Juli 21, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Lava di Islandia mendekati Grindavik dalam letusan baru

Lava di Islandia mendekati Grindavik dalam letusan baru

  • Ditulis oleh Katherine Armstrong
  • berita BBC

Penjelasan video,

Saksikan: Gunung berapi Islandia memuntahkan lava saat letusannya di Semenanjung Reykjanes

Keadaan darurat telah diumumkan di Islandia selatan karena letusan gunung berapi lainnya di Semenanjung Reykjanes, yang keempat sejak Desember.

Letusan ini diyakini merupakan letusan terkuat hingga saat ini. Media lokal mengatakan lahar mencapai pertahanan timur di sekitar kota Grindavik yang dievakuasi.

Orang-orang juga diangkut dari Blue Lagoon di dekatnya, salah satu tempat wisata paling populer di Islandia.

Wilayah udara Islandia tetap terbuka. Lava raksasa menumpahkan asap yang mengepul.

Menurut Dinas Pertahanan Sipil negara tersebut, letusan dimulai setelah pukul 20:00 waktu setempat (20:00 GMT) pada hari Sabtu, di utara Grindavik.

Lokasi ini mirip dengan letusan yang terjadi pada 8 Desember lalu.

Rekaman ledakan menunjukkan awan asap dan magma bercahaya yang mengeluarkan darah dan mendidih dari lubang-lubang di tanah.

Ledakan tersebut tidak berdampak pada bandara internasional utama, yang terletak di barat laut Grindavik.

Ahli geofisika Magnus Tommy Gudmundsson, yang termasuk di antara mereka yang terbang di atas daerah yang terkena dampak dengan helikopter, mengatakan kepada media lokal bahwa letusan hari Sabtu adalah yang terkuat.

Ada dua aliran lava yang bergerak ke barat dan selatan. Media lokal melaporkan bahwa lava yang keluar dari sana mencapai tembok pertahanan timur Grindavik.

Lava juga mungkin mengalir ke laut, tetapi hal ini mungkin tidak terjadi jika aktivitas gunung berapi menurun, kata Gudmundsson.

Einar Besse Gestsson, pakar bencana alam di Badan Meteorologi Norwegia, mengatakan kepada lembaga penyiaran publik Islandia RUV bahwa gas berbahaya dan ledakan kecil dapat terjadi jika lava bersentuhan dengan air laut.

Sementara itu, lava yang bergerak ke arah barat bergerak menuju Blue Lagoon dan pembangkit listrik tenaga panas bumi yang menyediakan air panas ke sebagian besar Semenanjung Reykjanes.

Kantor Meteorologi Islandia mengatakan lapisan lava ini “jauh lebih luas” dibandingkan pada bulan Februari, ketika letusan sebelumnya menyebabkan lava mengalir ke arah yang sama.

Ricky Pedersen, kepala Pusat Gunung Api Utara yang berbasis di Reykjavik, mengatakan kepada Reuters bahwa beberapa bendungan pelindung telah dibangun di sekitar gunung tersebut.

Ada kekhawatiran kabel serat optik di jalan raya bisa rusak sehingga mengganggu layanan telepon dan Internet.

Blue Lagoon ditutup hingga pemberitahuan lebih lanjut sebagai tindakan pencegahan. Pedersen mengatakan terdapat antara 500 hingga 600 orang di kawasan tersebut ketika letusan terjadi pada hari Sabtu.

Antara lima dan sepuluh rumah juga didisinfeksi di Grindavik.

Sekitar 4.000 penduduk kota itu tidak diizinkan kembali ke rumah mereka sampai sekitar sebulan yang lalu setelah letusan pada bulan Januari menyebarkan lahar ke kota, menghancurkan tiga rumah.

Kebanyakan dari mereka memilih untuk tidak kembali.

Islandia memiliki 33 sistem vulkanik aktif dan terletak di atas apa yang disebut Punggung Bukit Atlantik Tengah, batas antara dua lempeng tektonik terbesar di planet ini.

Terakhir kali Semenanjung Reykjanes mengalami periode aktivitas gunung berapi adalah 800 tahun yang lalu, dan letusan terus berlanjut selama beberapa dekade.

Letusan ini merupakan yang ketujuh sejak tahun 2021, dan para ilmuwan yakin wilayah tersebut sedang memasuki era vulkanik baru yang mungkin akan berlangsung selama beberapa dekade atau bahkan berabad-abad.

READ  Pedoman Kremlin untuk liputan media tentang serangan balik Ukraina telah bocor