Maret 3, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Ikon reggae Aston “Family Man” Barrett, gitaris Bob Marley, telah meninggal dunia

Ikon reggae Aston “Family Man” Barrett, gitaris Bob Marley, telah meninggal dunia

Sumber gambar, Gambar Getty

Komentari foto tersebut,

Aston Barrett terus tampil bersama The Wailers hingga tahun 2000-an

Aston Barrett, gitaris band reggae legendaris Bob Marley and the Wailers, meninggal dunia pada usia 77 tahun.

The “Family Man,” begitu ia disapa, lahir pada tahun 1946 dan dibesarkan di ibu kota Jamaika, Kingston.

Saat mengumumkan kematiannya, keluarganya mengatakan bahwa Barrett telah berjuang dalam “perjuangan medis yang panjang,” tetapi tidak memberikan rinciannya.

Dia adalah tokoh kunci dalam pertumbuhan musik reggae. Dia telah bermain di hampir semua album Wailers serta Burning Spear, Peter Tosh dan banyak aksi lainnya.

Dalam postingan media sosial pada hari Sabtu, putra Barrett, Aston Barrett Jr., mengatakan: “Dengan berat hati, kami berbagi berita meninggalnya Aston Barrett yang kami cintai setelah perjuangan medis yang panjang.”

Aston Barrett pertama kali mendapatkan ketenaran sebagai anggota Upsetters, band pendukung pionir reggae Lee “Scratch” Perry.

Dia bergabung dengan band Bob Marley pada tahun 1974.

Karya bassnya adalah fitur utama dari banyak lagu Wailers, termasuk “I Shot the Sheriff”, “Get Up Stand Up”, “Stir It Up”, “Jamming”, “No Woman”, “No Cry” dan “Bisakah Kamu Menjadi Cinta.”

Barrett pernah berkata: “Drum adalah detak jantungnya, bass adalah tulang punggungnya.” “Kalau bassnya tidak bagus, musiknya jelek, jadi lumpuh.”

Bob Marley meninggal karena kanker pada usia 36 tahun pada tahun 1981. The Wailers terus tampil, dengan beberapa perubahan lineup dan beberapa penyanyi menggantikan Marley.

Barrett mengatakan kepada BBC pada tahun 2013 bahwa dia memiliki 23 anak perempuan dan 18 anak laki-laki. “Saya adalah kepala keluarga,” katanya. “Saya dikaruniai 41 [children]”.

READ  Bruce Springsteen menunda konser Philly karena sakit - NBC10 Philadelphia