Maret 3, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Influencer kesehatan telah memicu misinformasi tentang pandemi ini.  Kini mereka tengah mengincar konspirasi besar lainnya

Influencer kesehatan telah memicu misinformasi tentang pandemi ini. Kini mereka tengah mengincar konspirasi besar lainnya



CNN

Kapan Kebakaran hutan terjadi di wilayah Maui di Hawaii Agustus lalu, dampaknya sangat buruk: seluruh kota hancur menjadi abu, dan lebih dari 100 orang hilang. Dia menggambarkan kebakaran tersebut sebagai “bencana alam terbesar dalam sejarah negara bagian tersebut.”

Namun beberapa orang di Instagram menyarankan, tanpa bukti, Ada sesuatu yang lebih jahat yang sedang terjadi.

Influencer kesehatan @truth_crunchy_mama meminta 37.000 pengikutnya untuk “berhenti menyalahkan alam atas hal-hal yang telah disebabkan oleh pemerintah.” Dia mengatakan di postingan lain bahwa mereka “akan terus memicu kebakaran hutan sampai kita semua tunduk pada agenda perubahan iklim mereka.”

Influencer kesehatan @drmercola menyarankan kepada 504.000 pengikutnya apakah mungkin kebakaran tersebut sengaja dilakukan, sementara media berfokus pada perubahan iklim, untuk “memfasilitasi perampasan lahan” untuk menjadikan wilayah tersebut “kota Pintar” – Mengacu pada gagasan desain perkotaan yang berfokus pada teknologi.

Seorang influencer parenting alami, yang halaman Instagramnya dipenuhi dengan foto-foto fokus lembut dengan latar belakang warna pastel yang cantik, menyimpulkan kepada komunitasnya yang berjumlah 76.000 orang bahwa kebakaran hutan di Hawaii dimulai oleh “senjata energi terarah” – sistem yang menggunakan energi seperti laser.

Semua label ini merupakan pemberi pengaruh kesehatan – sebuah istilah umum yang didefinisikan secara longgar untuk berbagai bidang termasuk yoga, gaya hidup, kebugaran, kesehatan alternatif, dan spiritualitas zaman baru.

Sementara teori konspirasi menyebar tentang kebakaran hutan di Hawaii Secara online pada tahun lalu, mungkin tampak mengejutkan bahwa hal ini juga telah dieksploitasi oleh sebagian komunitas kesehatan.

Namun selama bertahun-tahun telah terjadi perpaduan antara kesehatan, misinformasi, dan konspirasi, dengan sekelompok influencer yang menggunakan latar belakang postingan berwarna pastel yang estetis untuk menyebarkan pesan-pesan yang lebih gelap, merangkai teori konspirasi yang meresahkan dengan seruan agar pengguna membeli suplemen mereka. Atau layanan.

Fenomena ini meledak selama pandemi, ketika sentimen anti-vaksin mengambil alih sebagian besar komunitas kesehatan. Ketika perhatian terhadap pandemi ini berkurang, para ahli mengatakan beberapa influencer kesehatan memanfaatkan perubahan iklim untuk memotivasi para pengikutnya.

Apa yang mereka khawatirkan adalah para influencer ini – beberapa di antaranya memiliki ratusan ribu pengikut – memaparkan banyak informasi yang salah dan berita palsu kepada audiens baru dan lebih muda. Dan melemahkan upaya untuk mengatasi krisis iklim.

Patrick T. Fallon/AFP/Getty Images

Foto udara menunjukkan rumah dan bangunan yang hancur akibat kebakaran hutan di Lahaina, Hawaii pada 10 Agustus 2023. Kebakaran tersebut telah menjadi fokus konspirasi online dan misinformasi.

Cecile Simons, seorang guru yoga terlatih, terkejut ketika banyak akun kesehatan yang dia ikuti mulai memposting tentang perubahan iklim. “Ini baru saja muncul di feed saya, dan saya pikir ini menarik, dan sekarang setelah virus corona berakhir, mereka melakukan diversifikasi narasinya,” katanya kepada CNN.

