Oktober 5, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Mantan wakil Ghosn bersiap untuk kembali ke Amerika Serikat setelah penangguhan implementasi

Mantan wakil Ghosn bersiap untuk kembali ke Amerika Serikat setelah penangguhan implementasi

Greg Kelly, mantan CEO Nissan Motor Co., berjalan ke Pengadilan Distrik Tokyo, di Tokyo, Jepang, 3 Maret 2022. Zhang Xiaoyu/Paul via Reuters

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

TOKYO (Reuters) – Pengadilan Tokyo pada Kamis menjatuhkan hukuman percobaan enam bulan penjara kepada mantan CEO Nissan Motor Co Greg Kelly karena membantu Carlos Ghosn menyembunyikan gaji penyelenggara, membuka jalan bagi pengacara Amerika itu untuk kembali ke rumah setelah lebih dari tiga tahun. . di Jepang.

“Pengadilan menemukan bahwa memiliki upah yang belum dibayar” dan tidak mengungkapkan informasi sama dengan “pelaporan palsu,” kata Ketua Hakim Kenji Shimotsu, memberi tahu Kelly bahwa dia bertanggung jawab atas salah satu dari delapan tahun yang dicakup oleh dakwaan.

“Saya terkejut dengan putusan itu,” kata Kelly dalam sebuah pernyataan setelah putusan. “Pengadilan kebanyakan membebaskan saya, tetapi saya tidak mengerti mengapa dia mengatakan saya bersalah dalam satu tahun,” tambahnya.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Pengacaranya mengatakan mereka akan mengajukan banding atas vonis tersebut, yang seharusnya dapat dilakukan Kelly dari Amerika Serikat.

Dalam kritik tajam terhadap jaksa, putusan itu menyalahkan dugaan kegagalan Ghosn untuk mengungkapkan pendapatan $80 juta selama delapan tahun pada Toshiaki Onuma, pejabat Nissan yang mengawasi kompensasi, yang diberikan kekebalan hukum dengan imbalan kesaksian yang melibatkan Kelly.

“Pernyataan Onuma berisiko karena dia membuat pernyataan sesuai dengan keinginan jaksa,” kata Shimotsu. “Ada bahaya sebagai mitra bahwa dia akan berusaha mengalihkan tanggung jawab ke Ghosn,” tambahnya.

Pengadilan juga menjatuhkan denda 200 juta yen ($ 1,73 juta) pada Nissan, yang diajukan pada awal persidangan 18 bulan lalu, karena perannya dalam pelanggaran keuangan dan menargetkan kegagalan tata kelola perusahaan.

READ  Analis menyebutkan saham teknologi untuk dibeli setelah dijual

“Manajemen perusahaan yang salah membiarkan Ghosn bertindak untuk kepentingannya sendiri. Kerusakan parah pada reputasi sosial perusahaan hanya dapat digambarkan sebagai konsekuensi yang harus ditanggung,” kata Shimotsu, menggambarkan masa jabatan Ghosn di sana sebagai “kediktatoran.”

menarik garis

Putusan lebih dari tiga tahun setelah Kelly ditangkap bersama Ghosn menarik garis dalam kasus yang mengancam hubungan antara Jepang dan Amerika Serikat, sekutu dekatnya. Beberapa pengamat Barat mengkritik sistem peradilan Jepang atas perlakuannya terhadap Kelly.

Tersangka di Jepang tidak diperbolehkan didampingi pengacara selama interogasi dan dapat ditahan hingga tiga minggu tanpa dakwaan dan seringkali di sel isolasi. Dan 99% kasus yang dibawa ke pengadilan berakhir dengan hukuman.

“Meskipun tiga tahun ini adalah waktu yang lama bagi keluarga Kelly, bab ini telah berakhir. Dia dan Dee (istrinya) dapat memulai babak berikutnya di Tennessee,” kata Duta Besar AS untuk Jepang Rahm Emanuel dalam sebuah pernyataan.

Kelly bersaksi bahwa satu-satunya niatnya adalah memberi Ghosn, yang juga CEO Renault, paket kompensasi yang akan mencegahnya membelot ke perusahaan mobil saingan.

Bill Hagerty, senator AS dari negara bagian asal Kelly di Tennessee, mengatakan dia berencana untuk menyambut pemilihnya di bandara.

“Greg dihadapkan pada keadaan yang tidak pernah terpikirkan oleh perusahaan Amerika,” kata Haggerty. Dia menambahkan bahwa “Greg tidak bersalah atas tuduhan terhadapnya.”

Meski demikian, putusan pengadilan tidak berarti mengakhiri persoalan hukum yang dihadapi mantan pimpinan Nissan dan mitra aliansinya, Renault SA. (RENA.PA)tapi mungkin pengadilan terdekat di Tokyo yang memutuskan kesalahan Ghosn.

Ghosn menjadi di luar jangkauan jaksa Jepang setelah dia melarikan diri ke Lebanon pada 2019 bersembunyi di sebuah kotak di jet pribadi. Dia tidak bisa pergi tanpa mengambil risiko ditangkap.

READ  Minggu kenaikan harga memiliki saham di jalur untuk penurunan terbesar sejak 2020

Selain dituduh menyembunyikan penghasilannya, Ghosn juga dituduh memperkaya diri sendiri atas biaya majikannya melalui pembayaran $5 juta ke dealer mobil Timur Tengah, dan untuk sementara mengalihkan kerugian investasi pribadi ke pembukuan mantan majikannya.

Ghosn membantah semua tuduhan terhadapnya.

(dolar = 115.5900 yen)

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Pelaporan tambahan oleh Tim Kelly dan Satoshi Sugiyama; Diedit oleh Grant McCall, Michael Perry dan Emilia Sithole Mataris

Kriteria kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.