Desember 2, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Google Doodle menyoroti alat musik Indonesia

Google Doodle hari ini, ditemukan di area terbatas, merayakan Angklung, alat musik bambu unik yang dimainkan di Indonesia.

Subjek menarik untuk doodle beranda, Anglung telah resmi diumumkan Situs Warisan Dunia Pada hari ini di tahun 2010 oleh UNESCO. Meskipun Anda mungkin tidak mengenali namanya, alat musik ini sebenarnya dimainkan di seluruh dunia, meskipun merupakan tradisi pokok Indonesia.

Seringkali terdiri dari dua pipa dan alas, seluruh instrumen bambu disetel oleh pengrajin ahli yang menggunakan pipa bambu dengan ukuran berbeda untuk menciptakan nada dan nada yang berbeda. Namun, ini berarti bahwa setiap bahasa Inggris hanya mampu memainkan nada tertentu. Hal ini memungkinkan setiap angklung tertentu menghasilkan suara yang unik, suara yang dihasilkan saat pemain menggoyangkan atau mengetuk pangkal bambu.

Menurut berbagai catatan, instrumen sebenarnya berasal dari sekitar 400 tahun atau lebih yang lalu di Jawa Barat, Indonesia. Dalam tradisi Sunda kuno dimainkan sebagai bentuk pemujaan terhadap dewi Sri. Sosok yang sering digambarkan sebagai “dewi kesuburan” memberkati mereka yang menanam padi setelah mendengar instrumen tersebut. Suku Badui dan Kaneks masih melakukan ritual ini hingga saat ini.

Ada banyak jenis Angklung, semuanya dengan asal dan kegunaan yang berbeda. Di zaman modern, a Angalangu Arumba Gambang adalah drum tradisional dan ansambel instrumen bambu yang digunakan untuk upacara dan acara.

Untuk menandai acara aslinya, UNESCO membuat film dokumenter pendek yang menyoroti makna budaya Anglung yang unik dan apa artinya bagi masyarakat Indonesia. Anda dapat menonton di bawah ini:

Lebih banyak Google Doodle:

FTC: Kami menggunakan tautan afiliasi otomatis yang menghasilkan pendapatan. Lebih jauh.


Lihat 9to5Google di YouTube untuk berita lebih lanjut:

READ  Huawei perkuat kontribusi dan kerja sama di bidang keamanan siber Indonesia