Desember 2, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Hadiah Nobel di bidang Ekonomi telah diberikan kepada Ben Bernanke, Douglas Diamond dan Philip Debweg untuk penelitian tentang krisis keuangan.

Hadiah Nobel di bidang Ekonomi telah diberikan kepada Ben Bernanke, Douglas Diamond dan Philip Debweg untuk penelitian tentang krisis keuangan.

Hadiah Nobel Memorial dalam Ilmu Ekonomi adalah diberikan Senin untuk Ben S. Bernanke, mantan Ketua Federal Reserve, dan dua akademisi lainnya untuk penelitian mereka tentang perbankan dan krisis keuangan.

Douglas W. Diamond, seorang ekonom di University of Chicago, dan Philip H. Debwig dari Washington University di St. Louis memenangkan penghargaan tersebut bersama dengan Mr. Bernanke, sekarang di Brookings Institution di Washington.

Tuan Bernanke pada tahun 1983 buku kertas Yang berangkat untuk menjelaskan bahwa kegagalan bank dapat menyebarkan krisis keuangan daripada hanya menjadi konsekuensi dari krisis.

Tuan Diamond dan Tuan Deepvig di tahun yang sama buku kertas Tentang risiko yang melekat pada konversi jatuh tempo, proses konversi pinjaman jangka pendek menjadi pinjaman jangka panjang. Mr Diamond juga menulis tentang bagaimana bank memantau peminjam mereka, mencatat bahwa pengetahuan peminjam menghilang ketika bank gagal, memperluas konsekuensi dari gejolak.

kata John Hassler, seorang ekonom di Institut Studi Ekonomi Internasional Universitas Stockholm dan anggota komite penghargaan.

Mr Diamond berbicara di telepon pada konferensi pers mengumumkan penghargaan. Ketika ditanya apakah dia memiliki peringatan untuk bank dan pemerintah hari ini, pada saat pasar berada dalam kekacauan karena bank sentral di seluruh dunia menaikkan suku bunga untuk memerangi inflasi yang cepat, Mr Diamond mengatakan krisis keuangan menjadi lebih buruk ketika orang mulai kehilangan kepercayaan. dalam stabilitas sistem.

“Dalam periode ketika hal-hal terjadi secara tak terduga – misalnya, saya pikir banyak orang terkejut melihat seberapa cepat tingkat suku bunga nominal meningkat di seluruh dunia – itu bisa menjadi sesuatu yang menimbulkan kekhawatiran dalam sistem,” katanya. “Saran terbaik adalah bersiaplah, untuk memastikan bahwa bagian Anda dari sektor perbankan terlihat sehat, tetap sehat, dan merespons secara terukur dan transparan terhadap perubahan kebijakan moneter.”

READ  Kanada untuk meningkatkan pertahanan dan keamanan dunia maya dalam kebijakan Indo-Pasifik, fokus pada China yang 'mengganggu'

Namun dia menambahkan bahwa dunia lebih siap menghadapi gejolak keuangan sekarang daripada selama krisis keuangan 2008, karena “kenangan baru-baru ini tentang krisis itu” dan perbaikan peraturan telah membuat sistem perbankan kurang rentan. Namun, dia mencatat, kerentanan yang dia dan Mr. Dybvig identifikasi melampaui bank, dan dapat muncul di bagian lain dari sistem keuangan, seperti perusahaan asuransi atau reksa dana.

Penghargaan Ekonomi, di antara penghargaan tertinggi di bidang ini, secara teknis bukanlah Hadiah Nobel. Ini disebut Hadiah Sveriges Riksbank dalam Ilmu Ekonomi untuk mengenang Alfred Nobel karena itu bukan salah satu kategori asli yang ditentukan oleh Alfred Nobel dalam wasiatnya pada tahun 1895. Didanai oleh Bank Sentral Swedia Dan itu didistribusikan Hanya sejak 1969meskipun Komite Nobel mempromosikannya dan mencantumkannya di situs webnya.