Oktober 5, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Invasi Rusia ke Ukraina untuk meningkatkan tekanan pada pasokan chip Amerika

Invasi Rusia ke Ukraina untuk meningkatkan tekanan pada pasokan chip Amerika

Slide dibuat oleh Perusahaan Manufaktur Semikonduktor Taiwan

TSMC

Rusia Invasi Ukraina Ini lebih lanjut dapat membebani pasokan chip semikonduktor yang telah menyebabkan gangguan pada produksi global untuk perusahaan teknologi dan pembuat mobil selama lebih dari setahun.

Rusia dan Ukraina adalah pemasok penting gas neon dan paladium, yang digunakan untuk memproduksi wafer semikonduktor, menurut para pejabat.

Pasokan neon AS, yang digunakan dalam proses litografi untuk memproduksi chip, hampir seluruhnya berasal dari Ukraina dan Rusia, menurut Techcet, perusahaan riset pasar yang berbasis di California yang mengkhususkan diri dalam bahan dan komponen rantai pasokan penting.

Rusia memproduksi gas neon, produk sampingan dari pembuatan baja, yang kemudian diperoleh dan dimurnikan oleh perusahaan khusus Ukraina, menurut Techcet. Harga neon naik 600% terakhir kali Rusia menginvasi Ukraina pada 2014.

Rusia juga merupakan pemasok utama paladium, bersama dengan Afrika Selatan, menyediakan sekitar 33% dari permintaan global, menurut Technet. Untuk industri otomotif, paladium juga merupakan logam utama yang digunakan dalam catalytic converter. Harga paladium melonjak lebih dari 7% pada hari Kamis sebagai bagian dari a Peningkatan signifikan pada logam mulia.

Menjelang invasi pada hari Kamis, CEO dan Presiden Technet Lita Shon-Roy mengatakan bahwa jika situasinya meningkat dan Amerika Serikat memberlakukan lebih banyak sanksi terhadap Rusia, pasokan neon akan “segera terpengaruh.”

Gedung Putih awal bulan ini memperingatkan pemasok chip untuk mendiversifikasi rantai pasokan mereka jika Rusia membalas pembatasan ekspor AS dengan memblokir akses ke bahan-bahan utama, Reuters melaporkan.

“Sebagian dari itu bekerja dengan perusahaan untuk memastikan bahwa jika Rusia mengambil tindakan yang mengganggu rantai pasokan, perusahaan siap untuk gangguan,” kata seorang pejabat senior Gedung Putih.

READ  Turki peringatkan agar kapal perang tidak transit dari selatnya Berita tentang krisis Rusia-Ukraina

Kekurangan global chip semikonduktor telah menyebabkan penutupan pabrik yang terputus-putus, terutama mobil, selama sekitar satu tahun terakhir. Pembuat mobil telah memperkirakan krisis pasokan secara bertahap mereda sepanjang tahun ini.

Asal mula kelangkaan itu kembali ke awal 2020 ketika Covid menyebabkan penutupan stasiun pengumpulan kendaraan. Dengan penutupan fasilitas, pemasok chip telah mengalihkan suku cadang ke sektor lain seperti elektronik konsumen, yang diperkirakan tidak akan terkena pesanan tinggal di rumah.