Oktober 4, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

ETF Rusia menarik hiruk-pikuk perdagangan seperti meme

ETF Rusia menarik hiruk-pikuk perdagangan seperti meme

Seorang pedagang bekerja di lantai perdagangan pada hari terakhir perdagangan sebelum Natal di New York Stock Exchange (NYSE) di Manhattan, New York City, AS, 23 Desember 2021. REUTERS/Andrew Kelly

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

NEW YORK, 2 Maret (Reuters) – Saham diperdagangkan di ETF Van Eck Russia (RSX.Z) Sebuah kebingungan perhatian pedagang telah menarik perbandingan dengan apa yang disebut kegilaan meme saham tahun lalu, karena investor mencari cara untuk mengambil keuntungan dari volatilitas pasar yang disebabkan oleh krisis Ukraina.

Dirancang untuk melacak kinerja indeks MVIS Rusia (.MVRSXTR)ETF telah jatuh hampir 70% dalam dua minggu terakhir karena invasi Rusia ke Ukraina dan sanksi Barat memicu fluktuasi besar-besaran dalam aset terkait negara itu.

Van Eyck mengatakan dalam pengajuan SEC pada hari Rabu bahwa ETF akan menangguhkan sementara pembuatan saham baru sampai pemberitahuan lebih lanjut, dengan alasan “penurunan signifikan” dalam nilai sekuritas Rusia dan rubel. Baca lebih banyak

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

ETF yang goyah telah menjadi keuntungan bagi investor bearish. Celana pendek RSX telah meningkatkan laba tahunan $ 299 juta hingga saat ini, menurut perusahaan analitik keuangan S3 Partners.

Sementara itu, volatilitas baru-baru ini telah mengintensifkan perdagangan saham dan opsi ETF, yang sebagian besar didorong oleh investor ritel, kata para analis.

Dengan harga ETF yang berayun liar — turun sebanyak 15% sebelum pulih untuk diperdagangkan naik 6% hari ini — volume saham ETF melonjak menjadi 27 juta pada pukul 14:30 (1930 GMT), atau sekitar dua kali jumlah rata-rata harian, menurut data peringatan perdagangan. ETF ditutup turun sekitar 13% pada hari Rabu.

READ  Saham Ford turun lebih dari 4% karena biaya pasokan naik $ 1 miliar, dan kekurangan suku cadang membuat lebih banyak mobil tidak lengkap.

Opsi di ETF bahkan lebih sibuk, dengan 211.000 kontrak diperdagangkan, atau empat kali lipat dari volume yang diharapkan.

Beberapa volume tampaknya didorong oleh pedagang yang mencoba mengambil keuntungan dari volatilitas saham yang sangat tinggi, kata Jarrett de Simon, Kepala Quantum di OptionMetrics.

“Tingkat volatilitas yang tinggi ini tidak biasa, menyebabkan ETF VanEck Russia berperilaku mirip dengan meme saham,” katanya.

“Sepertinya ritel pasti membuat tanda pada perdagangan opsi RSX hari ini,” kata DeSimone.

Sentimen beragam, dengan beberapa pedagang bertaruh pada pemulihan cepat sementara yang lain berharap untuk penurunan saham yang berkelanjutan, berdasarkan pilihan kontrak opsi yang diperdagangkan.

Menurut data S3, bunga pendek di RSX hanya di bawah 18% dari flotasi dan berjumlah $137,8 juta. Perusahaan mengatakan bahwa short-sold saham telah meningkat 14% dalam 30 hari terakhir.

“Pemegang saham RSX jangka panjang mungkin mencari apresiasi jangka panjang untuk saham Rusia yang telah jatuh dari 60% menjadi 90% baru-baru ini, dan penjual jangka pendek mendapatkan kepuasan instan dari perdagangan mereka,” kata Ihor Dusaniwsky dari S3 dalam komentar melalui email ke Reuters.

Penutupan pasar Rusia untuk hari ketiga berturut-turut menimbulkan tantangan lain untuk menilai ETF dengan benar, menyebabkan harga perdagangan menjauh dari nilai aset bersih (NAV) — atau nilai setiap saham di ETF berdasarkan bagiannya dana. Analis mengatakan aset yang mendasarinya.

Pada hari Senin, saham ETF mengakhiri hari dengan premi 178% terhadap NAV, menurut data VanEck.

“Ini membuat perdagangan saham lebih spekulatif,” kata Todd Rosenbluth, kepala penelitian ETF dan reksa dana di CFRA Research.

(HR. Saqib Iqbal Ahmad). Pelaporan tambahan oleh Louis Kruscoff. Diedit oleh Ira Yusbashvili, Jonathan Otis dan Sam Holmes

Kriteria kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.