Juli 24, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Orcas menabrak lomba layar di dekat Spanyol dalam tampilan terbaru dari perilaku yang membingungkan dan berbahaya

Orcas menabrak lomba layar di dekat Spanyol dalam tampilan terbaru dari perilaku yang membingungkan dan berbahaya

Sekelompok paus pembunuh bertabrakan dengan perahu dalam perlombaan berlayar untuk bertahan hidup saat mendekati Selat Gibraltar, pertemuan terbaru yang menurut para peneliti merupakan tren yang berkembang dari interaksi yang terkadang agresif. dengan orca Iberia.

Pertemuan 15 menit dengan tidak kurang dari tiga mamalia raksasa memaksa kru yang bersaing di The Ocean Race pada hari Kamis untuk menurunkan layar dan bergemuruh dalam upaya menakut-nakuti orca yang mendekat. Tidak ada yang terluka, tetapi pemimpin tim JAJO Jelmer van Beek mengatakan dalam video yang diposting ke situs web The Ocean Race bahwa itu adalah “momen yang menakutkan”.

“Dua puluh menit yang lalu, kami ditabrak oleh beberapa orca,” katanya dalam video tersebut. “Tiga orca mendatangi kami dan mulai memukuli kemudi. Senang melihat orca dan hewan-hewan cantik, tetapi juga momen berbahaya bagi kami sebagai sebuah tim.”

Tim JAJO sedang mendekati muara Mediterania dengan berjalan kaki dari Belanda ke Italia ketika tidak kurang dari tiga orca mendekati sekunar VO65. Video yang diambil oleh kru menunjukkan bahwa salah satu paus pembunuh tampak merobek kemudi; Klip video lain menunjukkan salah satu dari mereka berlari ke arah lambung kapal.

Para ilmuwan telah mencatat peningkatan laporan tentang orca, yang rata-rata panjangnya 16-21 kaki (5-6½ meter) dan beratnya lebih dari 8.000 pon (3.600 kilogram), menabrak atau menghancurkan kapal di lepas pantai barat Semenanjung Iberia dalam empat tahun terakhir.

Perilaku itu menentang penjelasan yang mudah. Sebuah tim peneliti kehidupan laut yang mempelajari paus pembunuh di lepas pantai Spanyol dan Portugal telah mengidentifikasi 15 orca yang terlibat dalam pertemuan – 13 di antaranya masih muda, mendukung hipotesis bahwa mereka berperan. Fakta bahwa dua orang dewasa dapat mendukung teori yang bersaing dan lebih menarik bahwa mereka menanggapi beberapa peristiwa traumatis dengan perahu.

READ  UNRWA: Swedia dan Kanada melanjutkan pendanaan untuk badan PBB untuk pengungsi Palestina

Pelaut diperingatkan tentang bahayanya.

“Kami tahu ada kemungkinan serangan orca di kaki ini,” kata reporter tim JAJO di kapal Brind Schoell. “Jadi kita sudah membicarakan tentang apa yang harus dilakukan jika situasi ini terjadi.”

Ada panggilan untuk semua tangan di geladak dan layar diturunkan untuk memperlambat kapal dari kecepatan balap 12 knot, kata Showell. Para kru membuat keributan untuk menakut-nakuti orca, tetapi sebelumnya mereka turun dari posisi kedua ke keempat dalam perjalanan dari Den Haag ke Genoa, tempat mereka diharapkan tiba akhir pekan ini.

“Mereka tampak lebih agresif/suka bermain saat kami berlayar dengan cepat. Begitu kami melambat, mereka juga mulai kurang agresif dalam menyerang. Semua orang baik-baik saja di kapal dan hewan juga baik-baik saja.”

Perlombaan Laut melibatkan dua kelas perahu layar di laut selama berminggu-minggu, dengan 60 perahu IMOCA berkompetisi dalam enam bulan, 32.000 mil laut (37.000 mil; 59.000 km) di seluruh dunia. Kapal-kapal tersebut telah bertemu dengan armada rumput laut raksasabencana kegagalan peralatan, dan tabrakan yang melumpuhkan pemimpinnya Dari game ketujuh yang menentukan.

Meskipun arena pacuan kuda berputar di sekitar zona eksklusi untuk melindungi habitat laut yang diketahui, pernah ada pertemuan sebelumnya dengan paus di The Ocean Race dan regatta berkecepatan tinggi lainnya.

Namun, mereka biasanya melibatkan perahu yang bertabrakan dengan hewan, bukan sebaliknya.

Seorang kepala perahu di bagian dunia dari Perlombaan Laut tahun ini membunyikan alarm setelah apa yang mereka duga adalah seekor paus yang menyerang lepas pantai Newfoundland pada bulan Mei; Dua anggota awak terluka dalam tabrakan itu. Pada awal Piala Amerika 2013 di Teluk San Francisco, seekor ikan paus dilaporkan berada di teluk tersebut dan penyelenggara bersiap untuk menunda perlombaan jika ia berkeliaran di lapangan. Pada tahun 2022, penundaan dimulainya musim kedua dari balapan SailGP pemenang-mengambil-semua senilai $1 juta berlangsung di area yang sama di Teluk San Francisco ketika seekor paus terlihat di lintasan.

READ  Pengadilan Internasional mengatakan memiliki yurisdiksi, kasus genosida Myanmar untuk bergerak maju

Pada tahun 2005, kapal pesiar Afrika Selatan pertama yang menantang Piala Amerika menabrak paus dengan lunas setinggi 12 kaki selama pelatihan di dekat Cape Town, menghentikan perahu layar 75 kaki di dalam air, melukai dua anggota awak dan menukik dari kedua kemudi.

___

Penulis olahraga Associated Press Bernie Wilson berkontribusi pada cerita ini.

___

AP Sports: https://apnews.com/hub/sports Dan https://twitter.com/AP_Sports