Agustus 9, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Indonesia naikkan kuota ekspor kelapa sawit

JAKARTA: Indonesia mengusulkan untuk menaikkan kuota ekspor minyak sawit pada hari Jumat dan sedang mempertimbangkan untuk meningkatkan kadar wajib biodiesel dalam campuran bahan bakar untuk menopang harga bagi petani pada saat stok minyak sawit domestik tinggi, seorang menteri senior mengatakan pada hari Sabtu.

Stok minyak sawit menggelembung dan membatasi tandan buah segar (TBS) dari petani setelah Jakarta menghentikan ekspor minyak sawit mentah dan beberapa turunannya selama tiga minggu mulai 23 Mei dalam upaya untuk menahan kenaikan harga minyak goreng domestik.

Indonesia mengganti larangan tersebut dengan Kewajiban Pasar Domestik (Domestic Market Obligation/DMO), yang mengharuskan perusahaan untuk memasok sebagian dari produksi mereka ke pasar domestik melalui Program Minyak Goreng Total pemerintah, dan menghubungkan volume DMO dengan izin dan kuota ekspor perusahaan. Total volume DMO Juni sekitar 270.000 ton, kata pemerintah.

Menteri Senior Luhut Bandjaitan mengatakan pemerintah akan mengizinkan perusahaan yang menjual minyak sawit di dalam negeri untuk mengekspor tujuh kali lipat dari penjualan domestik saat ini, naik dari lima kali lipat.

“Saya sudah meminta Kementerian Perdagangan untuk meningkatkan faktor perkalian ekspor sebanyak tujuh kali lipat mulai 1 Juli, dengan tujuan utama meningkatkan harga TBS petani secara signifikan,” kata Luhut dalam keterangannya.

Pemerintah mengalokasikan 3,4 juta ton kuota ekspor minyak sawit di bawah “masa transisi” setelah larangan ekspor dan program percepatan ekspor. Namun, GAPKI, kelompok industri kelapa sawit Indonesia, mengatakan ekspor melambat karena kesulitan menemukan kapal.

Luhut mengatakan pemerintah juga akan menerapkan rencana untuk menaikkan tingkat pencampuran biodiesel wajib dari 30 persen saat ini menjadi 35 persen atau 40 persen, tergantung pada pasokan dan harga minyak sawit mentah, untuk mengumpulkan kelebihan persediaan dalam negeri.

READ  Indonesia memperketat pembatasan perjalanan udara