Juli 21, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Inti P dan E baru, grafis Xe2-LPG, dan NPU 4 baru menghadirkan kinerja AI yang lebih baik

Inti P dan E baru, grafis Xe2-LPG, dan NPU 4 baru menghadirkan kinerja AI yang lebih baik

Intel pagi ini mengungkap beberapa detail arsitektur dan teknis yang lebih baik tentang SoC Lunar Lake yang akan datang — chip yang akan menjadi prosesor seluler Core Ultra generasi berikutnya. Sekali lagi, Intel mengadakan salah satu acara Tur Teknologi yang semakin rutin bagi media dan analis, dan kali ini Intel mendirikan tokonya di Taipei tepat sebelum dimulainya Computex 2024. Selama Tech Tour, Intel mengungkapkan beberapa aspek Lunar Lake, termasuk P. Desain dasarnya diberi nama kode Teluk Singa Dan gelombang inti elektron baru yang mirip dengan inti elektron Danau Meteor berenergi rendah yang dipelopori. Intel NPU 4 juga diluncurkan, yang diklaim Intel memberikan hingga 48 TOPS, melebihi persyaratan Microsoft Copilot+ untuk era baru PC berkemampuan AI.

Lunar Lake dari Intel mewakili evolusi strategis dalam portofolio SoC selulernya, berdasarkan peluncuran Meteor Lake tahun lalu, dengan fokus pada peningkatan efisiensi daya dan peningkatan kinerja secara menyeluruh. Lunar Lake secara dinamis mengalokasikan tugas ke inti yang efisien (E-core) atau inti kinerja (P-core) berdasarkan kebutuhan beban kerja dengan memanfaatkan mekanisme penjadwalan tingkat lanjut, yang diatur untuk memastikan penggunaan daya dan kinerja yang optimal. Namun, sekali lagi, Intel Thread Director, bersama dengan Windows 11, memainkan peran penting dalam proses ini, mengarahkan penjadwal sistem operasi untuk melakukan penyesuaian real-time yang menyeimbangkan efisiensi dengan daya komputasi bergantung pada tingkat keparahan beban kerja.

Generasi arsitektur CPU Intel
Danau Alder/Raptor meteor
danau
bulan
danau
Anak panah
danau
Harimau
danau
Arsitektur P-Core teluk emas/
Teluk Raptor
Teluk Redwood Teluk Singa Teluk Singa Teluk Cougar?
Arsitektur elektronik dasar Gracemont Crestmont Skymont Crestmont? Darkmont?
Arsitektur unit pemrosesan grafis XE-LP XE-LPG Xe2 XE2? ?
Arsitektur NPU Tidak ada apa-apa NBU 3720 Persatuan nasional 4 ? ?
Ubin aktif 1 (homogen) 4 2 4? ?
Proses manufaktur Intel 7 Intel 4 + TSMC N6 + TSMC N5 TSMC N3B + TSMC N6 Intel 20A + lebih banyak lagi Intel 18A
mengiris Seluler + desktop Bergerak LB Ponsel HP Seluler + Desktop Bergerak?
Tanggal rilis (OEM) Kuartal keempat tahun 2021 Kuartal keempat tahun 2023 Kuartal ketiga tahun 2024 Kuartal keempat tahun 2024 2025
READ  Orang dalam mengatakan poros layanan langsung PlayStation mungkin tidak berjalan dengan baik

Lunar Lake: Dirancang oleh Intel, dibuat oleh TSMC

Meskipun ada banyak aspek dari Lunar Lake yang dapat Anda selami, mungkin yang terbaik adalah memulai dengan hal yang paling penting: siapa yang membangunnya.

Ubin Intel Lunar Lake tidak dibuat menggunakan fasilitas pengecorannya sendiri – sangat berbeda dengan pendahulunya dalam sejarah, dan bahkan Meteor Lake modern, yang ubin komputasinya dibuat menggunakan proses Intel 4. Sebaliknya, kedua ubin Lunar Lake dibuat terpisah di TSMC , menggunakan kombinasi proses N3B dan N6 TSMC. Pada tahun 2021, Intel telah berupaya mengosongkan tumpukan desain chipnya untuk menggunakan pengecoran terbaik — baik internal maupun eksternal — dan hal ini paling jelas terlihat di sini.

