Mei 28, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Mengapa badai matahari besar yang terjadi malam ini dapat mengganggu sistem komunikasi dan GPS?

Mengapa badai matahari besar yang terjadi malam ini dapat mengganggu sistem komunikasi dan GPS?


Washington
CNN

Kencangkan sabuk pengaman Anda: Jumlah aktivitas matahari yang tidak biasa pada minggu ini dapat mengganggu beberapa teknologi terpenting yang menjadi andalan masyarakat.

Pada hari Kamis, pemerintah AS mengeluarkan keputusan pertamanya yang sangat berbahaya Perhatikan badai geomagnetik Selama hampir 20 tahun, masyarakat telah diberitahu tentang “setidaknya lima lontaran massa koronal yang mengarah ke Bumi” serta bintik matahari yang mencakup area 16 kali lebih besar dari Bumi itu sendiri. Badai geomagnetik parah, atau G4, adalah yang terbesar kedua di pemerintahan AS Sistem klasifikasi.

Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional mengatakan radiasi dari aktivitas ini akan mulai mengenai medan magnet bumi pada hari Jumat dan berlanjut hingga akhir minggu ini.

Pemantauan cuaca luar angkasa yang buruk yang dilakukan oleh National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) menunjukkan bahwa badai tersebut dapat menyebabkan banyak dampak pada kehidupan di Bumi, mungkin mempengaruhi jaringan listrik serta komunikasi satelit dan radio frekuensi tinggi. Inilah artinya bagi pengguna teknologi.

Aktivitas matahari yang dibicarakan NOAA melibatkan pelepasan energi matahari yang melintasi ruang angkasa dan akhirnya mencapai Bumi.

Ketika radiasi ini mengenai medan magnet yang mengelilingi planet, maka menyebabkan fluktuasi di dalamnya Ionosfirlapisan atmosfer bagian atas.

Perubahan ini secara langsung dapat mempengaruhi satelit dan pesawat ruang angkasa lain di orbit, menyebabkannya bergeser atau berubah arah. Berpotensi mengetuk elektronik mereka.

Selain itu, perubahan ionosfer dapat mencegah atau mengurangi transmisi radio yang berupaya melewati atmosfer untuk mencapai satelit. Mereka juga dapat mencegah transmisi radio agar tidak berhasil memantul ke ionosfer, yang biasanya dilakukan oleh beberapa operator radio untuk meningkatkan jangkauan sinyal mereka.

READ  Astronot mungkin perlu mempertimbangkan kembali makan salad di luar angkasa

Karena satelit GPS mengandalkan sinyal yang menembus ionosfer, gangguan geomagnetik yang diperkirakan para ilmuwan dapat memengaruhi teknologi penting yang digunakan oleh pesawat terbang dan kapal laut serta dalam industri pertanian, minyak, dan gas. Ini mungkin mempengaruhi Siaran radio gelombang pendek Digunakan oleh kapal, pesawat terbang, badan manajemen darurat, militer, dan bahkan operator radio, yang semuanya bergantung pada… Frekuensi tinggi Gelombang radio yang menurut NOAA bisa dihamburkan oleh badai.

costfoto/norfoto/ap

Matahari bersinar terang di atas Korla, Daerah Otonomi Uygur Xinjiang, Tiongkok, pada 10 Mei 2024.

“Badai geomagnetik dapat berdampak pada infrastruktur di orbit dekat Bumi dan di permukaan Bumi, berpotensi mengganggu komunikasi, jaringan listrik, navigasi, operasi radio dan satelit,” kata Pusat Prediksi Cuaca Luar Angkasa NOAA. Dia mengatakan dalam sebuah pernyataan. “SWPC telah memberi tahu operator mengenai sistem ini sehingga mereka dapat mengambil tindakan pencegahan.”

Jaringan nirkabel konsumen bergantung pada frekuensi radio yang berbeda dengan pita frekuensi tinggi, sehingga tampaknya badai ini tidak akan berdampak langsung pada layanan seluler. Fitur GPS di ponsel Anda juga menggunakan kombinasi GPS murni dan pelacakan lokasi berbasis menara seluler, sehingga meskipun sinyal GPS terganggu, pengguna ponsel mungkin masih dapat tetap menentukan perkiraan lokasi.

