Februari 4, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Gold Coast, Australia: Empat tewas dan beberapa terluka setelah dua helikopter bertabrakan di Gold Coast Australia



CNN

Pada hari Senin, pihak berwenang Australia mengumumkan bahwa empat orang tewas dalam tabrakan di udara antara dua helikopter, dan kondisi tiga orang lainnya kritis.

Tabrakan itu terjadi sekitar pukul 14:00 waktu setempat di dekat jalur wisata populer Main Beach di Gold Coast, selatan Brisbane.

“Ketika kedua pesawat ini bertabrakan, mereka menabrak tepian berpasir di luar Sea World Resort,” kata Inspektur Polisi Queensland Gary Worrell kepada wartawan.

Dia menambahkan, sulit bagi layanan darurat untuk mencapai tepian berpasir yang tidak jauh dari pantai.

Ada 13 orang di dalam dua helikopter tersebut, menurut Jenny Sherman, dari Layanan Ambulans Queensland. Dari jumlah tersebut, empat orang meninggal dunia, tiga luka berat, dan enam luka ringan, termasuk luka terkena pecahan kaca.

Dia menambahkan bahwa semua yang terluka dibawa ke rumah sakit.

Gambar dari situs tersebut menunjukkan bangkai kapal tergeletak di hamparan pasir, dengan beberapa individu berkerumun di darat dan beberapa kapal di perairan sekitarnya.

Worrell mengatakan bahwa meskipun terlalu dini untuk mengatakan penyebab pasti kecelakaan itu, penyelidikan awal menunjukkan bahwa salah satu helikopter lepas landas dan yang lainnya mendarat ketika mereka bertabrakan.

Satu helikopter “kaca depannya dilepas, dan mendarat dengan selamat di pulau itu. Helikopter lainnya (helikopter) rusak dan terbalik.”

Dia menambahkan bahwa setelah kecelakaan itu, polisi terdekat dan anggota masyarakat bergegas ke lokasi, mencoba mengeluarkan dan memberikan pertolongan pertama kepada orang-orang yang berada di dalam helikopter.

Bangkai helikopter yang jatuh di dekat Main Beach di Gold Coast, Australia, pada 2 Januari.

Angus Mitchell, kepala komisaris Biro Keselamatan Transportasi Australia (ATSB), mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa penyelidikan telah dibuka atas tabrakan tersebut.

Mitchell menambahkan bahwa penyelidik dari kantor ATSB di Brisbane dan Canberra akan dikerahkan ke lokasi untuk mengumpulkan bukti, memeriksa reruntuhan dan memetakan lokasi, serta mewawancarai saksi dan pihak yang berkepentingan.

Orang-orang yang menyaksikan tabrakan atau melihat helikopter terbang diminta untuk menghubungi penyelidik. Dia mengatakan laporan awal akan dirilis dalam enam hingga delapan minggu ke depan, dengan laporan akhir setelah penyelidikan selesai.

Dalam pernyataan yang diposting di Twitter, perdana menteri Queensland, Anastasia Palazczuk, menyatakan “simpati terdalam” kepada keluarga korban dan semua yang terkena dampak. “Apa yang terjadi di Gold Coast hari ini adalah tragedi yang tak terbayangkan,” katanya.

Polisi mengatakan Sea World Drive telah ditutup untuk lalu lintas dan mendesak pengendara dan pejalan kaki untuk menghindari daerah tersebut.

Sea World Drive adalah titik akses utama ke taman laut yang populer di kalangan turis di jantung Gold Coast. Saat ini adalah puncak musim turis di daerah tersebut, dengan sekolah-sekolah tutup untuk liburan panjang musim panas.

CNN telah menghubungi Sea World untuk memberikan komentar.

Ini adalah cerita yang berkembang.

READ  Euro Menghadapi Hari Penghakiman - Politico