Simons, yang juga peneliti di Institute for Strategic Dialogue, sebuah lembaga pemikir berbasis di Inggris yang berfokus pada disinformasi, mulai melakukan penelitian. Saya melihat lebih dari 150 akun kesehatan, yang sebagian besar memiliki antara 10.000 dan 100.000 pengikut. Semuanya menawarkan nasihat kesehatan, menjual produk terkait, dan mempromosikan beberapa bentuk informasi yang salah.

READ  Direktur game Destiny 2 mengundurkan diri setelah rilis skin terakhir

Klaim yang dikemukakan Simons sangat luas dan beragam, mulai dari penolakan iklim hingga upaya untuk melakukan hal tersebut Merusak solusi iklim Dengan menggambarkan mereka sebagai bagian dari konspirasi global untuk mengendalikan.

Beberapa pihak berfokus pada peristiwa cuaca ekstrem yang mematikan, dengan mengatakan bahwa hal tersebut diatur oleh pemerintah, atau bahwa kekuatan global yang jahat berupaya mengubah cuaca. Pihak lain menyatakan bahwa kebijakan iklim adalah a Konspirasi untuk mengendalikan kehidupan masyarakatTubuh dan pola makan. Sebagian kecil narasi New Age menegaskan bahwa perubahan iklim adalah akibat dari terputusnya hubungan dengan kekuatan-kekuatan di alam semesta.

Menolak tindakan iklim mungkin tampak berlawanan dengan intuisi bagi para pemberi pengaruh di bidang kesehatan, yang sering kali berfokus pada atau memanfaatkan alam. Visi pedesaan di masa lalu. Namun ketika Anda memiliki wawasan tentang dunia itu, maka dunia itu akan terlacak, kata Simons.

Ada benang merah individualisme yang kuat dalam laporan kesehatan masyarakat, serta ketidakpercayaan yang mendalam terhadap pihak berwenang. “Mereka menekankan solusi individu terhadap masalah kolektif, dan mempromosikan kesehatan sebagai respons terhadap kecemasan terhadap perubahan iklim,” katanya.

Banyak dari para influencer ini menyatakan bahwa mereka hanya mengatakan kebenaran kepada pihak yang berkuasa. Ini adalah subjek dari @truth_crunchy_mama, yang menyebut dirinya “truth-crunchy”. Orang yang menjalankan akun tersebut tidak menanggapi permintaan komentar CNN.

Bahkan ada yang mengatakan mereka menerima krisis iklim yang disebabkan oleh manusia.

“Manusia benar-benar berdampak terhadap lingkungan dan iklim,” kata Joseph Mercola, pemilik akun Instagram @drmercola, kepada CNN. Ketika ditanya mengenai komentarnya mengenai kebakaran hutan di Hawaii, dia mengatakan bahwa dia menerima konsensus bahwa kondisi kering dan angin kencanglah yang memicu kebakaran. Dia menambahkan: “Tidak pernah dinyatakan bahwa hal itu memang disengaja, meskipun beberapa orang berspekulasi bahwa ini adalah suatu kemungkinan.”

Publikasi iklimnya sering diutarakan seperti ini, tidak membuat klaim pasti melainkan mengajukan pertanyaan seperti: Apakah gagasan memakan serangga “bagian dari agenda hijau” para globalis? Atau diikuti dengan postingan tamu yang merujuk pada “perang melawan perubahan iklim”. “Aturan permainan yang sama digunakan oleh individu jahat yang mendambakan kekuasaan total atas warga negara.”

Industri kesehatan, tergantung bagaimana Anda mendefinisikannya, bernilai antara beberapa miliar hingga triliun dolar – $5,6 triliunmenurut laporan terbaru dari kelompok industri The Global Wellness Institute.