Selama infrastruktur kelistrikan penting yang mendukung jaringan nirkabel tetap tidak terpengaruh, bahkan peristiwa cuaca luar angkasa yang ekstrem pun akan menghasilkan “dampak langsung yang minimal terhadap layanan radio komersial dan seluler yang saling berhadapan demi keselamatan publik…dan tidak ada dampak besar. ke peralatan elektronik.” Konsumerisme,” menurut para peneliti ringkasan Hasil studi tahun 2010 tentang cuaca luar angkasa ekstrem yang dilakukan oleh National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) dan Badan Manajemen Darurat Federal.

READ  Teleskop Luar Angkasa James Webb Menunjukkan Bahwa Ledakan Besar Tidak Terjadi? tunggu…

Badan Keamanan Siber dan Infrastruktur menguraikan laporan serupa di Presentasi 2021 Dalam cuaca luar angkasa, ditemukan bahwa transmisi radio garis pandang umumnya tidak terpengaruh oleh cuaca luar angkasa kecuali dalam kasus tertentu. Presentasi tersebut menunjukkan beberapa risiko yang terkait dengan kabel tembaga dan saluran telepon rumah.

Dalam skenario yang sedikit berbeda pada bulan Februari, NOAA mengamati dua hal Badai matahari besar. Namun meskipun ada laporan pemadaman jaringan seluler secara luas pada waktu yang sama, badan tersebut mengatakan sangat tidak mungkin bahwa suar berperan dalam pemadaman listrik.

Pada hari Jumat, pejabat NOAA mengkonfirmasi bahwa dampak terhadap ponsel pada akhir pekan ini seharusnya minimal atau tidak sama sekali, kecuali jika terjadi gangguan yang meluas pada jaringan listrik.

“Kami belum melihat bukti apa pun di masa lalu bahwa badai cuaca antariksa dapat berdampak pada hal tersebut saat ini,” Brent Gordon, kepala cabang layanan cuaca antariksa SWPC, mengatakan kepada wartawan melalui telepon konferensi. “Jika energi tidak tersedia bagi mereka, tentu saja dampak sekunder dari hal ini akan sangat besar.”

Cuaca luar angkasa yang ekstrem dapat membahayakan jaringan listrik, menurut National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), yang Memperingatkan Minggu ini diperkirakan akan terjadi “potensi masalah kontrol tegangan yang meluas” dan bahwa “beberapa sistem proteksi mungkin secara keliru mengambil aset-aset utama dari jaringan listrik.”

Pada tahun 1989, peristiwa cuaca luar angkasa menyebabkan bencana Pemadaman listrik meluas di Quebec, Kanada Selama lebih dari sembilan jam setelah fluktuasi geomagnetik merusak trafo dan peralatan penting lainnya.

Badai geomagnetik yang parah pada bulan Oktober, lebih kuat dari perkiraan akhir pekan ini, menyebabkan pemadaman listrik di Swedia dan merusak trafo listrik di Afrika Selatan, kata SWPC.

READ  Menemukan tanda-tanda kehidupan yang paling menjanjikan di planet lain, atas izin James Webb

Badai geomagnetik terbesar dalam sejarah, yang dikenal sebagai Peristiwa Carrington tahun 1859, memicu stasiun telegraf dan membakarnya.

Pemadaman jaringan listrik dapat menimbulkan efek riak pada komunikasi dan teknologi lainnya, termasuk telepon seluler. Menara seluler mungkin kehilangan daya, begitu pula pusat data yang menampung situs web dan informasinya.

Namun, banyak penyedia layanan nirkabel sudah memiliki pembangkit listrik cadangan dan menara seluler yang dapat digunakan jika terjadi bencana alam atau insiden besar lainnya. Redundansi dan ketahanan adalah semboyan bagi semua penyedia infrastruktur penting, sehingga meskipun jaringan listrik mati, konsumen mungkin harus khawatir tentang bagaimana menjaga baterai ponsel mereka tetap terisi dibandingkan apakah mereka dapat tetap terhubung ke Internet.

Seolah ingin menekankan hal ini, Gubernur AS Saran untuk masyarakat Cara mempersiapkan diri menghadapi peristiwa cuaca luar angkasa sangat mirip dengan langkah-langkah yang mungkin Anda ambil saat menghadapi pemadaman listrik yang berkepanjangan.

Ashley Strickland dari CNN berkontribusi untuk laporan ini.