminkan prioritas para pemilih.

Dimitris Christopoulos, seorang profesor ilmu politik dan sejarah di Universitas Pantheon, mengatakan strategi Tsipras menjadi segalanya bagi semua dengan menjangkau pemilih sayap kanan tidak hanya terbukti meyakinkan, tetapi juga akhirnya mengasingkan pemilih sayap kiri, yang mengarah ke pemilihannya. kekalahan yang signifikan. di Athena.

Misalnya, konservatif Dia meluncurkan kampanye untuk memperluas tembok yang menjaga perbatasan darat negara dengan Türkiye Dia terus-menerus menekan Tsipras untuk mengklarifikasi posisinya tentang masalah tersebut.

Tsipras tidak menawarkan alternatif, yang menurut Christopoulos merupakan kesalahan strategis.

“Jika Anda menginginkan pagar, jika Anda merasa terancam oleh imigran, Anda tidak akan memilih Syriza,” katanya. Anda akan memilih dengan benar.

Kiri gagal memanfaatkan skandal terkait pemerintah

perlakuan buruk terhadap pencari suaka

Lokasi geografis negara itu berarti Yunani berada di garis depan krisis migran di Eropa.

Pemerintah Yunani berada di bawah pengawasan atas perlakuannya terhadap pencari suaka.

Hanya beberapa hari sebelum pemilihan pertama bulan lalu, itu The New York Times melaporkan Bahwa penjaga pantai Yunani memindahkan 12 pencari suaka, termasuk anak-anak kecil, dari pulau Lesbos ke Laut Aegea tengah dan meninggalkan mereka di sana dengan perahu darurat yang melanggar hukum Eropa dan internasional.

Para migran kemudian diselamatkan oleh Penjaga Pantai Turki.

Pemerintah Yunani tidak mengomentari laporan tersebut.

“Perlakuan keras terhadap imigran inilah yang membantu Demokrasi Baru meningkatkan dukungan elektoral,” kata Marina Brentoulis, Associate Professor Politik dan Media di University of East Anglia. tulis di The Guardian.

A laporan BBC Posting hari Senin juga menimbulkan pertanyaan tentang akun penjaga pantai Yunani tentang kapal karam migran yang mematikan awal bulan ini.

Penjaga pantai negara itu mengklaim kapal itu sedang dalam perjalanan ke Italia dan tidak perlu diselamatkan, sedangkan British Broadcasting Corporation memiliki catatan yang menunjukkan kapal itu tidak bergerak selama tujuh jam.

Tapi tak satu pun dari laporan ini tampaknya menggoyahkan dukungan untuk demokrasi baru.

Buka format gambar

Tabrakan kereta yang fatal pada bulan Februari menyebabkan protes dan seruan untuk perubahan untuk meningkatkan keselamatan.

Nicholas Kokovlis/NurPhoto melalui Getty Images

Bencana kereta paling mematikan di Yunani

Kecelakaan yang menewaskan 57 orang – sebagian besar mahasiswa muda yang bepergian setelah akhir pekan hari libur bank – adalah “bencana kereta paling mematikan di Yunani,” Menurut Associated Press.

Mitsotakis bersumpah untuk menyelidiki penyebab tragedi itu. Dia juga berjanji bahwa pemerintahnya akan menyusun rencana untuk meningkatkan keselamatan dan kemudian menunjuk sebuah komisi untuk menyelidiki kesalahan pengelolaan jaringan kereta api negara tersebut.

Pada akhirnya, para pemilih menyalahkan tergelincirnya kereta itu pada “masalah kronis negara Yunani, dan bukan [New Democracy] Dengan sendirinya, Mylonas menjelaskan.

yunani “pintu air”

Tahun lalu, skandal penyadapan yang melibatkan pemerintah, dijuluki dalam bahasa Yunani “Watergate”, menjadi berita utama negatif bagi perdana menteri.

Mitsotakis menegaskan bahwa Nikos Androulakis, pemimpin partai PASOK sosialis kiri-tengah dan mantan anggota Parlemen Eropa, telah disadap oleh dinas intelijen Yunani berdasarkan perintah khusus yang diperoleh karena alasan keamanan nasional. Androulakis juga menemukan bahwa ponselnya terinfeksi spyware Pegasus, tetapi pemerintah Yunani mengatakan itu adalah “kebetulan” dan dinas intelijen negara tidak menggunakan Pegasus. The Times melaporkan.

Dua orang, termasuk keponakan Mitsotakis, untuk mengundurkan diri Dari pemerintah karena skandal penyadapan.

Reporter keuangan Thanassis Kokakis, yang ponselnya diketahui telah diretas dengan perangkat Pegasus pada tahun 2021, kemungkinan juga akan dipantau oleh dinas intelijen negara tersebut. Wartawan pemantauan telah menyebabkan penurunan indeks kebebasan pers negara itu, menurut Reporters Without Borders. Yunani memilikinya sekarang Peringkat terendah di Eropa dalam daftar.

