September 23, 2021

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

IPO: Indonesia memiliki daftar terbesar ketika Asia Tenggara meluncurkan teknologi

Bursa saham Indonesia yang berbasis di Jakarta mulai diperdagangkan pada hari Jumat, mengumpulkan sekitar $ 1,5 miliar.

Ini adalah rekor terbesar untuk transaksi itu, menurut data yang disediakan oleh Dealogic. Perusahaan telekomunikasi Indonesia PT Telekomunikasi, juga dikenal sebagai Telecom, mengumpulkan hampir $ 1,7 miliar pada tahun 1995, meskipun memiliki beberapa pemisahan daftar transaksi di Indonesia, Amerika Serikat dan Inggris.

Unicorn teknologi pertama di Indonesia, atau perusahaan swasta bernilai miliaran dolar, memasuki pasar.

Itu harga sahamnya di 850 rupee (sekitar $ 0,06). Saham naik hampir 25% di sesi perdagangan pertamanya, menunjukkan selera investor yang panas.

Menteri Sekuridas Silva Halim, salah satu penjamin emisi dari kesepakatan itu, mengatakan tawaran itu telah “terdaftar 8,7 kali lebih banyak, dengan pesanan masuk dari hampir 100.000 investor”.

Pokalpak kini berencana menggunakan opsi kuota yang lebih tinggi untuk investor ritel.

“Kami sangat berterima kasih atas dukungan besar yang telah diterima perusahaan,” kata Rashmat Kaimuddin, ketua dan direktur perusahaan.

Bukalapak didirikan pada tahun 2010 oleh tiga orang teman kuliah Achmad Zaky, Fajrin Rasyid dan Nugroho Herucahyono. Perusahaan yang berbasis di Jakarta ini telah membuat namanya sendiri dengan membantu jutaan “perang” Indonesia – toko ibu dan pop lokal – pelanggan memesan barang secara online.

Konsumen dapat menambah pulsa, memesan tiket bus, atau melakukan pembelian lainnya menggunakan pengaturan Halaman Penerbangan.

புகழ்பாக் Tumbuh sebagai salah satu pemain e-commerce terbaik di Asia Tenggara, ia telah bekerja sama dengan Shobi, Lasada, dan Tocopedia. Didukung oleh investor nama besar termasuk perusahaan Microsoft (MSFT) Dan Piagam standar (SCBFF).

Seperti banyak startup, itu belum menguntungkan. “Kami akan berusaha mencapai itu dalam waktu 36 bulan,” kata ketua perusahaan Teddy Otomo kepada CNN Business dalam sebuah wawancara pada hari Jumat.

READ  Gunung berapi Sinapung Indonesia meletus, tidak ada perintah evakuasi yang dikeluarkan

Perusahaan menggunakan dana dari IPO untuk memberikan lebih banyak fasilitas kepada pedagangnya, menyediakan lebih banyak layanan dan membuka aliran pendapatan baru.

Itu, pada gilirannya, membantu menghasilkan lebih banyak uang untuk ketenaran. “Dalam hal ini kami berbasis komisi,” kata Otomo, menggambarkannya sebagai perpaduan antara buku pedomannya. Amazon (AMZN) Dan Shopify (Toko).

Membuat percikan

Daftar ini muncul saat perusahaan rintisan di Asia Tenggara mengalami pertumbuhan yang luar biasa. April, Grab, Startup Singapura, diumumkan Ini akan dipublikasikan di AS dengan kesepakatan SPAC senilai $ 40 miliar, yang merupakan rekor terbesar.
Malaysia baru-baru ini mengakuisisi unicorn teknologi pertamanya dengan Carsom, pasar online untuk mobil bekas. mencapai Perkiraan bernilai miliaran dolar.

Ini adalah tahun spanduk penggalangan dana untuk start-up di Asia Tenggara, menurut Managing Director Bernstein Venugopal Kare, yang berfokus pada teknologi Asia Selatan dan Tenggara.

“Saya kira didorong oleh dua hal utama. Salah satunya arus kas domestik yang sangat luas,” ujarnya seraya menambahkan wabah virus corona berperan meningkatkan arus kas investor.

Grab go public dengan kesepakatan SPAC senilai $40 miliar, rekor terbesar yang pernah ada
Pasar saham global telah meningkat selama epidemi, yang merupakan dorongan besar Dari teknologi. Beberapa departemen juga melihat Pertumbuhan yang cepat Krisis virus corona terkait dengan perubahan kebiasaan konsumen.
Carrey menunjukkan keberhasilan baru-baru ini dari perusahaan belanja online Singapura Shobi, perusahaan induknya, Laut (aku tahu), Nilai pasarnya telah meroket dalam beberapa bulan terakhir. Perusahaan menaikkan harga sahamnya dari sekitar $37 pada Desember 2019 menjadi $304. Sementara itu, nilai pasarnya telah meningkat menjadi hampir $ 159,5 miliar.

Carrey mengatakan keberhasilan itu meyakinkan bagi investor yang melihat pasar e-commerce di kawasan itu.

Analis mengatakan banyak investor mengabaikannya Pada tahun-tahun sebelumnya ada peluang di Asia Tenggara karena pertumbuhan sebagian besar terlihat pada “tahap awal” dan “fokusnya sebagian besar pada China dan Amerika Serikat.”

Sekarang berubah, namun ia mencatat bahwa itu bukan satu-satunya area yang melihat kecepatan. Di India, perusahaan diistimewakan oleh kepentingan investor Startup Pengiriman Makanan Zomato Dan Penyedia pembayaran online Paytm Baru-baru ini memulai atau merencanakan perkenalan publik mereka sendiri.
Saham Zomato akan naik di awal yang panas saat unicorn India pertama go public
Alasan lain mengapa perusahaan di sana menarik lebih banyak dana baru-baru ini adalah efek langsung dari Reliance, saran Carrie. Federasi India, dijalankan oleh orang terkaya di negara itu, Mukesh Ambani, Dilakukan Penggalangan dana yang besar Tahun lalu, ini membantu menarik perhatian internasional untuk bisnis di India secara umum, kata Kare.

Carrey berharap pawai penawaran umum akan membantu mempromosikan gelombang daftar baru di kedua wilayah. Dia menepis kritik yang menyatakan keprihatinan tentang potensi gelembung, memprediksi bahwa Spotlight akan menciptakan lebih banyak peluang finansial untuk startup di setiap pasar.

READ  Indonesia mencatat kasus Covid-19 dan memesan pasokan oksigen

“Ini baru permulaan,” katanya.