Maret 3, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Mantan pemilik Spurs Joe Louis telah mengaku bersalah atas penipuan sekuritas

Mantan pemilik Spurs Joe Louis telah mengaku bersalah atas penipuan sekuritas

Joe Louis, miliarder pendiri Tottenham Hotspur, mengaku bersalah atas penipuan sekuritas di pengadilan pada hari Rabu.

Pengusaha Inggris berusia 86 tahun itu didakwa di Amerika Serikat pada bulan Juli lalu dengan tuduhan “mengatur skema insider trading yang kurang ajar.”

Hal ini termasuk, menurut para pejabat AS, menyampaikan informasi kepada “pasangan romantis dan pilot swasta.”

Pengacara Lewis pada saat dakwaan menyatakan bahwa pemerintah telah membuat “kesalahan serius dalam penilaian” dalam menuntutnya dan berjanji untuk “membelanya dengan tegas di pengadilan.”

Lewis mengaku tidak bersalah atas semua 16 dakwaan pada 25 Juli, dan uang jaminannya ditetapkan sebesar $300 juta, dijamin dengan kapal pesiar mewah dan pesawat sepanjang 98 meter.

Namun, Lewis – yang mendirikan ENIC Sports Inc, perusahaan yang memiliki sebagian besar saham Spurs – muncul di pengadilan di Manhattan pada hari Rabu untuk mengaku bersalah atas dua tuduhan penipuan sekuritas dan satu tuduhan konspirasi untuk melakukan penipuan sekuritas.

“Saya sangat malu dan meminta maaf kepada pengadilan atas perilaku saya,” kata Lewis kepada Hakim Distrik AS Jessica Clark, melalui Reuters.

Para pilot tidak memenuhi permintaan hari ini, dan kasus pidana mereka masih menunggu keputusan.

Hukuman dijadwalkan pada bulan Maret, dengan rentang pedoman khusus 18 hingga 24 bulan. Hakim akan menentukan hukuman akhir, dengan mempertimbangkan cakupan umum dakwaan.

Persyaratan jaminan Lewis tetap berlaku, dan dia berhak mengajukan banding atas hukuman penjara apa pun.

Mark Hare, yang mewakili Lewis, mengatakan: “Hari ini, Joe Louis mengakui perilakunya sehubungan dengan sejumlah perdagangan saham oleh orang-orang terdekatnya.

“Tuan Lewis tidak terlibat dalam perdagangan yang tidak pantas di rekeningnya sendiri. Tindakannya harus dilihat dalam konteks pencapaian dan integritas umur panjang Tuan Lewis.”

READ  Rumah bersejarah Phillies berjalan dengan sangat baik

“Tuan Lewis akan segera berusia 87 tahun, dan dia sangat menyesal dan malu serta meminta maaf kepada pengadilan, keluarganya, dan semua orang yang bergantung padanya.”

Tuduhan terhadap Lewis dibuat dalam dakwaan setebal 29 halaman dan termasuk seorang wanita, yang disebut sebagai “pacar”, yang diduga menghasilkan $849.000 (sekarang £665.000) setelah diberi tahu oleh Lewis tentang pembelian saham selama mereka tinggal. Di Four Seasons Hotel di Seoul, Korea Selatan, pada tahun 2019.

Namanya Carolyn W. Carter, 33 tahun, “warga negara AS yang tinggal di Kepulauan Virgin AS.” “Carter dan Lewis menjalin hubungan romantis sekitar tahun 2013 hingga 2020,” demikian isi dokumen pengadilan.

Dua pilot pribadi Lewis – Patrick J. O'Connor, 66, dan Brian L. Wu, 64 – juga didakwa dengan tujuh tuduhan penipuan sekuritas dan satu tuduhan konspirasi.

O'Connor dan Waugh tidak memenuhi permintaan pada hari Rabu dan tidak diminta untuk hadir. Kasus kriminal mereka masih tertunda.

Kasus ini kemudian ditunda setelah diketahui bahwa perusahaan Lewis, Tavistock Financial LLC, telah membayar biaya hukum untuk keduanya.

Tottenham menolak mengomentari kasus tersebut karena Lewis “tidak lagi menjadi orang yang memiliki kendali signifikan” atas klub pada 5 Oktober 2022.

“Pemilik Klub Sepak Bola Tottenham Hotspur adalah ENIC, dengan kendali mayoritas oleh perwalian keluarga yang tidak diuntungkan oleh Tuan Joseph Lewis,” kata juru bicara klub pada bulan Juli. Perwalian ini dikelola oleh dua wali profesional independen atas nama penerima manfaat.

Dia menambahkan: “Ini adalah masalah hukum Amerika yang tidak ada hubungannya dengan klub, dan oleh karena itu saya tidak punya komentar mengenai hal itu.”

(Angela Weiss/AFP melalui Getty Images)