Juni 22, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Korban tewas akibat serangan AS terhadap target pro-Iran di Suriah telah meningkat menjadi 19 orang

Korban tewas akibat serangan AS terhadap target pro-Iran di Suriah telah meningkat menjadi 19 orang

BEIRUT (Reuters) – Seorang pemantau perang Suriah mengatakan pada Sabtu bahwa jumlah korban tewas akibat serangan udara AS terhadap fasilitas pro-Iran di Suriah timur telah meningkat menjadi 19 orang, dalam salah satu bentrokan paling sengit antara Amerika Serikat dan loyalis Iran. kekuatan dalam beberapa tahun.

Amerika Serikat melakukan serangan di Suriah timur sebagai pembalasan atas serangan pesawat tak berawak pada hari Kamis yang menewaskan seorang kontraktor Amerika dan melukai lainnya, bersama dengan lima tentara Amerika. Washington mengatakan serangan itu berasal dari Iran.

Serangan balasan oleh Amerika Serikat terhadap fasilitas di Suriah yang digunakan oleh kelompok yang berafiliasi dengan Pengawal Revolusi Iran telah menewaskan 19 orang, menurut Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia yang berbasis di Inggris.

Pemantau perang mengatakan serangan udara menewaskan tiga tentara Suriah, 11 pejuang Suriah di faksi pro-pemerintah, dan lima pejuang non-Suriah yang bersekutu dengan pemerintah.

Rami Abdel Rahman, kepala Observatorium, tidak dapat menyebutkan kewarganegaraan orang asing tersebut. Reuters tidak dapat secara independen mengkonfirmasi jumlah korban tewas.

Pertukaran awal menyebabkan serangkaian pukulan tit-for-tat. Anggota layanan AS lainnya terluka, menurut pejabat, dan sumber-sumber lokal mengatakan dugaan rudal AS menghantam lebih banyak lokasi di Suriah timur.

Presiden Joe Biden memperingatkan Iran pada hari Jumat bahwa Amerika Serikat akan “bertindak agresif” untuk melindungi orang Amerika.

Iran telah menjadi pendukung utama Presiden Bashar al-Assad selama 12 tahun konflik Suriah.

Milisi proksi Iran, termasuk Hizbullah Libanon dan kelompok Irak yang setia kepada Teheran, menguasai sebagian besar wilayah timur, selatan dan utara Suriah dan di pinggiran sekitar ibu kota.

Kubu Teheran yang semakin meningkat di Suriah telah menyebabkan serangan udara reguler Israel, tetapi serangan udara AS jauh lebih jarang. Amerika Serikat telah membunyikan alarm tentang program drone Iran.

READ  2 orang Amerika ditangkap karena diduga mengirimkan teknologi penerbangan ke Rusia

(Laporan oleh Maya Ghibelle) Disunting oleh Frances Kerry dan Bernadette Baume

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.