Oktober 2, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Jim Thorpe dipulihkan sebagai satu-satunya pemenang medali emas Olimpiade 1912

Jim Thorpe dipulihkan sebagai satu-satunya pemenang medali emas Olimpiade 1912

Jim Thorpe, salah satu atlet terbesar dalam sejarah dan korban dari apa yang dianggap banyak orang sebagai ketidakadilan Olimpiade yang berusia seabad, merebut kembali satu-satunya kemenangan dasalomba dan pentathlonnya di Olimpiade Stockholm 1912.

Thorpe, yang unggul dalam selusin atau lebih olahraga, telah mendominasi dua acaranya di Olimpiade 1912 di Stockholm tetapi medalinya dilucuti setelah terungkap bahwa ia telah mendapatkan beberapa dolar secara singkat bermain bisbol profesional sebelum karir Olimpiadenya. Pejabat Amerika, dalam apa yang dilihat sejarawan sebagai campuran rasisme terhadap Thorpe, yang adalah penduduk asli Amerika, dan pengabdian fanatik pada gagasan amatir, termasuk di antara pendukung setia pengucilannya.

Pengakuan IOC atas Thorpe, diumumkan pada hari Jumat, datang 40 tahun setelah ia membawa kembali pemenang dari kedua acara tersebut. Tetapi restorasi pada tahun 1982 tidak cukup bagi para pendukungnya, yang berkampanye atas nama Thorpe, ikon Amerika yang sangat dihormati di komunitas penduduk asli Amerika.

Para atlet yang dinyatakan sebagai juara oleh IOC – Hugo Weslander, orang Swedia yang finis kedua di dasalomba, dan Ferdinand B dari Norwegia, yang finis di belakang Thorpe di pentathlon – menyatakan keengganan besar untuk menerima medali emas mereka setelah Thorpe dicopot dari kejuaraan. Kemenangannya pada tahun 1913. IOC mengatakan telah berkonsultasi dengan Swedia, keluarga Weslander yang masih hidup, dan Komite Olimpiade Norwegia sebelum membawa kembali Thorpe sebagai juara tunggal untuk kedua acara tersebut.

“Ini adalah situasi yang luar biasa dan unik,” kata Presiden IOC Thomas Bach. “Itu ditanggapi dengan sikap fair play yang luar biasa dari masing-masing Komite Olimpiade Nasional.”

Keputusan untuk menyebut Thorpe sebagai satu-satunya pemenang dasalomba dan pentathlon dilaporkan pada hari Kamis negara india hari iniyang mencatat bahwa pejabat Olimpiade secara diam-diam dan kesepian menempatkannya di posisi terdepan di situs resmi Olimpiade.

READ  Prajurit di Jepang: James Wiseman bersinar dan lebih banyak catatan pembuka pramusim

Pemulihan medali Thorpe telah lama menjadi penyebab penduduk asli Amerika dan aktivis lainnya, yang telah diperbarui dalam beberapa tahun terakhir memimpin petisi Dan Menekan Komite Olimpiade Internasional untuk perubahan. Thorpe adalah anggota Sac and Fox Nation di Oklahoma dan bersekolah di Carlisle Indian Industrial School di Pennsylvania, dan eksploitasi multi-olahraganya melegenda di kalangan penduduk asli Amerika.

“Apakah ada setengah keadilan?” Nidra Darling, sebuah Prairie Band Potawatomi Nation yang ayahnya adalah teman lama Thorpe, bertanya pada tahun 2020. “Sangat memalukan bahwa catatan tidak diperbaiki pada tahun 1982.”

Mandi cerah kuat, Pembentukan Dinamakan setelah Thorpe’s Indigenous, ia memimpin upaya untuk memulihkan posisi Thorpe.

“Kami menyambut baik fakta bahwa berkat keterlibatan signifikan dari Bright Path Strong, solusi dapat ditemukan,” kata Bach.

Eksploitasi Thorpe di lapangan sepak bola sangat legendaris: pada tahun 1911, Carlisle Harvard kesal Penghargaan sebagian besar diberikan kepada Thorpe, yang bermain di lini tengah dan juga mencetak empat gol lapangan.

Thorpe menuju ke Olimpiade 1912 di Stockholm untuk bersaing di dasalomba dan kompetisi lain yang sekarang sudah tidak ada, pentathlon. Dia memenangkan keduanya, disambut secara internasional dan bergabung dengan parade pita bintang Olimpiade di Broadway di New York. Times melaporkan, Bahwa Thorpe menerima sorakan paling banyak, bersama dengan Pat MacDonald, pemukul utama yang merupakan polisi lalu lintas Times Square.

Tetapi tahun berikutnya, ternyata Thorpe menghasilkan $25 seminggu dengan bermain baseball junior beberapa tahun sebelumnya. Di bawah aturan amatir yang ketat pada zaman itu, medali emasnya dilucuti.

Status amatirnya dicabut, dan Thorpe memulai karirnya di Major League Baseball, bermain di luar lapangan dari tahun 1913 hingga 1919 untuk New York Giants, Cincinnati Reds, dan Boston Braves. Khususnya, ia beralih ke sepak bola profesional pada tahun 1920 dan bermain sampai ia berusia 41 dengan enam tim, termasuk New York Giants.

READ  Steve Kerr menjelaskan "firasat" tentang apa yang salah dengan keruntuhan Warriors

Thorpe meninggal pada tahun 1953 M Berita kematian New York Times Dia menggambarkannya sebagai “mungkin atlet alami terbesar yang pernah dilihat dunia di zaman modern.”