Juli 26, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Prabowo akan membiarkan rasio utang terhadap PDB mencapai 50%, lapor FT |  Berita Dunia

Prabowo akan membiarkan rasio utang terhadap PDB mencapai 50%, lapor FT | Berita Dunia

JAKARTA, – Presiden terpilih Indonesia Prabowo Subianto akan membiarkan rasio utang terhadap PDB negaranya naik hingga 50% karena pemerintahannya dapat meningkatkan pendapatan pajak, Financial Times melaporkan, mengutip seorang penasihat dekatnya.

FT melaporkan bahwa Prabowo akan membiarkan rasio utang terhadap PDB mencapai 50%

Kakak laki-laki dan penasihat Prabowo, Hashim Jojohadikusumo, mengatakan kepada Financial Times dalam sebuah wawancara di London bahwa Indonesia dapat mempertahankan peringkat kredit tingkat investasinya.

Jelajahi Kriket untuk menonton pertandingan kapan saja, di mana saja. Klik disini!

“Idenya adalah untuk meningkatkan pendapatan dan meningkatkan tingkat utang,” kata Hashim dalam artikel tersebut.

“Kami tidak ingin menaikkan tingkat utang tanpa meningkatkan pendapatan,” kata Hashim, sambil menunjuk pada “pajak, cukai, royalti dari pertambangan dan bea masuk”.

Sufmi Tasco Ahmad, ketua kelompok yang bertugas menyelaraskan agenda kebijakan Prabowo dengan pemerintahan saat ini, mengatakan kepada Reuters pada hari Kamis bahwa rasio utang terhadap PDB akan tetap tidak berubah.

Tasco juga mengatakan pemerintahan baru akan menjaga defisit fiskal pada batas 3% PDB.

“Kebijakan fiskal akan digunakan sebagai alat untuk meningkatkan investasi sektor swasta,” kata Tasco.

Airlangga Hartarto, kepala menteri perekonomian dan pejabat senior di kubu Prabowo, mengatakan kepada wartawan pada hari Kamis bahwa defisit fiskal di bawah pemerintahan Prabowo akan tetap di bawah 3%, sementara rasio utang terhadap PDB akan tetap di sekitar 40%.

Kelompoknya sebelumnya membantah pemberitaan media bahwa Prabowo berencana menaikkan rasio utang menjadi 50% PDB dari 40%. Mereka mengatakan pada saat itu bahwa presiden yang akan datang akan terus mengikuti aturan fiskal yang ada.

Berdasarkan aturan tersebut, defisit anggaran pemerintah dibatasi sebesar 3% PDB dan rasio utang terhadap PDB tidak boleh melebihi 60%.

READ  Cek Fakta: Video Tsunami Jepang 2011 Dibagikan Secara Palsu Dari Indonesia

Kekhawatiran atas rencana pinjaman yang diajukan oleh Prabowo membebani harga obligasi dan rupee pada bulan lalu, sehingga membantu mendorong mata uang tersebut ke level terendah dalam empat tahun terhadap dolar AS.

Selama kampanye, Prabowo mengatakan ia ingin meningkatkan tingkat utang publik, sambil berjanji untuk meningkatkan rasio pajak-PDB dari sekitar 10% menjadi 16%. Dia akan menjabat pada bulan Oktober.

Awal pekan ini, majalah Tempo melaporkan bahwa Prabowo telah membentuk sebuah komite untuk mencari cara menghilangkan defisit fiskal dan batas atas rasio utang terhadap PDB untuk membiayai janji-janji kampanye. Penasihat fiskalnya mengatakan kepada Reuters bahwa dia tidak mengetahui adanya diskusi untuk menghilangkan kesenjangan fiskal dan plafon utang.

Artikel ini dibuat dari feed kantor berita otomatis tanpa perubahan teks.

Dapatkan pembaruan terkini tentang berita dunia, berita AS, berita Hollywood, anime, dan berita utama teratas dari seluruh dunia.