Secara keseluruhan, Lunar Lake mewakili generasi kedua arsitektur SoC yang dipesan lebih dahulu untuk pasar seluler, menggantikan arsitektur Meteor Lake di pasar kelas bawah. Saat ini, Intel mengungkapkan bahwa mereka menggunakan desain 4P+4E (8 inti), dengan Multi-Threading/SMT dinonaktifkan, sehingga jumlah total thread yang didukung oleh prosesor hanyalah jumlah inti CPU, misalnya 4P+ 4E /8 T.

Pembuatan Lunar Lake menggabungkan kolaborasi sinergis antara tim desain arsitektur Intel dan proses manufaktur kontrak TSMC untuk menghadirkan inti Lion Cove P terbaru ke Lunar Lake, meningkatkan IPC arsitektur Intel seperti yang Anda harapkan dari generasi baru. Pada saat yang sama, Intel juga menawarkan inti Skymont E, yang menggantikan inti inti E-core Cresmont Pulau Berdaya Rendah Meteor Lake. Namun, perlu dicatat bahwa E-core ini tidak terhubung ke ring bus seperti P-core, menjadikannya jenis LP E-core hybrid, yang menggabungkan peningkatan efisiensi dari node TSMC N3B yang lebih canggih dengan double- peningkatan digit di IPC dibandingkan dengan core Crestmont sebelumnya.

Seluruh papan komputasi, termasuk inti P dan E, dibuat di node N3B TSMC, sedangkan papan SoC dibuat menggunakan node N6 TSMC.

Pada tingkat yang lebih tinggi, Intel sekali lagi menggunakan teknologi pengemasan Foveros di sini. Baik papan komputasi maupun papan SoC (sekarang “pengontrol platform”) ditempatkan di atas papan inti, menyediakan perutean berkecepatan tinggi/daya rendah antar ubin, dan lebih banyak konektivitas ke seluruh chip dan seterusnya.

READ  MacBook Air 15 inci dengan penyimpanan 256 GB memiliki kecepatan SSD yang lebih lambat daripada model berkapasitas lebih tinggi

Yang pertama untuk produk Intel Core mainstream, SoC Lunar Lake juga menyertakan memori LPDDR5X hingga 32 GB pada paket chip yang sama. Ini disusun sebagai sepasang chip memori 64-bit, menyediakan antarmuka memori total 128 bit. Seperti vendor lain yang menggunakan memori dalam paket, perubahan ini berarti pengguna tidak dapat meningkatkan DRAM sesuka hati, dan konfigurasi memori untuk Lunar Lake pada akhirnya akan ditentukan oleh SKU yang dipilih Intel untuk dikirimkan.

Dengan Lunar Lake, Intel juga memberikan fokus yang kuat pada AI, karena arsitekturnya mengintegrasikan NPU baru yang disebut NPU 4. NPU ini memiliki rating kinerja INT8 hingga 48 TOPS, menjadikannya PC yang siap untuk Microsoft Copilot+ AI. Ini adalah tujuan yang dibidik oleh semua vendor SoC PC, termasuk AMD dan Qualcomm juga.

GPU terintegrasi Intel juga akan menjadi pemain yang berkontribusi di sini. Meskipun mesinnya tidak seefisien NPU khusus, Arc Xe2-LPG menghadirkan puluhan kinerja T(FL)OPS ekstra, dan beberapa fleksibilitas ekstra yang tidak dimiliki NPU. Itu sebabnya Anda juga akan melihat peringkat Intel atas kinerja chip ini dalam hal total tayangan platform — dalam hal ini, 120 TOPS.