Setelah informasi terungkap, Mitsotakis mengesahkan undang-undang tahun lalu yang melarang penjualan spyware, tetapi dia memberikan sedikit detail tentang bagaimana hal ini akan ditegakkan.

Secara umum, “orang cenderung percaya bahwa pemerintah saat ini, betapapun bermasalahnya dalam keadaan tertentu, telah menjadi penangan krisis yang terbaik,” kata Efstathiou.

Konservatif dengan bantuan lingkungan media yang menguntungkan

Selama krisis yang disebutkan di atas, kata Malkotzis, kaum konservatif telah mampu menerapkan strategi komunikasi yang efektif yang mengandalkan penerimaan sebagian dari kesalahan sambil mengalihkan tanggung jawab lainnya kepada orang lain, termasuk pendahulu mereka. Dia menambahkan, kaum konservatif kemudian mengusulkan solusi untuk mengatasi situasi yang dihadapi.

Dikombinasikan dengan “lingkungan media yang sangat pro-pemerintah”, hal ini membuat pihak oposisi tidak diuntungkan dan berjuang untuk mengendalikan narasi selama pemilu, katanya.

Buka format gambar

Pemimpin Syriza Alexis Tsipras berbicara kepada para pendukung sebelum putaran kedua pemilihan parlemen Yunani.

Nicholas Koutsokostas/NurPhoto melalui Getty Images

oposisi yang retak

Pemungutan suara putaran pertama juga melihat partai Androulakis, PASOK, berada di urutan ketiga dengan lebih dari 11% suara. Meski mewakili sisi spektrum politik yang sama, secara teori SYRIZA dan PASOK berjauhan, dan banyak pemilih PASOK tidak menyukai Tsipras.

Sementara itu, MeRa25, partai sayap kiri lainnya yang dibentuk oleh mantan menteri keuangan dan mantan wakil Syriza Yanis Varoufakis, belum mencapai ambang batas 3% untuk memasuki parlemen pada putaran pertama dan kemungkinan tidak akan tercapai dalam pemilihan hari Minggu, menurut pendapat polling. .

Freedom Path, partai progresif baru yang dipimpin oleh mantan anggota parlemen Syriza Zoe Constantopoulou, diharapkan memperoleh sekitar 4%, sedangkan KKE diharapkan mendapatkan 7% dari total saham, Menurut jajak pendapat Politico dari jajak pendapat.

Efstathiou mengatakan dia akan memantau dinamika antara partai-partai sayap kiri yang memasuki parlemen.

Apakah mereka akan memilih untuk berkoordinasi dan bekerja sama dalam beberapa masalah yang mereka setujui? tanya Afstatio. “Apakah mereka akan bersaing untuk memperebutkan siapa yang paling banyak meningkatkan basis pemilih mereka?”

“Ini akan sangat menarik,” tambahnya.

Sementara itu, pertanyaan seputar kepemimpinan Tsipras juga diperkirakan akan muncul setelah apa yang diperkirakan akan menjadi kekalahan lagi. Namun kepergiannya tidak bisa diterima begitu saja.

“Tsipras identik dengan kebangkitan Syriza ke tampuk kekuasaan dan kebangkitannya dari partai yang sudah marjinal,” kata Malkutzis kepada HuffPost. “Jadi kepergiannya akan menjadi risiko besar bagi partai.”

masalah bagi demokrasi

Sementara itu, sayap kanan diatur untuk memiliki suara yang lebih besar di parlemen karena tiga partai yang mewakili ujung spektrum politik kemungkinan akan melewati ambang batas 3%.

“Jika Anda menambahkan secara kumulatif semua partai sayap kanan, atau partai langsung di Yunani, kekuatannya sekitar 10-12%,” kata Efstathiou. “Meskipun saat ini sangat terfragmentasi, jika Anda menambahkan semuanya, itu akan menjadi kekuatan politik yang sangat besar.”

Analis juga khawatir tentang apa artinya bagi demokrasi jika Konservatif memenangkan mayoritas langsung pada hari Minggu sementara oposisi tetap terbagi.

“Kurangnya kutub kedua yang kuat dalam sistem partai, kurangnya oposisi yang tangguh, dilihat oleh banyak orang sebagai masalah politik demokrasi di Yunani,” kata Milounas kepada HuffPost. “Saya mengharapkan kekuatan kiri-tengah untuk fokus menangani ini segera setelah pemilihan.”

Kita sedang memasuki periode yang panjang, kata Christopoulos, “di mana oposisi akan menjadi sangat, sangat lemah.” Fenomena ini, katanya, tidak hanya terjadi di Yunani, namun tetap mengkhawatirkan karena satu pihak akan berada dalam posisi untuk semakin mengontrol institusi negara.

Christopoulos berkata: “Apa yang kami saksikan selama beberapa tahun terakhir adalah bahan-bahan yang diperlukan yang dapat mengarah pada proses transformasi negara ini menjadi Hongaria di selatan Eropa.”