Januari 31, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Indonesia menjadi tuan rumah upacara pembukaan Piala Dunia FIFA U-20 2023

Presiden FIFA mengizinkan (upacara pembukaan) diadakan, tetapi tidak akan semegah Piala Dunia senior

JAKARTA (Antara) – Indonesia, tuan rumah Piala Dunia U-20 FIFA 2023, akan memulai kejuaraan dengan upacara pembukaan yang menarik bagi para penonton, kata Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amaly.

Amalie mencatat upacara pembukaan akan dimoderatori oleh jurnalis dan mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandyo, yang mengarahkan upacara pembukaan dan penutupan Asian Games 2018.

Wisnuthama memandu para kepala negara yang banyak dipuji untuk makan malam di Taman Budaya Garuda Wisnu Kenjana selama KTT G20 November lalu.

“Pak Wisnuthama memang ahli di bidangnya dan itu sudah terbukti, tapi kami masih menunggu rapat terbatas berikutnya,” kata Menkeu di Jakarta, Kamis.

Amalie yang menjabat sebagai presiden FIFA U-20 2023 World Cup Organizing Committee (INAFOC) Indonesia mengatakan, FIFA mengizinkan Indonesia menyelenggarakan upacara pembukaan kejuaraan tersebut, meski tidak biasa.

Dia mencatat bahwa keputusan dibuat untuk mengusulkan upacara pembukaan kepada Presiden FIFA Gianni Infantino karena Presiden Joko Widodo secara pribadi merekomendasikan upacara pembukaan.

“Presiden FIFA sudah mengizinkan (upacara pembukaan), tapi tidak akan semegah Piala Dunia senior,” ujarnya.

Selain upacara pembukaan, Indonesia berencana mengadakan upacara penutupan sebelum putaran final Piala Dunia U-20 dan upacara penyerahan piala dari tuan rumah Polandia sebelumnya sebelum kejuaraan, kata Amalie.

“Rangkaian acara akan dimulai dari Februari 2023, tapi saya belum dapat informasi tanggal pastinya,” kata Menkeu.

Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA U-20 dari 20 Mei hingga 11 Juni. Sebanyak 24 negara, termasuk Indonesia, telah diberikan slot tuan rumah otomatis dan diharapkan dapat berpartisipasi dalam kejuaraan tersebut.

READ  FDI Indonesia: Indonesia meluncurkan drive online untuk mengatur izin FDI

Panitia penyelenggara berencana menggunakan enam stadion di Jawa, Bali, dan Sumatera untuk pertandingan tersebut.

Stadion tersebut adalah Stadion Utama Kelora Bung Karno di Jakarta, Stadion Jagabaring di Palembang, Stadion Si Jalak Harupat di Bandung, Stadion Manahan di Surakarta, Stadion Kelora Bung Domo di Surabaya dan Stadion Kaptan I Wayan Tipta di Bali.

Berita Terkait: Stadion Manahan Surakarta untuk mendapatkan facelift untuk Piala Dunia FIFA
Berita Terkait: PSSI menjamin normalisasi tiga pemain untuk memperkuat skuat U20
Berita Terkait: Pemerintah menyiapkan paket wisata untuk kota tuan rumah Piala Dunia U-20