September 23, 2021

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Gunung berapi Sinapung Indonesia meletus, tidak ada perintah evakuasi yang dikeluarkan

Gunung berapi Sinapung di Indonesia telah tidak aktif selama berabad-abad.

Medan, Indonesia:

Gunung Sinapung di Indonesia meletus pada hari Rabu, melemparkan kolom besar asap dan abu ke langit. Namun, pusat gempa dilaporkan di bawah dasar Samudra Pasifik; tidak ada peringatan tsunami yang dikeluarkan.

“Material vulkaniknya mencapai 4.500 meter di udara dan bertahan lama,” kata Armen Putra, Kepala Pos Pemantauan Badan di Xinabung. AFP.

Sebuah gambar yang dibagikan oleh agensi menunjukkan kolom asap tebal dan gelap yang berasal dari jurang maut. Perusahaan menambahkan bahwa asap dan awan abu menempuh jarak 1.000 meter dari puncak.

Tidak ada perintah evakuasi yang dikeluarkan karena puing-puing tidak mencapai desa-desa terdekat, dan penerbangan di daerah itu tidak terganggu.

Tetapi para pejabat telah menyarankan orang-orang untuk menghindari zona lima kilometer di sekitar jurang, yang telah kosong selama bertahun-tahun karena peningkatan aktivitas gunung berapi.

Sinapung, gunung berapi setinggi 2.460 meter (8.070 kaki), tidak aktif selama berabad-abad sebelum dihidupkan kembali pada tahun 2010 ketika letusan menewaskan dua orang.

Ini meletus lagi pada tahun 2013 dan telah sangat aktif sejak saat itu.

Sebuah ledakan pada tahun berikutnya menewaskan sedikitnya 16 orang, sementara tujuh orang tewas dalam pengeboman 2016.

Indonesia – negara kepulauan dengan lebih dari 17.000 pulau – memiliki hampir 130 gunung berapi aktif.

Itu terletak di “Cincin Api”, sabuk batas lempeng tektonik di sekitar Samudra Pasifik di mana aktivitas seismik sering terjadi.

(Kecuali judulnya, cerita ini belum diedit oleh staf NDTV dan diterbitkan dari feed terintegrasi.)