Oktober 6, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

LG Corp. merancang sistem transportasi pintar untuk ibu kota baru Indonesia

Presiden RI Joko Widodo mengunjungi kediaman Nusantara (Sekretariat Presiden/Muchlis Jr./Public Domain)

Raksasa elektronik dan industri Korea LG Corporation sedang mengerjakan rencana untuk transportasi perkotaan pintar yang akan dibangun di provinsi Kalimantan Timur di pulau Kalimantan, ibu kota baru Indonesia. Harian Ekonomi Korea laporan.

Disebut Nusantara, kota ini diperkirakan menelan biaya sekitar $38 miliar untuk membangunnya. Ini didasarkan pada prinsip-prinsip kota pintar termasuk kendaraan listrik otonom, telemedicine, pendidikan pintar, dan pengiriman drone.

Anak perusahaan LG LG CNS mengusulkan sistem untuk transportasi umum dan kendaraan listrik.

Korea berharap saham LG di Nusantara akan membantu kontraktor Korea lainnya mendapatkan pekerjaan di kota baru tersebut. Bisnis Korea Presiden Indonesia Joko Widodo mengunjungi Korea pada 28 Juli dan mengadakan pertemuan dengan Chairman Hyundai Motor Group Chung Eui-sun.

Korea Selatan telah muncul sebagai pemimpin global dalam pengembangan kota pintar dalam beberapa tahun terakhir. Pulau Songdo di Incheon memelopori lapangan, proyek lain sedang berlangsung di Sejong dan Busan, dan Seoul telah membentuk departemen kota pintar untuk mengoordinasikan proyek di bidang pembangunan kembali perkotaan, mobilitas, dan e-government.

Pada bulan Mei, LG CNS dinobatkan sebagai penawar pilihan untuk menyediakan sistem digital untuk Busan Eco Delta Smart City senilai $4,2 miliar (baca lebih lanjut).

Sebuah sumber industri mengatakan Harian Ekonomi: “Sektor kota pintar akan meningkatkan ekspor secara keseluruhan karena tidak hanya membutuhkan bisnis TI tetapi juga sektor lain seperti industri mobilitas, konstruksi, dan perawatan kesehatan.”

Minat global pada sektor kota pintar meningkat seiring dengan pasar ramalan Menurut firma riset MarketsandMarkets, itu akan meningkat lebih dari dua kali lipat dari $457 miliar pada tahun 2021 menjadi $870 miliar pada tahun 2026.