April 24, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Indonesia telah menetapkan target pariwisata yang ambisius pada tahun 2024 dengan Bali sebagai daya tarik utamanya

Indonesia telah menetapkan target pariwisata yang ambisius pada tahun 2024 dengan Bali sebagai daya tarik utamanya

Indonesia menargetkan 14 juta wisatawan pada tahun 2024, dengan fokus di Bali, menekankan wisata ramah lingkungan dan atraksi kuliner untuk meningkatkan daya tarik wisata global.

Pada tahun 2023, Indonesia Negara ini bersiap menghadapi tahun penting pada tahun 2024, dengan pariwisata sebagai agenda utama perekonomiannya. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dipimpin oleh Menteri Sandiaga UnoMereka telah menetapkan tujuan ambisius untuk meningkatkan status Indonesia sebagai destinasi utama global, dengan menekankan peran Bali pada khususnya.

Bali: Mahkota Pariwisata Indonesia

Bali, tujuan liburan terpopuler di Indonesia, melebihi ekspektasi wisatawan. Pada tahun 2023, Bali menargetkan menyambut 4,5 juta wisatawan internasional, target yang dicapai pada bulan Oktober, yang menunjukkan pemulihan yang kuat pasca-Covid-19. Kinerja pulau ini yang mengesankan, termasuk menyambut lebih dari satu juta wisatawan selama periode Natal dan Tahun Baru 2022, menjadikannya pemain kunci dalam strategi pariwisata Indonesia pada tahun 2024.

Tujuan nasional dan daya tarik global

Untuk melanjutkan keberhasilan ini, Menteri Sandiaga Uno telah mengumumkan target nasional sebesar 14 juta wisatawan asing pada tahun 2024, sebuah perkiraan optimis yang didukung oleh tren peningkatan negara saat ini. Pada tahun 2023, Indonesia akan kedatangan 11 juta wisatawan asing, melampaui target awal sebesar 8,5 juta. Australia merupakan sumber wisatawan yang signifikan ke Bali, dengan 122.000 pengunjung Australia tercatat pada bulan Oktober saja.

Fokus pada pariwisata ramah lingkungan

Menyongsong tahun 2024, strategi Menteri Uno menempatkan fokus yang signifikan pada pariwisata ramah lingkungan, mempromosikan perjalanan berkelanjutan yang menyeimbangkan perlindungan lingkungan dengan pertumbuhan ekonomi. Inisiatif ini akan mencakup Nirup Island Batam, Boyotomo Bintan dan Lagoi Resort Bintan di Kepulauan Riau.

READ  Semifinal Bulu Tangkis Pasangan Indonesia Tokyo Games - Olahraga
Kepulauan Riau: Pintu gerbang utama

Kepulauan Riau, khususnya Kota Batam, telah muncul sebagai pintu masuk penting bagi wisatawan internasional. Pada tahun 2023, 1,5 juta dari total 11 juta pengunjung internasional memasuki Indonesia melalui Kepulauan Riau, hal ini menunjukkan pentingnya pulau-pulau tersebut secara strategis. Menteri Uno menargetkan menarik 3 juta wisatawan asing ke Kepulauan Riau pada tahun 2024, menyamai tingkat sebelum pandemi.

Wisata Kuliner: Nilai Jual Yang Unik

Sektor kuliner, khususnya di Batam, merupakan daya tarik yang signifikan bagi pengunjung internasional, dengan pertumbuhan hampir lima persen dan transaksi sebesar Rp600 miliar (sekitar US$38,7 juta). Visi Menteri pada tahun 2024 antara lain mempromosikan warisan kuliner Indonesia yang beragam untuk meningkatkan jumlah wisatawan.

Gambaran luas pariwisata Indonesia

Saat Indonesia bersiap menghadapi pemilihan umum pada bulan Februari 2024, pariwisata siap memainkan peran penting dalam pertumbuhan ekonomi negara. Dengan pendekatan holistik yang mencakup infrastruktur canggih, beragam pengalaman, dan komitmen terhadap pariwisata berkelanjutan, Indonesia siap memperkuat posisinya sebagai destinasi wisata global terkemuka. Target 16 juta kunjungan wisatawan mancanegara pada tahun 2024 mencerminkan kepercayaan negara tersebut terhadap daya tarik dan kesediaannya untuk menyambut wisatawan dari seluruh dunia.

Indonesia, dengan Bali sebagai pemimpinnya, berada pada jalur yang tepat untuk mendefinisikan kembali lanskap pariwisatanya pada tahun 2024. Fokus pada praktik berkelanjutan dan penekanan pada atraksi kuliner, serta pengembangan wilayah utama seperti Kepulauan Riau, memposisikan Indonesia sebagai negara yang dinamis. dan tujuan perjalanan yang bertanggung jawab. Ketika dunia pascapandemi semakin terbuka, kombinasi keindahan alam, kekayaan budaya, dan strategi pariwisata inovatif Indonesia menjadikannya destinasi yang wajib dikunjungi oleh wisatawan global pada tahun 2024.

READ  Society Boss' (NASDAQ: SOPA) Grup Media Bijaksana Memperkenalkan Ekonomi Kreator ke Pasar Indonesia


Theodore adalah salah satu pendiri dan redaktur pelaksana TravelDailyNews Media Network; Tanggung jawabnya meliputi pengembangan bisnis dan perencanaan peluang jangka panjang TravelDailyNews.