Juni 16, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Kereta api berkecepatan tinggi Tiongkok menambah jumlah perjalanan ke Indonesia – namun beban utang dapat menghambat perjalanan kereta api

Kereta api berkecepatan tinggi Tiongkok menambah jumlah perjalanan ke Indonesia – namun beban utang dapat menghambat perjalanan kereta api

Kereta api tersebut meningkatkan jadwal regulernya dari 44 menjadi 48 perjalanan sehari pada bulan ini setelah meninjau tren penumpang, Jakarta Globe melaporkan. Layanan dimulai dengan hanya 14 perjalanan per hari.

05:43

Jalur kereta api berkecepatan tinggi Bandung-Jakarta andalan Indonesia akhirnya dibuka setelah serangkaian penundaan

Jalur kereta api berkecepatan tinggi Bandung-Jakarta andalan Indonesia akhirnya dibuka setelah serangkaian penundaan

Dengan merek “Whoosh”, kereta api ini – dengan kereta berwarna merah dan perak yang melaju dengan kecepatan 350 km/jam – diperkirakan akan terus menarik penumpang yang tinggal di dekat empat stasiunnya, satu di luar ibu kota Jakarta dan 158 km (98) di dekat kota wisata Bandung. mil) ke arah tenggara.

Namun para analis mengatakan enam bulan terakhir tidak dapat memprediksi apakah popularitas jalur kereta api akan berkelanjutan dan cukup luas sehingga menghasilkan keuntungan.

“Ada kemungkinan penumpang kehilangan semangat, berhenti menggunakan kereta ini dan kembali ke perjalanan lama,” kata Shivake Dharma Negara, peneliti senior di ISEAS-Yusof Ishak Institute di Singapura.

Tiongkok dan Indonesia menganggap jalur kereta api sebagai simbol hubungan bilateral mereka Inisiatif Sabuk dan Jalan yang LuasKampanye 11 tahun Beijing untuk membangun infrastruktur regional dan memperlancar perdagangan lintas batas.
Presiden Indonesia Joko Widodo berbicara dengan seorang pejabat saat upacara pembukaan kereta berkecepatan tinggi pertama di Asia Tenggara di Stasiun Halim di Jakarta, Indonesia, Oktober 2023. Foto: AP

Khususnya, Presiden Indonesia Joko Widodo tiba pada bulan Oktober untuk meluncurkan proyek senilai US$7,3 miliar.

Kereta api ini memiliki waktu perjalanan dari awal hingga akhir selama 40 menit, dibandingkan dengan tiga hingga empat jam dengan kereta api atau jalan raya biasa. Tarif antara 150.000 rupiah hingga 600.000 rupiah (US$9,4 hingga US$38) terjangkau untuk kelas menengah, dan pengendara mengatakan harga terkadang turun selama musim populer. Tarif kereta lambat adalah Rs 80.000.

READ  Minyak Sawit Uni Eropa Pertengkaran dengan Malaysia dan Indonesia - DW - 18/03/2024

Negara mengatakan kereta api berkecepatan tinggi akan menjadi lebih menarik seiring meningkatnya kemacetan jalan di Jakarta dan Bandung. Jakarta berpenduduk lebih dari 11 juta jiwa, dan Bandung berpenduduk 2,7 juta jiwa.

Proyek ini membutuhkan waktu tujuh tahun untuk dikembangkan menyusul penundaan yang disebabkan oleh pandemi dan defisit anggaran sebesar US$1,2 miliar.

Itu membuat segalanya mudah bagi kami…stasiunnya bersih, stafnya sangat membantu dan keretanya tepat waktu

Srimanjari Dhamrakar

Bandung kini memiliki daya tarik lebih sebagai tujuan wisata bagi masyarakat Jakarta, kata Nukila Evanti, anggota dewan penasihat Asia Center Research Institute. Jakarta Denison mengatakan kereta berkecepatan tinggi menarik bagi “mereka yang suka menghargai waktu”.

“Ini membuat segalanya lebih mudah bagi kami,” kata Srimanjari Dhamrakar, seorang turis Nepal berusia 37 tahun yang melakukan perjalanan dengan kereta api pada bulan April. “Tiket bisa dibeli secara online. Stasiunnya bersih dan rapi, stafnya sangat membantu dan keretanya tepat waktu.

Para pengamat mengatakan jalur kereta api telah meningkatkan persepsi masyarakat terhadap teknologi Tiongkok.

“Di kalangan masyarakat Indonesia, terdapat persepsi negatif terhadap teknologi Tiongkok yang tentunya murah namun mudah rusak,” kata Muhammad Habib Abian Tsakwan, peneliti Departemen Hubungan Internasional CSIS Indonesia. Namun kini China mampu bersaing dengan Jepang.

Namun, total waktu perjalanan bisa lebih rumit daripada yang ditunjukkan oleh angka-angka besar. Stasiun terdekat ke Jakarta dan Bandung berada di pinggiran kota, sehingga penumpang harus menggunakan kereta feeder, bus, atau minivan dari pusat kota – dan kedua pilihan tersebut menghadapi kemacetan lalu lintas saat meninggalkan daerah perkotaan Jakarta.

Potensi kelemahan lainnya: Banyak penumpang, termasuk mereka yang tinggal di Bandung namun menghabiskan hari kerja di Jakarta untuk bekerja, terbiasa menggunakan minivan dan kereta api lambat, yang keduanya mengenakan tarif yang jauh lebih terjangkau bagi banyak penumpang berpendapatan rendah di Indonesia.

“Lalu lintas dari Jakarta ke Bandung sudah cukup,” kata Roseno Aji Afandi, dosen hubungan internasional Universitas Bina Nusantara di Jakarta.

