September 27, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Indonesia memberlakukan biaya masuk US$252 ke Pulau Komodo mulai tahun depan

Indonesia telah menangguhkan biaya masuk ke Pulau Komodo, yang terkenal sebagai rumah bagi kadal raksasa yang dikenal sebagai komodo. Langkah ini menyusul pemogokan oleh operator tur.

Biaya keanggotaan tahunan sebesar 3,75 juta rupiah ($252) akan dikenakan mulai Januari 2023, menurut laporan terbaru. Hal tersebut diumumkan oleh Juru Bicara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Gusti Hendriani belum lama ini. Ia menambahkan, penundaan itu sejalan dengan aspirasi masyarakat.


Menteri Pariwisata Indonesia Sandiaga Uno mengatakan pemogokan dibatalkan setelah pertemuan antara pejabat pemerintah daerah dan pengunjuk rasa. Menurut laporan, turis dan pekerja di Labuan Bajo di Pulau Flores termasuk di antara korban ketika pejabat memberlakukan biaya baru. Komodo, tempat sebagian besar pengunjung tinggal, mengumumkan pemogokan selama sebulan.

Sebelumnya, pengunjung domestik dikenai biaya $5 untuk setiap entri, sedangkan wisatawan asing harus membayar $10, tetapi opsi entri tunggal tidak ditawarkan dengan harga baru.

Jika laporan akan berlalu, pemerintah bertujuan untuk membatasi pengunjung sebagai bagian dari upaya keamanan: Namun, operator tur telah menyerukan pemulihan struktur harga lama, mengatakan sistem biaya baru telah menghambat bisnis mereka dengan banyak calon wisatawan. membatalkan reservasi mereka.

Pulau Komodo adalah tujuan wisata populer di Indonesia, rumah bagi lebih dari 5000 kadal raksasa langka dan terdaftar sebagai salah satu dari 10 tempat teratas di dunia oleh National Geographic.

Pemerintah awalnya berencana untuk membatasi akses ke Pulau Komodo pada tahun 2018 karena pulau itu menarik lebih dari 10.000 pengunjung per bulan.

Juga, Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN) mengatakan tahun lalu bahwa pulau itu semakin terancam oleh dampak perubahan iklim.

  1. Apa yang istimewa dari Pulau Komodo?
    Pulau-pulau vulkanik ini adalah rumah bagi sekitar 5000 kadal raksasa yang penampilan dan perilaku agresifnya telah menyebabkan mereka disebut ‘komodo’, maka Pulau Komodo.
  2. Kapan waktu terbaik untuk mengunjungi Pulau Komodo?
    April hingga Juni adalah waktu terbaik untuk mengunjungi pulau hijau subur ini.
  3. Berapa hari Anda perlu mengunjungi Pulau Komodo?
    Dua hingga tiga hari adalah waktu yang tepat untuk menjelajahi pulau sesuai keinginan Anda.
READ  'Sulit untuk mengikuti produksi karena pasar tumbuh begitu cepat'