Puluhan tahun telah berlalu. Inkarnasi modernnya dimulai pada akhir tahun 1950-an, kata Stephanie Alice Baker, peneliti budaya kesehatan dan kebugaran di City University di Inggris. Dokter Amerika Halbert L. Dan dalam menyebarkan gagasan bahwa kesehatan lebih dari sekedar tidak adanya penyakit; Sebaliknya, “kesehatan puncak” juga berarti menemukan tujuan dan makna.

READ  Acak: YouTuber menghabiskan hampir $23rb untuk membeli setiap game 3D dan Wii U eShop

Gerakan ini mendapatkan momentumnya pada tahun 1970an, dan kemudian dengan adanya Internet, muncullah wirausahawan dan influencer. Kesehatan sekarang berarti hampir segalanya, namun pada intinya, kata Becker, ini adalah tentang gagasan individualisme, pencerahan diri, dan ketidakpercayaan terhadap institusi – sebuah tempat berkembang biak yang hampir sempurna bagi berkembangnya teori konspirasi.

“Saya rasa masyarakat belum menyadari betapa berbahayanya retorika di bidang kesehatan hingga pandemi ini terjadi,” kata Derek Beres, salah satu pembawa acara podcast Conspirituality, yang mengeksplorasi benturan antara teori kesehatan dan teori konspirasi. Seorang peneliti, Marc-Andre Argentino, menciptakan istilah “pastel”. QAnon“, untuk menggambarkan estetika lembut dan menyenangkan yang digunakan beberapa influencer untuk menyebarkan pandangan konspirasi mereka terhadap dunia.

Pemikiran konspirasi seperti itu “biasanya muncul pada saat terjadi kekacauan budaya atau tragedi,” kata Peres kepada CNN. COVID-19 telah memberikan salah satu titik perubahan tersebut, dan perubahan iklim kini memberikan titik perubahan lainnya.

Para influencer mendambakan relevansi, dan “perubahan iklim adalah isu besar dan relevan yang selalu muncul dalam berita,” kata Calum Hood, kepala penelitian di Center for Countering Digital Hate.

Ini adalah lompatan ideologis singkat dari konspirasi vaksin ke konspirasi iklim: Jika mereka yakin bahwa jika pemerintah salah dalam hal kesehatan, maka mereka juga berbohong kepada Anda tentang perubahan iklim, kata Hood kepada CNN.

Banyak influencer kesehatan kini diharapkan menawarkan serangkaian keyakinan yang ingin didengar masyarakat, kata Tim Caulfield, pakar misinformasi dan profesor hukum dan kebijakan kesehatan di Universitas Alberta. “Menjadi anti-perubahan iklim menjadi bagian dari tim itu” dan sebuah cara untuk “memotivasi audiens Anda,” tambahnya.

Gambar Spencer Platt/Getty

Beberapa influencer kesehatan memaparkan banyak informasi yang salah tentang iklim kepada khalayak muda.

Tampaknya mudah untuk mengabaikan subbagian pemberi pengaruh kesehatan ini, namun hubungan yang mereka ciptakan dengan pengikutnya sangat kuat.

Mereka sangat baik dalam menciptakan keintiman, kata Baker, karena mereka fokus pada tubuh manusia dan pengalaman langsung terhadap dunia. Ini membentuk hubungan parasosial – atau sepihak – yang kuat di mana pengikut percaya bahwa mereka memiliki hubungan pribadi dengan pemberi pengaruh. Ia menambahkan bahwa banyak di antara mereka yang menunjukkan keaslian dan menampilkan diri mereka sebagai orang yang berada di luar sistem, dan mampu mengungkapkan kebenaran kepada pihak yang berkuasa.

Daya tarik pesan konspirasi mereka sangat jelas, terutama mengingat isu yang kompleks seperti perubahan iklim. Ini adalah obat untuk kecemasan dan kesempatan untuk mendapatkan kembali kekuatan. “Setelah Anda menemukan teori konspirasi, semuanya berantakan, dan segalanya menjadi disederhanakan. Ada orang jahat yang berbohong kepada Anda,” kata Hood dari CCDH.

