September 23, 2021

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Lava mengalir dalam letusan gunung berapi baru dari Gunung Merapi, Indonesia

Gunung berapi paling aktif di Indonesia meletus pada hari Senin, mengirimkan sungai vulkanik dengan letusan gunung berapi terbesar dalam beberapa bulan dan mengirimkan awan gas yang mengalir 3,5 kilometer (lebih dari 2 mil) di lerengnya di pulau Jawa. Ketika Gunung Merapi meletus, sebuah suara terdengar beberapa kilometer (mil) jauhnya, mengirimkan abu panas 600 meter (hampir 2.000 kaki) ke langit. Abu menutupi kota-kota terdekat, tetapi perintah evakuasi yang sudah lama ada berada di dekat gunung berapi, tanpa korban.

Ini adalah letusan gunung berapi terbesar di Merapi sejak pihak berwenang menaikkan tingkat risikonya November lalu, kata Honeyk Humida, kepala Pusat Pengurangan Risiko Vulkanik dan Geografis Yogyakarta. Dia mengatakan, baik kubah vulkanik di bawah tepi barat daya Merapi maupun kubah vulkanik di jurang telah aktif sejak akhir Juli. Kubah pinggiran barat daya diperkirakan 1,8 juta meter kubik (66,9 kaki kubik) dan sekitar 3 meter (9,8 kaki) sebelum runtuh sebagian Senin pagi, perjalanan setidaknya dua kali lebih cepat di barat daya.

Puncak 2.968 meter (9.737 kaki) terletak di pulau Jawa dekat Yogyakarta, sebuah kota kuno berpenduduk beberapa ratus ribu orang yang tertanam di area metro yang besar. Kota ini merupakan pusat budaya Jawa dan situs dinasti berusia berabad-abad. Tingkat siaga Merapi adalah yang tertinggi kedua dalam empat tingkat sejak mulai meletus November lalu, dan Pusat Pengurangan Risiko Gunung dan Geologi belum menaikkannya meskipun aktivitas vulkanik meningkat minggu lalu.

Orang-orang disarankan untuk tinggal 5 kilometer (3,1 mil) dari mulut jurang dan waspada terhadap bahaya gunung berapi, kata perusahaan itu. Abu dari letusan telah menutupi banyak desa dan kota-kota terdekat, kata Humaida. Cuaca mendung menaungi puncak pada Senin pagi. Gunung Merapi adalah yang paling aktif dari lebih dari 120 gunung berapi aktif di Indonesia dan baru-baru ini meletus kembali dengan awan vulkanik dan gas. Indonesia, negara kepulauan berpenduduk 270 juta orang, rentan terhadap gempa bumi dan aktivitas vulkanik karena terletak di “Cincin Api” Pasifik.

READ  Proyek biodiesel B40 Indonesia menghadapi penundaan baru karena harga sawit

Penafian: Cerita ini secara otomatis dibuat dari Syndicate Feed; Hanya gambar dan judul yang mungkin telah didesain ulang www.republicworld.com)