Agustus 13, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Lithuania mengatakan sanksi Kaliningrad akan mulai berlaku

Lithuania mengatakan sanksi Kaliningrad akan mulai berlaku

VILNIUS (Reuters) – Larangan transit barang yang dikenai sanksi Uni Eropa melalui wilayahnya ke wilayah Kaliningrad Rusia akan mulai berlaku mulai Sabtu, kata pihak berwenang Lituania.

Berita larangan itu datang, Jumat, melalui klip video yang disiarkan oleh gubernur wilayah itu, Anton Alikhanov. Baca lebih banyak

Daftar sanksi Uni Eropa termasuk khususnya batu bara, mineral, bahan bangunan dan teknologi canggih, dan Alikhanov mengatakan larangan itu akan mencakup sekitar 50% dari bahan yang diimpor oleh Kaliningrad.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Dimulainya langsung dikonfirmasi oleh lengan pengiriman layanan kereta api negara Lituania dalam sebuah surat kepada pelanggan setelah “klarifikasi” dari Komisi Eropa tentang mekanisme penerapan sanksi.

Alekhanov, mendesak warga untuk tidak melakukan pembelian panik, mengatakan bahwa dua kapal sudah mengangkut barang antara Kaliningrad dan St. Petersburg, dan tujuh lagi akan beroperasi pada akhir tahun.

“Feri kami akan membawa semua barang,” katanya, Sabtu.

Seorang juru bicara layanan kereta api Lithuania mengkonfirmasi isi surat itu tetapi menolak berkomentar lebih lanjut. Departemen Luar Negeri tidak menanggapi permintaan komentar dari Reuters.

Wakil Menteri Luar Negeri Lithuania Mantas Adominas mengatakan kepada televisi publik bahwa lembaganya sedang menunggu “klarifikasi dari Komisi Eropa tentang penerapan sanksi Eropa atas transit barang di Kaliningrad”.

Kaliningrad terletak di antara Polandia dan Lituania, yang merupakan anggota Uni Eropa dan NATO, dan menerima pasokan dari Rusia melalui jalur kereta api dan pipa gas melalui Lituania.

Rumah bagi markas besar Armada Baltik Rusia, daerah kantong itu direbut dari Nazi Jerman oleh Tentara Merah pada April 1945 dan diserahkan ke Uni Soviet setelah Perang Dunia II.

Pelaporan tambahan oleh Andrios Setas di Vilnius; Pelaporan tambahan oleh Kate Abnett di Brussels; Diedit oleh John Stonestreet dan Christina Fincher

Kriteria kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.