Juni 16, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Hossein Amir Abdollahian: Tanggapan Iran akan dilakukan “segera dan pada tingkat maksimum.” Menteri Luar Negeri memperingatkan Israel

Hossein Amir Abdollahian: Tanggapan Iran akan dilakukan “segera dan pada tingkat maksimum.” Menteri Luar Negeri memperingatkan Israel



CNN

tanggapan Iran saat itu Israel Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir Abdollahian mengatakan kepada CNN pada hari Kamis bahwa tindakan militer lebih lanjut terhadap Iran akan dilakukan “segera dan pada tingkat maksimum,” di tengah kekhawatiran akan meningkatnya konflik di Timur Tengah.

“Jika rezim Israel kembali mengambil tindakan yang bertentangan dengan kepentingan Iran, tanggapan berikutnya dari pihak kami akan segera dan pada tingkat maksimal,” kata Amir Abdollahian kepada Erin Burnett dari CNN dalam wawancara eksklusif di New York.

Komentarnya menyusul serangan Iran yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap Israel pekan lalu yang menurut Teheran merupakan respons terhadap serangan udara Israel yang mematikan terhadap konsulat Iran di Suriah – menempatkan wilayah tersebut dalam kegelisahan ketika Israel berjanji akan membalasnya.

Beberapa jam setelah pernyataan Amir Abdullahian, sebuah ledakan terdengar di dekat bandara di sebuah kota di Iran tengah IsfahanKantor Berita semi-resmi Iran Fars melaporkan pada Jumat pagi, mengutip sumber-sumber lokal. Penyebab ledakan ini belum jelas.

Sabtu lalu, Iran meluncurkan ratusan drone dan rudal ke Israel sebagai pembalasan atas serangan 1 April terhadap konsulatnya di Damaskus yang menewaskan sedikitnya tujuh pejabat, termasuk seorang komandan senior Iran.

Serangan Iran pada tanggal 13 April tampaknya dimaksudkan untuk memaksimalkan tontonan sekaligus meminimalkan korban jiwa, dan Israel serta sekutunya menembak jatuh sebagian besar proyektil tersebut.

Aksi saling balas ini telah membuka rahasia perang bayangan antara Israel dan Iran yang telah berlangsung selama puluhan tahun dan menimbulkan ketakutan di Timur Tengah.

Sekutu Israel, termasuk Amerika Serikat, telah meminta Israel untuk menahan diri dalam upaya mencegah serangan tersebut meningkat menjadi perang regional, karena perang Israel yang sedang berlangsung melawan gerakan Hamas Palestina di Gaza telah meningkatkan ketegangan antara Israel dan negara-negara tetangganya.

READ  Mantan ketua eksekutif Uni Eropa dan bapak euro, Jacques Delors, meninggal dunia pada usia 98 tahun

Tidak jelas apakah Israel akan mendengarkan seruan sekutunya.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan pada hari Rabu bahwa Israel akan melakukan hal tersebut Buat 'keputusan sendiri' Saat merespons serangan udara Iran.

Berbicara dari Misi Tetap Iran untuk PBB, Amir Abdollahian mengatakan Iran dengan tulus berharap Israel tidak mengulangi “kesalahan besar sebelumnya,” mengacu pada serangan Israel di Damaskus.

Amir Abdullahian berkata: “Jika rezim Israel melakukan kesalahan besar lagi, tanggapan kami akan tegas, tegas dan disesalkan,” dan mencatat bahwa peringatan ini telah disampaikan kepada Sekretaris Jenderal. gedung Putih Melalui Kedutaan Besar Swiss di Teheran.

Dia berkata: “Kami tidak berupaya menciptakan ketegangan dan krisis atau meningkatkan situasi serupa di Timur Tengah, dan kami sangat berharap rezim Israel tidak mengulangi kesalahan besar sebelumnya.”

Dia menambahkan bahwa Angkatan Bersenjata Iran telah merencanakan rincian kemungkinan “respon maksimal.”

Amir Abdullahian juga mengatakan dia berharap Amerika Serikat dapat menghentikan potensi tindakan Israel dan bahwa Gedung Putih “tidak akan memberikan izin baru terhadap upaya Israel untuk melakukan petualangan.”

“Kami percaya bahwa Amerika akan memperhitungkan pesan-pesan yang telah dipertukarkan di antara kita selama enam bulan terakhir,” katanya ketika ditanya apakah aset-aset Amerika dapat menjadi sasaran jika Amerika membantu mempertahankan diri dari serangan rudal yang menyerang Iran.

Dia menambahkan: “Dalam operasi sebelumnya, kami mengumumkan kepada Amerika bahwa kami tidak akan menargetkan pangkalan dan instalasi Amerika di wilayah tersebut kecuali kami menghadapi situasi di mana Amerika Serikat memposisikan diri di samping pemerintah Israel demi ekspansi. ” Niat suka berperang,” katanya.

Amir Abdollahian juga mengatakan bahwa tujuan serangan Iran terhadap Israel akhir pekan lalu adalah untuk “memperingatkan”, “mengambil tindakan serupa”, dan “menyatakan bahwa kami memiliki sarana untuk merespons.”

READ  Rusia meluncurkan gelombang baru serangan rudal ke Ukraina

Dia mengatakan bahwa lebih dari 300 rudal dan drone yang diluncurkan oleh Iran pada hari Sabtu “tetap berada dalam kerangka minimum” dan bahwa tindakan tersebut merupakan “pertahanan yang sah” dalam menanggapi dugaan serangan Israel.

Dia menambahkan: “Operasi kami sebagai respons dilakukan setidaknya karena kami tidak berusaha menyerang banyak sasaran.”

Cerita ini telah diperbarui dengan perkembangan tambahan.