September 28, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Indonesia Pamerkan Teknologi Keamanan yang Inovatif – OpenGov Asia

Menanggapi permintaan solusi pertanian perkotaan dalam ruangan, Universitas Nasional Singapura (NUS) secara resmi dibuka Pusat Penelitian Pertanian Perkotaan Berkelanjutan (SUrF) untuk menyatukan beragam keahlian peneliti utama di seluruh universitas untuk mengembangkan solusi berbasis sains dan teknologi baru untuk pertanian perkotaan di negara ini.

“NUS berkomitmen untuk memberikan kontribusi yang signifikan bagi agenda kebijakan pangan Singapura bersama dengan mitra di sektor publik dan industri. “Kami bertujuan untuk membangun program penelitian yang kompetitif secara global dalam pertanian perkotaan berkelanjutan yang menggabungkan solusi pertanian cerdas untuk berbagai pemangku kepentingan,” kata Presiden NUS Profesor Tan Eng Sy.

Tim inti dari domain sains, teknik, dan komputasi membentuk SUrF, yang berfokus pada pertanian perkotaan yang berkelanjutan. Tim peneliti yang berdedikasi ini memiliki pengalaman dalam beragam topik termasuk ilmu tanaman, genetika dan pengeditan gen, mikroorganisme, ilmu pangan, ilmu material dan polimer, teknologi sensor, ilmu data, dan kecerdasan buatan (AI) untuk pertanian dalam ruangan.

Tim akan memulai proyek multidisiplin untuk mengembangkan platform lintas batas yang berkelanjutan guna meningkatkan kinerja tanaman sebelum dan sesudah panen, termasuk hasil panen, profil nutrisi, dan jaminan keamanan.

Sebuah fasilitas baru untuk pusat penelitian, dengan sekitar 200 meter persegi area pertumbuhan tanaman dalam ruangan untuk penelitian, dijadwalkan selesai pada awal 2023.

Akan ada tiga ruang pertumbuhan dan ruang pertumbuhan presisi tambahan di mana parameter lingkungan seperti suhu dan spektrum cahaya dapat diubah untuk mendorong pertumbuhan tanaman yang lebih baik dengan fitonutrien yang ditingkatkan.

Bagian dari peralatan penelitian adalah PlantEye, perangkat fenotip non-destruktif untuk memantau pertumbuhan tanaman dan mencatat kesehatan tanaman, serta beberapa alat analisis untuk mempelajari kandungan nutrisi.

READ  Bank Indonesia menunggu pemulihan ekonomi hingga akhir 2022

Pusat ini akan memiliki akses ke laboratorium mutakhir NUS untuk penelitian genetika molekuler, termasuk penyuntingan gen.

Selanjutnya, penelitian SUrF berfokus pada tiga tahap produksi pangan: sebelum, selama dan setelah produksi. Tujuan dari pusat ini adalah untuk memberikan solusi kepada petani dan bekerja dengan bisnis lokal untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Intervensi pasca panen juga dapat membantu meningkatkan nilai gizi dan keamanan mikroba makanan. Menurut temuan awal, pencahayaan LED tidak hanya menghilangkan organisme pembusuk tetapi juga meningkatkan kualitas nutrisi tanaman hijau.

Langkah tim selanjutnya adalah mengembangkan teknologi pencahayaan LED khusus untuk sayuran hijau yang biasa dikonsumsi di Singapura dan menguji tekniknya dalam situasi ritel.

Selain itu, SURF memiliki 16 peneliti utama dari bidang ilmu biologi, ilmu dan teknologi pangan, teknik biomedis, teknik elektro dan komputer, dan ilmu komputer. Mereka mengawasi sekitar 10 proyek penelitian.

Salah satu proyek ini mencoba mempermudah menanam sayuran hijau di kota. Sebagian besar tanaman yang ditanam di pertanian dalam ruangan tidak cocok untuk lingkungan yang terkendali karena ditanam di lapangan. Hal ini membuat tanaman indoor tidak efektif dan tidak berkelanjutan dengan hasil yang rendah.

Para peneliti sedang mengeksplorasi cara-cara baru untuk membiakkan tanaman, seperti seleksi genetik dan pengeditan gen, untuk menciptakan varietas sayuran berdaun dengan sifat-sifat yang bekerja dengan baik di lingkungan yang terkendali. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas pertanian.

Di sisi lain, tim mengembangkan bio-inokulan bakteri yang membantu tanaman tumbuh. Ini dapat digunakan dalam situasi pertanian yang berbeda ketika menanam tanaman di tanah, gambut atau sabut atau menggunakan sistem hidroponik.

Ini akan membantu tanaman tumbuh lebih baik dan lebih tahan tanpa merusak lingkungan. Selain itu juga dapat mengurangi kebutuhan akan pupuk kimia.

READ  Perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia yang menggabungkan bisnis seluler dan broadband | Pengetahuan pusat data