September 27, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Menteri Indonesia memulai produksi EV untuk mendukung target emisi

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meluncurkan produksi perdana Wuling Air EV buatan Indonesia untuk mendukung pengembangan kendaraan listrik (EV) berbasis baterai dan mempercepat pencapaian target net-zero emission.

“Warga Indonesia bisa menggunakan kendaraan baterai atau kendaraan listrik dengan harga terjangkau,” katanya dalam keterangan resmi yang dirilis, Senin.

“Kehadiran EV ini diharapkan dapat mewujudkan emisi net-zero, dan semakin banyak kota yang mengadopsi EV, tingkat pencemaran lingkungan akan terus menurun,” tambahnya.

Menurut data Bloomberg, potensi permintaan kendaraan listrik terus tumbuh dan diperkirakan mencapai 55 juta unit pada tahun 2040.

Untuk memanfaatkan peluang tersebut dan mendukung Agenda Para Pihak tentang Perubahan Iklim (COP21), Indonesia telah menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 2019 Tahun 2019 tentang Percepatan Kendaraan Listrik Berbasis Baterai (KBL-BB)/BEV untuk Angkutan Jalan. 55 telah dirilis.

Pemerintah juga mempercepat pembangunan infrastruktur energi terbarukan dan sektor kendaraan listrik melalui Roadmap Industri Otomotif Nasional dan Roadmap Pengembangan Industri KBL-BB.

Hartardo mengunjungi PT SAIC General Motors Wuling (SGMW) Motor Indonesia, Cikarang, Jawa Barat, rapat umum pabrik Wuling untuk meninjau dan mengamati proses pembuatan kendaraan.

Menhub juga membawa Wuling Air EV untuk test drive.

Ia mengatakan perusahaan yang sudah tujuh tahun berada di Indonesia ini berharap bisa menjadi produsen kendaraan listrik terkemuka di seluruh Indonesia.

“Dengan investasi senilai 1 miliar dollar AS, 10 ribu karyawan dan luas 60 hektare ini juga menjadi salah satu platform ekspor otomotif Indonesia,” ujarnya.

Selain Wuling Air EV, KBL-BB terbaru yang dikembangkan oleh Wuling diresmikan pada hari Senin. Produk tersebut telah dipastikan menjadi kendaraan resmi KTT G20 di Bali.—Antara News