Agustus 12, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Jepang: Pulau-pulau yang disengketakan 'diduduki secara ilegal oleh Rusia'

Jepang: Pulau-pulau yang disengketakan ‘diduduki secara ilegal oleh Rusia’

TOKYO (AFP) – Jepang menggambarkan empat pulau yang kepemilikannya bertentangan dengan Moskow sebagai “diduduki secara ilegal oleh Rusia” dalam versi terbaru dari laporan diplomatik yang dirilis Jumat, menggunakan bahasa yang lebih kuat untuk menggambarkan lipatan teritorial daripada versi terbaru lainnya dan menekankan hubungan Dingin antara kedua belah pihak di tengah invasi Rusia ke Ukraina.

Deskripsi dalam Buku Biru Diplomatik 2022, sebuah laporan tahunan tentang kebijakan luar negeri Jepang yang dikeluarkan oleh Kementerian Luar Negeri, menggunakan kata-kata ini untuk pertama kalinya dalam hampir dua dekade. Jepang, yang sedang berjuang untuk meningkatkan hubungan dengan Moskow untuk mendapatkan kembali kendali atas Kepulauan Kuril, yang disebut Tokyo sebagai Wilayah Utara, sebelumnya menggambarkan perselisihan itu dengan nada yang lebih lembut.

“Wilayah Utara adalah sekelompok pulau dengan kedaulatan atas Jepang dan merupakan bagian integral dari wilayah Jepang, tetapi mereka saat ini diduduki secara ilegal oleh Rusia,” kata kementerian itu dalam laporan itu.

Perselisihan atas pulau-pulau yang dikuasai Rusia, yang direbut bekas Uni Soviet dari Jepang pada akhir Perang Dunia II, mencegah kedua negara menandatangani perjanjian damai yang secara resmi mengakhiri permusuhan perang di antara mereka.

Laporan terakhir menggunakan istilah yang sama pada tahun 2003, tetapi melunakkan kata-katanya sampai tahun lalu, ketika disebut sengketa “keprihatinan terbesar antara Jepang dan Rusia” dan mencatat bahwa “Jepang memiliki kedaulatan” atas pulau-pulau.

Dalam sengketa wilayah lainnya, kementerian mengatakan pulau yang disebut Jepang sebagai Takeshima “diduduki secara ilegal” oleh Seoul, yang disebut Dokdo.

Kementerian luar negeri Korea Selatan telah memprotes “penyertaan berulang kali klaim kedaulatan yang tidak adil atas Dokdo oleh Jepang,” menggambarkan pulau itu sebagai bagian yang tidak dapat dicabut dari wilayah Korea Selatan. Dia mengatakan tuduhan berulang-ulang Tokyo “sama sekali tidak kondusif bagi upaya untuk membangun hubungan berorientasi masa depan antara kedua belah pihak. Hubungan Jepang dan Korea Selatan juga sangat tegang karena masalah sejarah.”

READ  Penduduk desa Mekong menangkap ikan air tawar terberat yang pernah ada

Jepang bergabung dengan negara-negara G7 lainnya dalam menjatuhkan serangkaian sanksi terhadap Rusia. Tokyo memainkan peran yang lebih besar dalam upaya internasional melawan Rusia karena kekhawatirannya tentang dampak invasi di Asia Timur, di mana militer China menjadi lebih tegas.

Jepang telah menghadapi pembalasan dari Rusia, yang baru-baru ini mengumumkan penangguhan pembicaraan tentang perjanjian damai dengan Tokyo yang mencakup negosiasi atas pulau-pulau yang disengketakan.

Jepang juga berusaha untuk meningkatkan kapasitas dan anggaran pertahanannya sebagai bagian dari tinjauan besar terhadap Strategi Keamanan Nasional Jepang yang diharapkan akhir tahun ini.

___

Penulis Associated Press Kim Tong-hyung di Seoul, Korea Selatan berkontribusi pada laporan ini.