November 30, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Ibukota Presiden Indonesia Karuta semakin kuat setelah restrukturisasi

JAKARTA: Pengusaha miliarder Indonesia Cyrul Tanzang mengatakan pada hari Selasa bahwa maskapai penerbangan Garuda yang sedang berjuang akan menghentikan investasinya di Indonesia setelah maskapai menyelesaikan restrukturisasi utang yang dipimpin pengadilan.

Pengumuman itu muncul ketika pemerintah meminta kejaksaan untuk melakukan penyelidikan korupsi terhadap beberapa kesepakatan sewa udara Garuda.

Garuda, yang mengalami penurunan perjalanan udara selama epidemi Pemerintah-19, menghadapi restrukturisasi utang yang dipimpin pengadilan atas kewajiban yang belum dibayar.

“Kami berharap proses (pengadilan) akan segera selesai,” kata Tanjung dalam konferensi pers.

“Setelah itu selesai, rencana kami akan menambah modal untuk memperkuat (Garuda),” ujarnya tanpa penjelasan.

B.D. Pengusaha tersebut merupakan pemegang saham terbesar kedua di Garuda, yang memegang 28,3 persen saham Trans Airways.

Garuda memiliki utang sebesar $9,8 miliar. Kantor berita negara Andara melaporkan bahwa $ 13,8 miliar akan diverifikasi di pengadilan pada 19 Januari.

Secara terpisah, Menteri BUMN Eric Tohir membawa dokumen audit Kejaksaan Agung pada hari Selasa, mengatakan perjanjian sewa Garuda untuk pesawat ATR 72-600 cacat.

“Kami tahu, berdasarkan data akurat, ada indikasi korupsi dalam proses pengadaan pesawat, leasing, dengan berbagai merek,” kata Eric.

Garuda mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa dia akan mendukung proses penyelidikan. Maskapai ini memiliki 13 pesawat ADR 72-600.

ATR, pembuat turboprop Prancis-Italia, tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Garuda telah terlibat dalam beberapa penipuan korupsi sebelumnya. Pada November 2020, Kantor Penipuan Serius Inggris mengumumkan penyelidikan terhadap tersangka Bombardier Kanada atas penyuapan dalam penjualan garuda.

Mantan CEO Karuta Emirzia Sadar telah dipenjara selama delapan tahun pada tahun 2020 karena suap dan pencucian uang terkait pembelian Airbus dan mesin https://www.reuters.com/article/us-garuda-indonesia-court-idUKKBN22K1YV. Rolls Royce.

READ  EAM Jaishankar bertemu rekan-rekannya dari Kanada, Indonesia dan Singapura di Kamboja

Para petinggi Garuda saat ini mencoba menegosiasikan kembali tarif sewa dengan penyewa di dalam dan di luar pengadilan, yang menurut mereka lebih tinggi dari biaya yang dibayarkan oleh maskapai lain.

Eric mengatakan penyelidikan apa pun terhadap pengaturan sewa seharusnya tidak mempengaruhi proses pengadilan karena pihak berwenang mencurigai penyewa terlibat dalam pekerjaan lem.

(Laporan oleh Bernadette Christina Munde dan Gayatri Suroyo; Editing Ed Davis)