Kolaborasi Intel dengan Microsoft meningkatkan manajemen beban kerja melalui Intel Thread Director yang legendaris, yang dioptimalkan untuk aplikasi seperti Copilot Assistant. Mengingat waktu peluncuran Lunar Lake, hal ini membuka jalan bagi peluncurannya pada Q3 2024, yang bertepatan dengan pasar liburan tahun 2024.

Intel Lunar Lake: Pembaruan Intel Series Manager dan peningkatan manajemen daya

Mengatakan bahwa efisiensi energi adalah tujuan utama Lunar Lake adalah sebuah pernyataan yang meremehkan. Meskipun Intel memiliki posisi tinggi di pasar CPU laptop (pangsa AMD masih hanya sebagian kecil), perusahaan telah merasakan tekanan selama beberapa tahun terakhir dari pelanggan Apple, yang merupakan seri M milik Apple. silikon telah menetapkan standar efisiensi energi selama beberapa tahun terakhir. Sekarang Qualcomm mencoba melakukan hal yang sama untuk ekosistem Windows dengan Snapdragon yang akan datang

Pembaruan pengelola thread dan manajemen daya Intel untuk Lunar Lake menunjukkan berbagai peningkatan signifikan dibandingkan Meteor Lake. Manajer thread menggunakan kebijakan penjadwalan heterogen, awalnya menugaskan tugas ke satu E-core dan memperluas ke E-core atau P-core lain bila diperlukan. Zona penahanan OS dirancang untuk membatasi tugas pada inti tertentu, yang secara langsung meningkatkan efisiensi daya dan memberikan kinerja yang dibutuhkan kernel yang tepat untuk beban kerja yang ada. Integrasi dengan sistem manajemen daya dan kuartet chip Power Management Controllers (PMC), berkoordinasi dengan Windows 11, memungkinkan penyesuaian berdasarkan konteks, memastikan kinerja optimal dengan penggunaan dan pemborosan daya minimal.

READ  Game role-playing fantasi yang akan datang dari Hitman Developer bisa menjadi eksklusif Xbox

Strategi penjadwalan Lunar Lake secara efisien menangani aplikasi yang sensitif terhadap daya. Salah satu contoh yang diberikan oleh Intel adalah tugas konferensi video tetap berada dalam inti efisiensi, menggunakan inti elektronik untuk menjaga kinerja sekaligus mengurangi konsumsi daya hingga 35%, seperti yang ditunjukkan dalam data yang disediakan oleh Intel. Peningkatan ini dicapai melalui kolaborasi dengan pengembang sistem operasi seperti Microsoft untuk integrasi tanpa batas guna mencapai keseimbangan terbaik antara konsumsi daya dan kinerja.

Berfokus pada sistem manajemen daya untuk Lunar Lake, Intel menggunakan manajemen dayanya sendiri pada SoC, yang beroperasi dalam mode efisiensi, keseimbangan, dan kinerja yang dirancang khusus untuk beradaptasi dengan tuntutan beban kerja apa pun saat runtime. Pendekatan berlapis-lapis ini memungkinkan SoC Lunar Lake beroperasi secara efisien. Sekali lagi, seperti halnya Intel Thread Director, PMC dapat menyeimbangkan penggunaan daya dengan kebutuhan kinerja.

Intel juga berencana untuk meningkatkan Thread Manager dengan meningkatkan granularitas skenario, menerapkan petunjuk penjadwalan berbasis AI, dan mengaktifkan penjadwalan over-IP dalam Windows 11. Peningkatan ini pada dasarnya setara dengan manajemen beban kerja yang dirancang untuk meningkatkan efisiensi daya secara keseluruhan dan memberikan kinerja di berbagai aplikasi saat mereka dibutuhkan Tanpa membuang anggaran daya dengan mengalokasikan tugas yang lebih ringan ke inti P yang berdaya lebih tinggi.

Dalam beberapa halaman berikutnya, kita akan menjelajahi inti P dan E baru serta pembaruan Intel untuk grafis terintegrasi Arc Xe (Xe2-LPG).