Juli 19, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Presiden terpilih Indonesia berencana meningkatkan utang secara drastis, kata penasihat utamanya

Presiden terpilih Indonesia berencana meningkatkan utang secara drastis, kata penasihat utamanya

Buka Intisari Editor secara gratis

Presiden baru Indonesia, Prabowo Subianto, akan membiarkan utang nasional meningkat hingga 50 persen dari produk domestik bruto (PDB) untuk membiayai rencana belanja ambisiusnya, kata seorang penasihat dekatnya, karena pemerintah dapat meningkatkan pendapatan pajak.

Kakak laki-laki Prabowo dan seorang pengusaha terkemuka, Hashim Jojohadikusumo, mengatakan kepada Financial Times bahwa jika rasio utang terhadap PDB naik menjadi 50 persen dari 39 persen saat ini, Indonesia masih dapat mempertahankan peringkat peringkat investasinya.

“Idenya adalah untuk meningkatkan pendapatan dan meningkatkan tingkat utang,” kata Hashim di London. “Saya sudah bicara dengan Bank Dunia dan menurut mereka 50 persen itu masuk akal.” Menurut hukum Indonesia, rasio utang terhadap PDB Indonesia tidak boleh melebihi 60 persen.

“Kami tidak ingin menaikkan tingkat utang tanpa meningkatkan pendapatan,” Hashim menambahkan, menunjuk pada “pajak, bea cukai, royalti dari pertambangan dan bea masuk.”

Rencana peminjaman yang dilakukan pemerintahan Prabowo menandai perubahan besar dari pendirian fiskal konservatif Presiden Joko Widodo, yang menjadikan Indonesia sebagai pusat komoditas.

Hashim, salah satu penasihat terdekat Prabowo, akan memainkan peran berpengaruh ketika pemerintahan baru mulai menjabat pada bulan Oktober. Komentarnya merupakan konfirmasi resmi pertama mengenai rencana pinjaman lebih banyak dan muncul beberapa hari setelah penasihat lainnya menolak target 50 persen, yang pertama kali dilaporkan oleh Bloomberg.

Hashim Jojohadikusumo menyampaikan pidato untuk mendukung kampanye pemilu saudaranya pada bulan Februari. Grup Arsari yang diketuainya memiliki kepentingan di bidang pertambangan, pertanian, dan komoditas © Adek Berry/AFP/Getty Images

Para ekonom telah memperingatkan bahwa rasio utang sebesar 50 persen akan mendorong defisit anggaran melampaui batas maksimum yang ditetapkan undang-undang sebesar 3 persen. Hal ini juga dapat membebani rupee, yang telah melemah lebih dari 5 persen terhadap dolar AS pada tahun ini.

READ  Orang Terkaya Indonesia (23 April 2023)

Bank Dunia tidak menanggapi permintaan komentar.

Belanja besar-besaran yang dilakukan Prabowo adalah program makan siang gratis untuk anak-anak sekolah dan ibu hamil, yang menurut perkiraan para pembantunya akan menelan biaya sebesar $28 miliar.

Hashim mengatakan program pangan akan bertindak sebagai “stimulus terhadap perekonomian” dan membantu menambah setidaknya 1,2 poin persentase terhadap PDB. Namun, dia menegaskan rasio utang hanya boleh meningkat jika pendapatan pemerintah juga meningkat. Menurut data IMF, Indonesia merupakan salah satu negara dengan rasio pendapatan terhadap PDB terendah di Asia Tenggara, yaitu sekitar 14 persen.

Dia mengatakan beberapa inisiatif akan mendukung target pertumbuhan tahunan sebesar 8 persen yang dicanangkan oleh Prabowo, termasuk membangun lebih banyak pembangkit listrik, kilang dan perumahan, serta memperluas produksi pangan.

Grafik pajak menurut PDB (%) menunjukkan rendahnya pendapatan pemerintah Indonesia dibandingkan negara-negara lain di kawasan

Prabowo berencana membentuk badan pendapatan negara untuk meningkatkan pengumpulan pajak, meskipun para ekonom memperingatkan bahwa hal itu tidak akan mudah. Ia juga mempertimbangkan untuk mengurangi subsidi dan meningkatkan pendapatan dengan menjual aset pemerintah.

Pada pertemuan dengan perusahaan dan penasihat di Jakarta pada bulan Juni, Hashim mengatakan bahwa pemerintahan Prabowo akan secara bertahap mencapai target utang terhadap PDB sebesar 50 persen, dan menambahkan 2 poin persentase setiap tahunnya selama periode lima tahun. urusan.

Hashim mengatakan kepada FT bahwa peningkatan tingkat utang akan sejalan dengan negara-negara Asia Tenggara. “Kami akan tetap membuat investment grade pada level tersebut,” kata Hashim. Lembaga pemeringkat Moody’s, S&P dan Fitch semuanya memberikan peringkat utang negara Indonesia di atas peringkat investasi sangat rendah. Peningkatan signifikan dalam utang pemerintah akan melemahkan profil utang negara Indonesia, kata Fitch.

Bagan Pajak Utang Bruto Pemerintah Umum, % PDB Rasio utang terhadap PDB Indonesia termasuk yang terendah di kawasan ini

Hashim, yang mempunyai kepentingan di bidang pertambangan, pertanian dan komoditas, sedang berjuang melawan kasus penghindaran pajak di Jenewa, di mana vila-vila milik keluarganya dilelang pada bulan April.

READ  Tim basket Indonesia tengah menggelar sesi latihan perdananya jelang Piala Asia FIBA ​​2025

Hashim dan istrinya, Ani, menghabiskan ratusan juta dolar untuk memberikan dana talangan (bailout) pada bisnis Prabowo dan membiayai kampanye pemilu sebelumnya, dengan alasan bahwa mereka bangkrut. Pengadilan Swiss menolak klaim kebangkrutan tersebut.

Hashim mengatakan kepada FT bahwa dia akan terus memperjuangkan kasus ini. “Bukan saya[going to settle]. . . Saya bertarung dengan Swiss selama 20 tahun dan mereka sangat tidak adil, sangat tidak adil.