April 14, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Isuzu membantah rencana pemindahan pabrik ke Indonesia

Isuzu membantah rencana pemindahan pabrik ke Indonesia

Pembuat mobil Jepang membantah klaim menteri Indonesia sebagai saham dari beberapa pemasok Thailand jatuh

Kendaraan Isuzu dipamerkan di Bangkok International Motor Show pada Maret 2021. (Foto: Varut Hirunyathep)

TOKYO: Pembuat mobil Jepang Isuzu Motors mengatakan pada hari Kamis bahwa pihaknya tidak memiliki rencana untuk memindahkan pabrik dari Thailand ke Indonesia.

“Sementara perusahaan kami akan terus fokus pada Indonesia sebagai pasar utama, tidak ada rencana untuk memindahkan pabrik Thailand ke Indonesia,” kata juru bicara Isuzu.

Juru bicara menambahkan bahwa perusahaan belum membuat pengumuman apapun mengenai masalah ini.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan pada hari Rabu bahwa Isuzu berencana untuk merelokasi pabrik dan dapat memulai produksi paling cepat tahun depan.

Seorang juru bicara kementerian pada hari Kamis tidak segera menanggapi permintaan komentar atas penolakan oleh Isuzu, yang sudah memiliki pabrik di Karawang, Indonesia.

Isuzu mengoperasikan dua pabrik di Thailand yang mempekerjakan sekitar 6.000 orang.

Saham beberapa perusahaan suku cadang mobil Thailand dijual pada hari Kamis setelah komentar dari seorang menteri Indonesia.

Saham Aapico HiTech, yang membuat rangka sasis untuk pickup terlaris Thailand, truk pickup Isuzu, turun 12% pada perdagangan pagi di Bursa Efek Thailand (SET) terhadap kenaikan indeks pasar sebesar 0,11%.

Pembuat peralatan penerangan otomatis Thai Stanley Electric melihat harga sahamnya turun 4%. Indeks sektor otomotif secara keseluruhan turun 3,34%.

Thailand adalah pusat manufaktur dan ekspor otomotif untuk Asia Tenggara dan merupakan rumah bagi beberapa pabrikan top dunia, termasuk Toyota dan Honda. Pemerintah berusaha mempertahankan status itu dengan menarik investasi untuk produksi kendaraan listrik (EV).

Pembuat EV Cina Great Wall Motor berencana untuk mendirikan pabrik perakitan paket baterai senilai US $ 30 juta di Thailand, sementara BYD berencana untuk membangun pabrik pada tahun 2024.

READ  Indonesia, pasar e-commerce yang tidak diperhatikan

Negara ini memproduksi sekitar 1,5 juta hingga 2 juta kendaraan setiap tahun, setengahnya diekspor.

Itu telah memperkuat kredensial otomotifnya dengan rantai pasokan yang kuat untuk suku cadang mobil selama empat dekade terakhir. Namun, EV menggunakan suku cadang yang jauh lebih sedikit daripada mobil konvensional, sehingga memaksa industri untuk beradaptasi.

Pemerintah berencana membuat EV setidaknya 30% dari produksi kendaraan di negara itu pada tahun 2030.

Indonesia melakukan langkah agresif untuk membangun industri otomotifnya, khususnya di bidang EV dan baterai yang bahan bakunya melimpah.

Isuzu pertama kali memasuki Thailand pada tahun 1966 dan memiliki dua pabrik perakitan: Samrong di Samut Prakan dan Gateway di Chachongchao. Pabrik tersebut memiliki total kapasitas produksi 385.000 kendaraan per tahun.

Isuzu terkenal dengan pikap T-Max-nya, yang memimpin pasar pikap satu ton tahun lalu selama tiga tahun berturut-turut. Sebanyak 390.000 pickup terjual di Thailand pada tahun 2022, dengan Isuzu menyumbang 46% dan Toyota Hilux menyumbang 38%.

Perusahaan mengatakan pada bulan Desember tahun lalu bahwa mereka sedang menunggu saat yang tepat untuk memperkenalkan pickup dan truk listrik ke pasar Thailand, yang saat ini sangat condong ke EV penumpang.