Februari 25, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Indonesia beralih pihak setelah pembicaraan mengenai Australia yang menjadi tuan rumah bersama Arab Saudi pada tawaran Piala Dunia 2034.

Seminggu kemudian Mengungkapkan negosiasi dengan Australia Presiden sepak bola Indonesia Erik Tohir mengatakan pada hari Rabu bahwa konfederasinya mendukung Arab Saudi atas upayanya untuk menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia 2034.

Perubahan Rencana Dohir a Laporan di situs Federasi Sepak Bola Indonesia Beberapa jam sebelum pertemuan online Konfederasi Sepak Bola Asia yang beranggotakan 47 orang, yang meliputi Australia, Indonesia, dan Arab Saudi.

Selama pertemuanPresiden FIFA Gianni Infantino mendesak anggota AFC untuk “bersatu demi Piala Dunia 2034”.

Infantino telah lama menjadi sekutu dekat sepak bola Saudi dan Putra Mahkota kerajaan Mohammed bin Salman, dan keputusan mengejutkan FIFA dua minggu lalu untuk mempercepat upayanya menjadi tuan rumah turnamen putra 2034. Mereka dipandang baik.

Hanya anggota AFC dan Asosiasi Sepak Bola Oseania – Selandia Baru dan kepulauan Pasifik yang tersebar – yang dapat mengajukan penawaran untuk turnamen tahun 2034, kata FIFA bulan ini, setelah menerima tuan rumah bersama tahun 2030 Enam negara mengajukan tawaran untuk tim dari Eropa, Afrika dan Amerika Selatan.

FIFA menunjukkan ketertarikannya pada konfederasi di Asia dan Oseania 31 telah memberikan batas waktu. Dan dibutuhkan waktu satu bulan untuk menyerahkan perjanjian penawaran rinci dengan dukungan pemerintah.

Arab Saudi mengkonfirmasi niatnya segera setelah FIFA memulai turnamen pada 4 Oktober. Beberapa menit kemudian, ketua AFC, Sheikh Salman bin Ibrahim Al Khalifa, anggota keluarga kerajaan Bahrain, mengatakan Saudi mendapat dukungan terpadu.

Spekulasi mengenai rencana Australia-Indonesia, termasuk Malaysia dan Singapura, menunjukkan bahwa persatuan Asia yang dianjurkan oleh Sheikh Salman tidak ada.

READ  Kepala Perminyakan Indonesia Arif Panigoro meninggal dunia pada usia 76 tahun

Pengumuman Indonesia pada hari Rabu membuat Australia terisolasi dalam upayanya menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia Wanita 2023 dengan Selandia Baru pada tahun 2034.

“Sudah cukup banyak perpecahan di seluruh dunia. Kita punya peluang untuk mengirimkan pesan persatuan,” kata Infantino dalam pesan video kepada anggota AFC dari Zurich, Rabu.

Pada pertemuan para pejabat sepak bola bulan ini di Tashkent, Uzbekistan, Infantino mengingatkan mereka akan pesannya – “untuk bersatu di Asia, bersatu untuk Piala Dunia 2034.”

FIFA ingin memastikan Piala Dunia 2030 dan 2034 pada pertemuan terpisah dari 211 konfederasi anggotanya pada akhir tahun depan.

Pilihan konsensus untuk tahun 2030 adalah pencalonan Eropa yang dipimpin Spanyol, Portugal, Maroko, Argentina, Paraguay, dan tuan rumah Uruguay pada tahun 1930. Tim Amerika Selatan hanya akan mendapatkan satu pertandingan masing-masing dari 104 pertandingan, tapi itu mengurangi permainan mereka. Sistem sepak bola mulai tahun 2034 saat FIFA merotasi tuan rumah antar benua.

Badan sepak bola Amerika Utara dan Tengah CONCACAF akan mendapat giliran pada tahun 2026 ketika Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko menjadi tuan rumah edisi pertama yang berisi 48 tim dan 104 pertandingan.

Menteri Pemerintah Indonesia Tohir, yang memiliki hubungan dekat dengan Infantino, mengatakan pada hari Rabu bahwa Indonesia bertujuan menjadi tuan rumah tahun 2034 ketika Asia mengambil gilirannya. Bisa jadi pada tahun 2046.

Piala Dunia U-17 FIFA akan digelar di Indonesia bulan depan Dihapus pada bulan Maret edisi U-20 Pasalnya negara berpenduduk mayoritas Muslim itu menolak menjadi tuan rumah Olimpiade Israel yang sudah lolos.

Federasi Sepak Bola Australia juga telah menyatakan minatnya untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia Antarklub yang diikuti 32 tim untuk FIFA pada tahun 2029.

READ  Mapan Indonesia menerima suntikan modal $15 juta

Arab Saudi akan menjadi tuan rumah Piala Dunia Antarklub tujuh tim tahunan terakhir FIFA pada bulan Desember. Kompetisi klub diluncurkan kembali di Amerika Serikat pada bulan Juni 2025 sebagai kompetisi empat tahunan yang diikuti 32 tim.

Sepak Bola AP: https://apnews.com/hub/soccer