November 27, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Lima Taman Nasional yang Menakjubkan untuk Dikunjungi di Seluruh Indonesia

Dengan hampir 17.000 pulau ditemukan di dalam perbatasannya, negara Asia Tenggara di Indonesia adalah rumah bagi berbagai lanskap dan ekosistem yang sangat beragam – dan kelimpahan fitur alam ini telah menghasilkan kekayaan taman nasional yang spektakuler di seluruh negeri. Dari gunung berapi yang berwarna-warni hingga rawa batu bara yang besar, cagar alam ikonik ini adalah tujuan penting bagi para petualang alam terbuka yang berpengalaman yang merencanakan perjalanan ke kepulauan Indonesia.

Taman Nasional Ujung Kulon

Rumah bagi lebih dari 150 juta orang, Jawa adalah pulau terpadat di Bumi, tetapi manusia jauh dari satu-satunya spesies yang menyebut wilayah itu sebagai rumah. Satu hewan tertentu – badak Jawa – berada di ambang kepunahan, dengan Taman Nasional Ujung Kulon Jawa menjadi tuan rumah populasi terakhir yang tersisa di planet ini. Meskipun ungulata ini sangat sulit ditemukan di alam liar, kunjungan ke taman ini menawarkan kesempatan untuk melihat ratusan spesies yang berkeliaran di hutan hujan dataran rendah yang dulu melimpah di Jawa. Untuk burung asli, pengunjung harus melihat spesies yang hidup seperti rangkong dan kingfisher punggung hitam, sementara mamalia berkisar dari kancil Jawa yang kecil hingga macan tutul Jawa yang sulit ditangkap.

Taman Nasional Sepangau

Membentang lebih dari satu juta hektar, Taman Nasional Sepangau adalah rumah bagi salah satu populasi orangutan terbesar di dunia, dengan sekitar 6.000 yang menyebut rumah konservasi. Meskipun deforestasi membawa kehancuran luas ke taman pada akhir abad ke-20, sistem seperti ini Borneo Nature Trust Mereka bekerja tanpa lelah untuk mengembalikan wilayah tersebut ke masa kejayaannya, terlibat dalam penghijauan dan kampanye pemadaman kebakaran dengan penduduk setempat. Selama kunjungan, para tamu dapat melihat kekayaan fauna lainnya, termasuk lutung merah marun, tarsius, dan bekantan yang tampak aneh.

Taman Laut Nasional Punagan

Di lepas pantai utara Sulawesi terdapat surga bagi flora dan fauna akuatik berupa Taman Laut Nasional Punaken. Dengan lebih dari 400 spesies karang berbeda yang hidup di dalam batasnya, cagar alam ini menarik beragam populasi dari seluruh dunia, sementara jalur kecil di dalam taman dipenuhi dengan hutan bakau yang luas, kaya akan ikan dan krustasea kecil. Meskipun karang adalah raja di sekitar taman, penyu, hiu putih laut, duyung dan ikan laut yang sangat besar ada di sekitar spesies laut yang berfungsi sebagai pemandangan potensial saat menyelam.

Taman Nasional Kelimuttu

Provinsi Nusa Tenggara timur Indonesia menarik lebih sedikit wisatawan daripada tempat-tempat seperti Bali dan Jakarta, tetapi wilayah ini memiliki beragam keajaiban alam yang spektakuler untuk dijelajahi. Kelimudu adalah gunung berapi besar yang menjadi pusat dari Taman Nasional Kelimudu. Terletak di pulau Flores, fitur alam ini telah menjadi tempat matahari terbit yang populer selama beberapa dekade berkat tiga danau kawah yang mencolok, yang semuanya berubah warna sepanjang hari karena aktivitas gunung berapi. Selain perairan yang ikonik ini, pengunjung taman juga dapat melihat banyak satwa liar, termasuk Peluit Bare-throated, burung mencolok asli Kepulauan Sunda Kecil.

Taman Nasional Bali Barat

Bali mungkin terkenal dengan kehidupan malamnya yang semarak, tetapi kekayaan alam yang indah menanti di seluruh Taman Nasional Bali Barat. Terletak di tepi barat laut pulau, wilayah ini, meskipun ukurannya kecil, sangat beragam dengan hutan bakau yang kompleks, hutan hujan lebat, dan sabana yang luas. Ekosistem yang kompleks ini telah menghasilkan tingkat keanekaragaman hayati yang sangat tinggi, dengan lebih dari 150 spesies burung yang berbeda tercatat di daerah tersebut. Burung pipit jawa, pasangan yang lebih rendah dan bahkan myna Bali yang terancam punah dapat terlihat selama kunjungan, sementara rubah terbang, pandang dan kucing macan tutul adalah beberapa spesies mamalia yang menyebut taman rumah.

READ  PPRO tumbuh di Indonesia