Juli 22, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Gitar John Lennon dari film “Help!”  Itu terjual seharga ,9 juta di lelang

Gitar John Lennon dari film “Help!” Itu terjual seharga $2,9 juta di lelang

Sebuah gitar yang baru ditemukan, digunakan oleh John Lennon untuk merekam beberapa lagu Beatles pada tahun 1960an sebelum menghilang selama 50 tahun, telah terjual di lelang seharga $2,9 juta, menjadi salah satu memorabilia paling berharga dari band tersebut.

Gitar akustik 12 senar, yang disebut Hootenanny, diyakini telah hilang setelah digunakan oleh Mr. Lennon dan rekan bandnya George Harrison untuk merekam album The Beatles tahun 1965 “Rubber Soul” dan “Help!” Julian’s Auctions yang berbasis di Los Angeles, yang menangani lelang pada hari Rabu, mengatakan lelang tersebut mencakup soundtrack film band berjudul sama.

Belakangan tahun itu, Lennon menghadiahkan gitar tahun 1964, yang dibuat oleh pembuat instrumen Jerman Framus, kepada Gordon Waller, anggota duo pop Inggris Peter dan Gordon. Tuan Waller memberikannya kepada salah satu manajer jalannya, yang membawa gitar itu ke rumahnya di pedesaan Inggris dan melemparkannya ke loteng, Kata rumah lelang.

Lebih dari 50 tahun kemudian, seorang pria di Inggris menemukan gitar itu di loteng rumah orang tuanya saat mereka pindah, kata Darren Julian, salah satu pendiri Julian’s Auctions. katanya dalam video. Setelah mereka menemukannya – beserta kotak gitar aslinya – mereka memberi tahu rumah lelang pada bulan Maret, kata Julian.

“Anaknya mengatakan kepada kami bahwa dia selalu mendengar ayahnya berbicara tentang gitar ini, tapi dia mengira gitar itu hilang,” kata Martin Nolan, salah satu pendiri Julian’s Auctions, dalam video tersebut.

Rumah lelang berkonsultasi dengan Andy Babiuk, pakar Beatles yang pernah mendokumentasikan memorabilia band, untuk memverifikasi gitar tersebut. Setelah membandingkan butiran kayu dan pola keausan instrumen tersebut dengan yang ada di foto arsip, Pak Babiuk memutuskan bahwa gitar itulah yang dimainkan oleh Pak Lennon. Kata rumah lelang.

READ  The Rolling Stones mengguncang Stadion MetLife menjelang akhir pekan Memorial Day

“Periksa loteng kalian, teman-teman,” kata Pak Nolan.

Instrumen terkenal lainnya muncul kembali setelah hilang selama lebih dari lima dekade. Bass biola Hofner milik Paul McCartney ditemukan tahun lalu. Tuan Lennon Gitar akustik Gibsonyang juga dilupakan, dijual seharga $2,4 juta kepada pembeli anonim pada tahun 2015.

Setelah setengah abad berada di loteng, Hootenanny milik Tuan Lennon perlu direstorasi. Ryan Scheuermann, seorang tukang reparasi di Los Angeles, melakukan prosedur ini Proses yang kompleks Ini melibatkan pelepasan lehernya dan membawanya kembali ke tubuh pada sudut yang lebih baik.

Gitar tersebut, dengan bagian atas kayu cemara, bagian belakang dan samping kayu mahoni, fingerboard rosewood 19 fret, dan lubang suara dekoratif, dijual bersama dengan kotak gitar Maton dan satu set DVD film “Help!” Dan sekumpulan foto dari lokasi syuting film tersebut.

Nilai gitar itu diperkirakan Harga $600.000 hingga $800.000 sebelum lelang. Rumah lelang mengatakan gitar itu dijual kepada pembeli anonim seharga $2,857,500, menjadikannya gitar termahal kelima yang pernah dijual.

“Menemukan instrumen indah ini seperti menemukan lukisan Rembrandt atau Picasso yang hilang,” kata Pak Julien Dia menambahkan dalam sebuah pernyataan“Dan itu masih terasa seperti mimpi.”