Juni 16, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Ambisi EV dan Teknologi Iklim Indonesia Yvonne Lau

Ambisi EV dan Teknologi Iklim Indonesia Yvonne Lau

Didukung oleh Media Fellowship 2023-2024 dari Asia Pacific Foundation of Canada, Yvonne Lau melakukan perjalanan ke Indonesia pada bulan November 2023 untuk melaporkan peran negara tersebut dalam transisi ramah lingkungan di dunia. Tiga artikel yang berfokus pada ambisi Indonesia di bidang kendaraan listrik, teknologi iklim, dan destinasi pariwisata diterbitkan pada musim semi ini oleh National Observer Kanada.

Kisah pertama mengkaji kebangkitan pabrik nikel pelindian asam bertekanan tinggi (HPAL) dalam upaya Indonesia untuk memainkan peran penting dalam rantai pasokan kendaraan listrik global, serta kerugian manusia dan lingkungan akibat teknologi penting ini. Bagian kedua membahas bagaimana kinerja pengusaha dan investor lokal selama ‘pemulihan’ sektor startup teknologi iklim di Indonesia. Kisah ketiga mengeksplorasi realitas pariwisata berkelanjutan di Bali melalui kacamata Munduk, sebuah desa ramah lingkungan di bagian utara provinsi tersebut.

Foto udara fasilitas pengolahan nikel di Morowali utara, Indonesia. Foto oleh Iqbal Lupis / Flickr (Akta CC BY-SA 2.0)

Indonesia, yang kini merupakan produsen nikel terbesar di dunia, berencana mengembangkan pabrik pelindian asam bertekanan tinggi (HPAL) untuk mengekstraksi nikel yang cocok untuk produk baterai kendaraan listrik (EV). Namun para ahli, aktivis, dan penduduk setempat memberikan peringatan atas pesatnya pembangunan pembangkit listrik HPAL – yang menghasilkan limbah beracun dalam jumlah besar, telah mencemari sumber air dan membuat masyarakat setempat terpaksa mengungsi – dan mengatakan bahwa hal tersebut merupakan “ujian bagi Indonesia, dan dunia, untuk transisi energi yang berkeadilan.” Baca selengkapnya.

: Pemandangan sistem panel surya di atap Masjid Istiklal di Jakarta, Indonesia
Pemandangan sistem panel surya di atap Masjid Istiklal di Jakarta, Indonesia pada November 2023

Setelah ‘musim dingin’ modal ventura (VC) yang sulit yang menyebabkan total investasi ventura dan ekuitas swasta turun sebesar 50 persen, pendanaan untuk ruang startup di Indonesia perlahan-lahan mendapatkan kembali momentumnya. Dalam beberapa bulan terakhir, sektor teknologi iklim di Indonesia mulai bangkit kembali dengan banyaknya investor yang mengucurkan jutaan dolar ke startup tahap awal yang berfokus pada penangkapan karbon, penyimpanan energi baterai, dan pengelolaan limbah. Ketika dampak iklim di Indonesia semakin parah, para investor sepakat bahwa “Indonesia adalah pasar yang tidak dapat kita abaikan… jika kita berbicara tentang cara melakukan dekarbonisasi di Asia Tenggara.” Baca selengkapnya.

READ  3 Berita Teratas Hari Ini: 15 Makanan Terbaik dari Seluruh Dunia, Termasuk 'Pempek' Indonesia
Pura Pura Ulun Danu Peraden di Bali, Indonesia.
Pura Pura Ulun Danu Peratan di Bali, Indonesia. Kampus ini terletak di tepi Danau Peraden di perbukitan. Air dari danau mengalir ke seluruh area. Foto oleh Oleksandr B / Bexels

Provinsi pulau Bali – salah satu tujuan wisata utama dunia – dikenal sebagai ‘mahkota’ industri pariwisata Indonesia yang bernilai $20 miliar. Setelah pandemi Covid-19, pemerintah Indonesia telah menyusun rencana pariwisata yang lebih ambisius yang bertujuan untuk menarik jutaan wisatawan lebih banyak dan mengubah desa-desa pedesaan dan sadar lingkungan menjadi ‘Bali berikutnya’. Namun penduduk setempat di Munduk, yang disebut sebagai ‘desa ramah lingkungan’ di utara Bali, menentang model pariwisata massal ketika provinsi tersebut menghadapi krisis air dan hilangnya praktik dan situs budaya asli. Baca selengkapnya.

Program Media Fellowship APF Kanada menawarkan kesempatan kepada jurnalis Kanada yang baru dan mapan untuk meluangkan waktu meneliti dan memproduksi berita di Asia. Program ini bertujuan untuk membantu jurnalis Kanada lebih memahami bagian dunia yang dinamis ini agar dapat menulis dan menyiarkan secara mendalam tentang Asia dan hubungan Kanada-Asia. Kunjungi halaman web Media Fellowship kami Untuk informasi lebih lanjut; Penerimaan Trust tahun 2024-25 akan dimulai pada Januari 2025.

Gambar sampul: Tom Fisk Melalui piksel