Afandi sudah beberapa kali menaiki kereta berkecepatan tinggi dan memperkirakan dari pengalaman pribadinya, pada beberapa hari kapasitas penumpang hanya mencapai 20 persen. “Awalnya sibuk, tapi sekarang kita lihat tidak layak secara ekonomi,” katanya.

Afandi menggambarkan perjalanan Hush-nya, yang sebagian besar untuk keperluan bisnis, sebagai “memuaskan”, dengan kualitas “memadai dan konsisten”. Namun dengan perencanaan dan penetapan harga, menjadikan kereta api yang lebih lambat atau bus antar-jemput – yang berhenti di dekat rumah dan tempat kerjanya – “pilihan terbaik untuk kebutuhan saya.”

02:04

Presiden Xi dan Widodo mengunjungi uji coba pertama kereta peluru Indonesia buatan Tiongkok

Presiden Xi dan Widodo mengunjungi uji coba pertama kereta peluru Indonesia buatan Tiongkok

Utang akan mencapai 3,15 triliun rupiah (US$197,7 miliar) pada tahun pertama, menurut Jakarta Post, bahkan setelah menghasilkan hampir 2 triliun rupiah dari penjualan tiket.

Negara mengatakan meningkatnya utang akan membebani investor milik negara yang mendukung proyek tersebut, khususnya perusahaan kereta api nasional Indonesia, Kereta Abi Indonesia.

Tiongkok membiayai 75 persen pembangunan proyek tersebut, dengan jangka waktu 40 tahun dan masa tenggang 10 tahun. Utang senilai rupee 3,15 triliun lainnya mungkin memerlukan pinjaman bank, kata Negara.

Beberapa masyarakat Indonesia sudah merasa “prihatin” dengan jumlah uang yang terhutang, kata Dzakwan.

Pada bulan Oktober, media Indonesia mengutip presiden direktur PT Kereta Cepat Indonesia-China yang mengatakan bahwa Whoosh membutuhkan waktu kurang dari 40 tahun untuk menghasilkan keuntungan.

Perusahaan tidak menanggapi beberapa permintaan komentar.

Untuk menarik penumpang, para analis mengatakan operator akan menggunakan pemasaran dan mengatur lebih banyak lalu lintas pengumpan di kedua ujung jalur, dan beberapa warga Jakarta memperkirakan pengembang properti akan membangun rumah di sekitar stasiun pinggiran kota sehingga penumpang dapat tinggal di dekatnya.

Mengandalkan stasiun kereta api komuter di mana pun di dunia adalah “cara yang berpikiran maju untuk mengantisipasi kebutuhan urbanisasi yang terus berkembang,” kata Don Proudholm, asisten profesor di Fakultas Bisnis Universitas Internasional Florida.

Operator akan menarik penumpang dengan menjalankan kereta tepat waktu, menjaga keamanan jalur kereta api dan melakukan “pemasaran” sehingga masyarakat mengetahuinya, kata Negara.

02:05

Tiongkok dan Indonesia sedang mendiskusikan perluasan jalur kereta cepat Jakarta ke Surabaya

Tiongkok dan Indonesia sedang mendiskusikan perluasan jalur kereta cepat Jakarta ke Surabaya

Indonesia meminta dukungan Tiongkok bulan lalu Perpanjang jalur tunggal Hoosh sepanjang 142,3 km Di sebelah timur adalah Surabaya, pelabuhan perdagangan utama. Kedua kota tersebut berjarak 411 km. Hoosh akan menarik lebih banyak penumpang jika ada pemberhentian di Surabaya, kata Afandi.

Paramithangram, dosen hubungan internasional Universitas Pina Nusantara, tinggal di Jakarta tetapi tidak mengendarai Hush. Minivan ke Bandung “berhenti di seluruh kota,” katanya. Namun jika ada perluasan, dia akan naik kereta cepat ke Surabaya. “Itu sangat menghemat waktu.”

Meski menghadapi banyak kendala, Tiongkok sejauh ini senang dengan proyek tersebut.

Antusiasme Indonesia terhadap perkeretaapian – belanja modal, upaya untuk mempopulerkan kereta api dan visi perluasannya – tidak tercermin di banyak negara, kata Zha Dajiong, seorang profesor studi internasional di Universitas Peking.

Saya tidak melihat perkeretaapian di Indonesia sebagai model bagi masyarakat lain…banyak yang belum siap

Ja Dajeong
dukungan Tiongkok Tautan Rel Pantai Timur Malaysia telah menghadapi banyak kesengsaraan – penundaan, pembengkakan biaya, dan pemindahan sebuah desa secara tiba-tiba. Di Filipina, menteri transportasi menyebutkan Tiongkok kehilangan minat untuk membiayai tiga proyek kereta api tahun lalu. Beijing dan Manila terlibat dalam sengketa kedaulatan maritim yang tegang.

“Saya tidak melihat perkeretaapian di Indonesia sebagai model bagi masyarakat lain,” kata Jha. “Banyak komunitas yang belum siap.”

Sistem kereta api berkecepatan tinggi serupa di Jepang dan Taiwan juga berjuang dengan utang namun tetap dapat beroperasi – terkadang dengan subsidi pemerintah untuk menjaga tarif tetap terjangkau.

Pada tahun 2015, Tiongkok mengalahkan tawaran Jepang untuk membangun jalur kereta api Indonesia.

“Proyek kereta api di Indonesia diprediksi akan sukses baik dari segi kapasitas industri Tiongkok maupun kemampuannya dalam persaingan internasional,” kata Prud’homme.