Juli 20, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Jepang meminta warganya di Tiongkok untuk tidak menonjolkan diri setelah pembebasan Fukushima

Jepang meminta warganya di Tiongkok untuk tidak menonjolkan diri setelah pembebasan Fukushima

TOKYO (Reuters) – Jepang meminta warganya yang tinggal di Tiongkok untuk tidak menonjolkan diri pada Jumat, termasuk berbicara secara diam-diam di depan umum, setelah Beijing mengkritik Tokyo karena melepaskan air radioaktif yang telah diolah dari pembangkit listrik tenaga nuklir yang hancur di Pasifik.

Dalam pesan yang diperkuat oleh liputan media resmi, Beijing selama berbulan-bulan menggambarkan keputusan Jepang untuk melepaskan air tersebut sebagai tindakan egois dan berbahaya bagi lingkungan dan kesehatan manusia, meskipun Badan Energi Atom Internasional PBB menganggapnya aman.

Setelah pelepasan tersebut dimulai pada hari Kamis, Tiongkok mengumumkan larangan menyeluruh terhadap semua impor makanan laut dari Jepang, yang semakin memperumit hubungan antara kedua negara tetangga yang telah tegang karena kombinasi ketegangan perdagangan, geopolitik, dan sejarah.

“Saat keluar, usahakan berhati-hati, seperti tidak berbicara bahasa Jepang terlalu keras,” kata kedutaan dalam peringatan yang diposting di situsnya pada hari Jumat.

Pemberitahuan tersebut juga menyarankan warga untuk “memperhatikan area sekitar kedutaan” jika mereka berencana berkunjung.

Konsulat Jepang di Hong Kong yang dikuasai Tiongkok mengeluarkan pemberitahuan peringatan akan adanya protes di sana mengenai drainase air, setelah 100 pengunjuk rasa turun ke jalan pada hari Kamis menentang drainase air tersebut.

Namun antrean panjang di restoran sushi di Hong Kong mendukung pernyataan banyak orang yang mengatakan mereka tidak khawatir dengan masalah ini dan akan terus mengunjungi restoran Jepang.

Dan di Korea Selatan, Kedutaan Besar Jepang mengeluarkan pemberitahuan yang menasihati warganya di sana untuk “bertindak dengan hati-hati” dan menghindari “masalah yang tidak perlu” terkait rencana unjuk rasa massal di sekitar kedutaan.

Polisi Korea Selatan menangkap 16 pengunjuk rasa pada hari Kamis yang memasuki kedutaan Jepang di Seoul.

READ  Perusahaan AS dan Vietnam membicarakan bisnis selama kunjungan Biden; Kesepakatan AI dan Boeing terungkap

(Laporan oleh Kantaro Komiya di Tokyo; Ditulis oleh Jun Gede; Disunting oleh Kim Coghill)