Mei 20, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Membina Literasi Digital Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan Pekan Literasi Digital bagi ratusan warga di Kupang

Membina Literasi Digital Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan Pekan Literasi Digital bagi ratusan warga di Kupang

Kubang, Indonesia, 5 Juni 2023 /PRNewswire/ — Indonesia Kementerian Komunikasi dan Informatika terus berkolaborasi dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi untuk menyampaikan rangkaian kampanye #MakinCakapDigital. Workshop Pekan Literasi Digital diadakan dengan tema “Pentingnya Pengetahuan dan Keterampilan dalam Menggunakan Media Digital”. 30 Mei 2023Di Grand Mutiara di Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Nusa Tenggara Timur (01/06) – Pembicara Workshop Pekan Literasi Digital (Ivan Raymond Rondo, Yandri Lasi, Khemal Andrias, dan Zacharias Yezua Matias Therik) sebagai bagian dari kampanye #MakinCakapDigital Kementerian Komunikasi dan Informatika Republika Indonesia)

Seperti yang tertera di dalamnya Kami adalah data dari masyarakatJumlah pengguna aktif media sosial Indonesia Mencapai 167 juta orang Januari 2023. Angka ini adalah 60,4 persen Indonesia Populasi Selain itu, rata-rata waktu yang dihabiskan orang Indonesia di media sosial adalah 3 jam 18 menit per hari. sebagai Januari 2023Tiga platform media sosial paling banyak digunakan di Tanah Air adalah WhatsApp (92,1 persen), Instagram (86,5 persen), dan Facebook (83,8 persen).

Dalam sambutan pembukaannya, Pj. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi NTT, Yandri Renda, menekankan perlunya sumber daya manusia yang terampil untuk mengimbangi kemajuan teknologi informasi yang pesat. Ia menekankan bahwa literasi berperan penting dalam mempercepat pembangunan masyarakat yang kompeten secara digital, termasuk perilaku etis dalam penggunaan media sosial. “Literasi media sosial membantu masyarakat memperoleh kemampuan untuk menyaring dan memverifikasi informasi yang mereka terima. Peningkatan penggunaan media sosial dapat bermanfaat bagi individu, lingkungan sekitar dan NTT serta pembangunan. Indonesia Secara keseluruhan,” kata Yandri.

Advokat industri kreatif dan aktivis digital Evan Raymond Rondeau mengatakan pengaruh media sosial terus berkembang secara global. Oleh karena itu, penggunaan media sosial yang cerdas sangat penting untuk mencegah penyebaran hoax. “Tidak perlu terburu-buru membagikan informasi yang kita bagikan di media sosial untuk memberikan dampak positif dan mengecek keakuratannya sebelum diposting,” ujar Evan.

READ  Ketua sepakbola Thailand telah meminta maaf setelah menerima empat kartu merah di final SEA Games melawan Indonesia.

Penjelasannya konsisten dengan temuannya Dalam studi yang dilakukan bersama oleh Reuters Universitas Oxford Survei Digital News Report 2022 tentang pola konsumsi berita global dan pasar digital menemukan bahwa 68 persen masyarakat Indonesia mengonsumsi berita melalui media sosial, diikuti oleh televisi sebesar 57 persen dan media cetak sebesar 17 persen.

CEO Next Generation, Khemal Andrias, membagikan beberapa tips dan trik membuat konten dan cara meningkatkan engagement di media sosial. Menurutnya, konten harus memiliki twist atau cerita yang tidak terduga dan pendekatan yang emosional. Dia mengatakan masyarakat harus tetap fokus pada etika dan tidak melewati batas untuk mengejar virus. “Tantangannya terletak pada merebut perhatian netizen dan memastikan bahwa mereka memahami pesan yang disampaikan kepada mereka, meski dalam jangka waktu yang terbatas,” ujar Kemal.

Selain pendapat Khemal, Zacharias Yezua Matias Therik, pendiri DMBS Creative Group, menekankan pentingnya membangun merek di media sosial. Setelah branding positif terbentuk, media sosial dapat digunakan sebagai alat pemasaran yang efektif yang mendatangkan keuntungan. “Dengan kreativitas sebagai aset kami, kami dapat menggunakan media sosial sebagai alat pemasaran yang cepat dan hemat biaya,” kata Zacharias.

Antusiasme warga Kupang sangat tinggi dengan mengikuti workshop secara aktif. Acara ini dihadiri oleh 800 peserta antara lain Komunitas Bersepeda Kubang, Komunitas Berbagi Kubang, Forum Edukasi dan sejumlah besar pelaku UMKM. Di akhir workshop, para peserta disuguhi penampilan memukau dari band-band lokal, stand-up comedian yang menarik dan beragam doorprize menarik.

Untuk informasi lebih lanjut dan acara literasi digital lainnya, kunjungi http://info.literasidigital.id, http://event.literasidigital.id, http://literasidigital.id, Follow @Siberkreasi dan @literasidigitalkominfo di media sosial.

Tentang Kementerian Komunikasi dan Informatika

READ  Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan akan mengunjungi Indonesia

Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia melalui Titgen Optica memiliki fungsi utama menyebarluaskan dan mengembangkan infrastruktur digital nasional untuk mempercepat transformasi digital Indonesia.

Kementerian menggandeng Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkrasi untuk memberikan edukasi literasi digital kepada masyarakat luas melalui berbagai media. Gerakan ini berfokus pada penggunaan literasi digital untuk meningkatkan kapasitas nasional dan lebih memberdayakan masyarakat Indonesia.

sion

sion

Lihat konten asli untuk mengunduh multimedia:https://www.prnewswire.com/apac/news-releases/fostering-digital-literacy-indonesias-ministry-of-communications-and-informatics-holds-the-digital-literacy-week-for-ratus-of- citizen-in-kupang-301842101.html

Sumber Kementerian Komunikasi dan Informatika