Mei 22, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Krimea: Ukraina mengatakan telah mendaratkan pasukannya di pantai semenanjung yang diduduki Rusia

Krimea: Ukraina mengatakan telah mendaratkan pasukannya di pantai semenanjung yang diduduki Rusia



CNN

pasukan Ukraina Para pejabat di Kiev mengatakan bahwa pasukan Rusia melakukan operasi paling kompleks dan ambisius hingga saat ini terhadap fasilitas militer Rusia di wilayah pendudukan Krimea.

Pasukan khusus mendarat di pantai barat Krimea, dekat pemukiman Olenivka dan Mayak, dalam operasi gabungan dengan Angkatan Laut Ukraina, menurut intelijen pertahanan Ukraina.

“Saat menjalankan tugas, pasukan bertahan Ukraina bentrok dengan unit penjajah. Akibatnya, musuh menderita kerugian dan menghancurkan peralatan musuh.”

Ia menambahkan, saat mereka berada di sana, unit Ukraina juga mengibarkan bendera nasional.

Pihak berwenang yang ditunjuk Rusia di semenanjung Ukraina, yang diduduki secara ilegal oleh pasukan Moskow sejak tahun 2014, belum menanggapi tuduhan tersebut.

Operasi tersebut merupakan salah satu langkah paling berani yang dilakukan Kiev sejak mereka melancarkan serangan balasan terhadap pasukan Rusia, yang sejauh ini hanya mencapai kemajuan terbatas.

Kiev baru-baru ini meningkatkan serangan pesawat tak berawak di Krimea dalam upaya mengganggu upaya logistik dan pasokan Rusia, sebuah perubahan fokus yang menjadi perhatian utama. bertemu dengan kecurigaan di beberapa bagian barat.

Wilayah ini memiliki pertahanan udara dan situs rudal yang luas, termasuk sistem canggih. Pada hari Rabu, pihak Ukraina mengatakan mereka telah menghancurkan baterai pertahanan rudal S-400 di daerah tersebut.

Mayak dikatakan sebagai rumah bagi Resimen Teknik Radio Rusia dan sistem radar canggih.

Akun tidak resmi Rusia di media sosial melaporkan penembakan di dekat lokasi perkemahan di Cape Tarkhankut – bagian paling barat Krimea – sebelum fajar pada hari Kamis. Salah satu saluran mengatakan bahwa pengambilan gambar pertama terjadi sesaat sebelum jam 4 pagi

“Saat masyarakat terbangun dan keluar dari rumah dan tenda menuju pantai, mereka melihat dua buah perahu karet tidak jauh dari bibir pantai. Ada 10 pria tak dikenal di dalam. Salah satunya ditembak di lokasi perkemahan,” menurut apa yang dilansir saluran “Ditembak” di Telegram.

READ  Gedung Putih: Kelompok Tujuh akan mengumumkan larangan emas Rusia sebagai tanggapan atas perang Ukraina

Sebuah blog militer terkemuka Rusia bernama “Wargonzo” menyatakan bahwa “menurut beberapa sumber, kelompok sabotase dan pengintaian Ukraina mendarat di daerah Tanjung Tarkhankut, mengebom kamp di tepi pantai dan melarikan diri menuju Odessa.”

Saluran Telegram yang terkait dengan unit militer Republik Rakyat Donetsk juga melaporkan bentrokan tersebut.

Resimen milisi DRC ke-105 mengatakan bahwa empat perahu motor ringan yang membawa penyabot Ukraina dihancurkan di dekat Tanjung Tarkhankut. Pasukan keamanan Rusia membubarkan operasi sabotase dan pengintaian di laut sekitar pukul 4 pagi. Menurut data awal, sekitar 15 hingga 20 orang dilikuidasi.”

Badan Intelijen Pertahanan Ukraina telah merilis beberapa video yang dimaksudkan untuk menunjukkan perahu karet Ukraina di dekat pantai Krimea dalam kegelapan.

Ada juga klip video perahu karet Ukraina yang menembakkan rudal antipesawat ke pesawat Rusia. Kementerian Pertahanan Rusia merilis video dari kokpit yang menunjukkan pesawat tempur tersebut menembakkan meriam ke arah kapal.

Sementara itu, Ukraina memperoleh beberapa kemajuan di front selatan di wilayah Zaporizhia, dan masih melakukan serangan di sekitar Bakhmut, dengan serangan balasan Kiev secara bertahap maju di timur negara itu.

Staf Umum Angkatan Bersenjata mengatakan pada hari Kamis bahwa unit-unit tersebut berhasil “menuju Novodanilivka dan Novoprokopyevka, memperkuat posisi mereka, menembakkan artileri ke sasaran musuh yang teridentifikasi, dan melakukan operasi kontra-baterai.”

Staf Umum mengatakan: “Musuh menderita kerugian besar dalam hal personel, senjata dan peralatan, dan menggerakkan unit dan pasukan serta menggunakan cadangan secara efektif.”

Upaya Rusia untuk maju ke utara di sekitar Kobyansk di wilayah Kharkiv juga dihalangi oleh pasukan bertahan Ukraina, serta upaya untuk menerobos ke barat Svatov di dekat Luhansk. Di wilayah ini, kata pihak Ukraina, Rusia telah mengerahkan lebih banyak kekuatan ke medan perang.

READ  Kolom: Larangan alumina Australia akan menekan Rusal dan aluminium: Andy Home