Kemarahan memicu keterlibatan, namun bagaimana hal ini menghasilkan dampak nyata masih sulit untuk ditentukan.

READ  Valheim Devs saat ini tidak memiliki rencana untuk merilisnya di PlayStation

Namun, banyak ahli meyakini ada dampak yang signifikan. Caulfield mengatakan misinformasi iklim mempunyai “dampak besar” terhadap keyakinan masyarakat dan normalisasi pandangan pinggiran. Itu tidak hanya melakukan itu Hal ini melemahkan solusi iklim, mendepolitisasi masyarakat, dan menyebarkan ketidakpercayaan terhadap kebijakan iklim.

Para ahli mengatakan hal ini sangat mengkhawatirkan karena memungkinkan misinformasi iklim menjangkau khalayak baru. Termasuk generasi muda yang mungkin mendukung tindakan terhadap perubahan iklim.

Maria Wellman, asisten profesor dan pakar kesehatan di Universitas Illinois di Chicago, mengatakan penelitian menunjukkan bahwa generasi muda mendapatkan sebagian besar berita dari platform seperti Instagram.

“Jika satu-satunya berita yang mereka konsumsi berasal dari influencer kesehatan yang membagikan informasi yang salah tentang perubahan iklim, mereka mungkin tidak akan pernah menyadari bahwa informasi yang diberikan kepada mereka tidak akurat,” kata Wellman kepada CNN.

Pandangan ekstrem dapat memberikan influencer klik yang lebih tinggi, audiens yang lebih besar, dan merek yang lebih menguntungkan, sehingga insentifnya jelas untuk condong ke arah ideologi tersebut, kata Caulfield. “Hal yang menyedihkan adalah semakin banyak hal yang dibicarakan tentang ideologi, semakin sulit mengubah pikiran masyarakat, karena ini tentang menjadi bagian dari sebuah komunitas.”

Namun, ada strategi untuk melawan misinformasi. Caulfield mengatakan penting untuk melakukan hal ini dengan cara yang penuh hormat dan konstruktif, bahkan ketika hal ini datang dari orang-orang berpengaruh yang mungkin dianggap “sepele” oleh sebagian orang. Dia menambahkan bahwa “informasi awal” juga dapat membantu – keluar sebelum informasi yang salah, dan Mendidik masyarakat tentang taktik yang digunakan untuk mendorongnya.

Bagi yang lain, fokusnya lebih pada platform lain yang menampung para influencer ini. Hood menyerukan kejelasan lebih lanjut mengenai kebijakan iklim, dan langkah-langkah termasuk pelarangan amplifikasi dan monetisasi konten yang jelas-jelas bertentangan dengan ilmu pengetahuan iklim.

Ia juga meminta regulator untuk mencermati produk dan layanan yang dijual di Instagram dan platform lainnya. “Itu adalah Wild West,” katanya.

Meta, pemilik Instagram, menolak berkomentar. Perusahaan ini memiliki kebijakan untuk melawan misinformasi, termasuk tim pemeriksa fakta internasional yang mengevaluasi konten ilmu pengetahuan iklim. Ketika mereka memberi label postingan sebagai palsu, mereka… Hal ini dapat mengurangi distribusi dan menambahkan label peringatanAkun yang berulang kali melakukan penyalahgunaan dapat kehilangan kemampuan untuk beriklan atau menghasilkan pendapatan.

Namun bagi para ahli seperti Hood, upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah yang memiliki konsekuensi yang meresahkan ini belumlah cukup.

Ketika krisis iklim terus memicu kejadian cuaca ekstrem yang lebih sering dan lebih intens, hal ini menciptakan kondisi sempurna bagi berkembangnya penolakan iklim dan informasi yang salah di seluruh bagian komunitas kesehatan.

“Sisi gelap dari kesehatan selalu ada. Kita telah melihatnya sekarang,” kata Simons.