September 29, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Indonesia mengeluarkan peraturan baru untuk mendorong penggunaan energi terbarukan

JAKARTA, 18 Sep (Reuters): Indonesia telah meluncurkan peraturan untuk mempromosikan penggunaan energi terbarukan, salah satu penghasil karbon terbesar di dunia, termasuk rencana untuk memensiunkan beberapa pembangkit batu bara lebih awal, kata keputusan presiden.

Eksportir batu bara terbesar di dunia ini bertujuan untuk meningkatkan proporsi energi terbarukan dalam bauran energinya menjadi 23% pada tahun 2025, tetapi sejauh ini hanya mencapai 12%. Batubara saat ini memasok 60% dari kebutuhan listrik negara.

Indonesia tahun lalu menetapkan tujuan untuk mencapai emisi nol bersih pada tahun 2060 dan berjanji dengan negara lain untuk secara bertahap mengurangi penggunaan batu bara untuk membatasi pemanasan global hingga kurang dari 1,5 derajat Celcius di atas tingkat pra-industri.

Pejabat telah diinstruksikan untuk mengembangkan rencana pensiun dini beberapa pembangkit listrik tenaga batu bara di Indonesia untuk membantu pemerintah menyerap kerugian berdasarkan peraturan yang dirilis minggu ini.

Rencana untuk menghapus 15 gigawatt pembangkit listrik tenaga batu bara selama tiga dekade mendatang akan membutuhkan dukungan modal sebesar $600 miliar, Menteri Badan Usaha Milik Negara Eric Tohir mengatakan kepada Bloomberg News, Kamis.

Peraturan tersebut mengatakan tidak ada pembangkit listrik tenaga batu bara baru yang dapat dibangun, tetapi yang sudah dalam pipa dan terintegrasi dengan industri pengolahan sumber daya alam akan diizinkan untuk melanjutkan seperti yang direncanakan.

Namun, emisi dari pembangkit listrik tenaga batu bara baru harus dikurangi sebesar 35% dalam waktu 10 tahun dibandingkan rata-rata emisi pembangkit listrik tenaga batu bara pada tahun 2021, dan hanya dapat dioperasikan sampai tahun 2050.

Pemerintah juga telah menetapkan sistem harga baru untuk energi terbarukan untuk mendorong investasi – panas bumi, tenaga air, dan tenaga surya. Pengembang sebelumnya harus melalui negosiasi panjang dengan utilitas negara untuk mencapai kesepakatan harga.

READ  Trip.com Group mendonasikan 130 oksigen konsentrator ke Indonesia

Prijantaru Efendi, Presiden Asosiasi Panas Bumi Indonesia (INAGA), mengatakan aturan itu berbeda dengan rencana industri, termasuk penggunaan tarif pagu bukan feed-in tariff, namun perlu lebih detail.

Pemerintah juga akan memberikan insentif keuangan, termasuk fasilitas keuangan dan perizinan kawasan hutan yang lebih mudah, untuk mendorong investasi energi terbarukan.

AS, Jepang dan negara-negara donor lainnya akan mendukung upaya Indonesia dengan “dukungan keuangan yang substansial”, kata pejabat Departemen Keuangan AS dalam sebuah pernyataan setelah kunjungan ke Jakarta.

Badan Energi Internasional (IEA) mengatakan bulan ini bahwa Indonesia harus memastikan reformasi kebijakan termasuk memperkenalkan tarif yang transparan dan kompetitif serta jalur proyek yang dapat diprediksi untuk mempromosikan energi terbarukan dan mengurangi ketergantungan pada batu bara. – Reuters