Februari 4, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Ghana gagal bayar sebagian besar utang luar negeri karena krisis ekonomi semakin dalam

Ghana gagal bayar sebagian besar utang luar negeri karena krisis ekonomi semakin dalam

  • Ghana menangguhkan pembayaran Eurobonds dan pinjaman komersial
  • Pengumuman seminggu setelah kesepakatan Dana Moneter Internasional di tingkat staf
  • Eurobond tenggelam hingga 3 sen dalam dolar

ACCRA (Reuters) – Ghana menangguhkan pembayaran sebagian besar utang luar negerinya pada Senin, secara efektif gagal bayar karena negara itu bergulat dengan defisit neraca pembayaran.

Kementerian Keuangan mengatakan tidak akan melayani utang termasuk Eurobonds, pinjaman komersial dan sebagian besar pinjaman bilateral, menyebut keputusan itu sebagai “tindakan darurat sementara”, sementara beberapa pemegang obligasi mengkritik kurangnya kejelasan dalam keputusan tersebut.

Kementerian Keuangan mengatakan pemerintah “siap untuk terlibat dalam diskusi dengan semua kreditor eksternal untuk membuat utang Ghana berkelanjutan”.

Penangguhan pembayaran utang mencerminkan keadaan ekonomi yang genting, yang minggu lalu mendorong pemerintah untuk mencapai kesepakatan tingkat staf senilai $3 miliar dengan Dana Moneter Internasional.

Ghana telah mengumumkan program pertukaran utang dalam negeri dan mengatakan restrukturisasi lepas pantai sedang dinegosiasikan dengan kreditur. Dana Moneter Internasional mengatakan restrukturisasi utang yang komprehensif adalah syarat untuk dukungannya.

Negara ini telah berjuang untuk membiayai kembali utangnya sejak awal tahun setelah penurunan peringkat kredit oleh beberapa lembaga pemeringkat kredit karena khawatir tidak dapat menerbitkan obligasi internasional baru.

Hal ini menyebabkan masuknya hutang Ghana ke wilayah yang dilanda bencana. Hutang publiknya berjumlah 467,4 miliar Cedis Ghana ($55 miliar, menurut data Refinitiv Eikon) pada bulan September, dimana 42% di antaranya adalah domestik.

Utang Luar Negeri Ghana Menurut Jenis Pemilik, Kuartal Ketiga 2022, Miliar Dolar

Itu memiliki defisit neraca pembayaran lebih dari $3,4 miliar pada bulan September, turun dari surplus $1,6 miliar pada waktu yang sama tahun lalu.

Sementara 70% hingga 100% dari pendapatan pemerintah saat ini digunakan untuk layanan utang, inflasi di negara ini naik hingga 50% pada bulan November.

READ  Kecelakaan pesawat di Nepal: Sedikitnya 68 tewas saat pesawat Yeti Airlines jatuh di dekat Pokhara

Ghana sedang mengalami apa yang dikatakan beberapa orang sebagai krisis ekonomi terburuk dalam satu generasi. Bulan lalu, lebih dari 1.000 pengunjuk rasa berdemonstrasi di ibu kota, Accra, menyerukan pengunduran diri presiden dan mengecam kesepakatan dengan Dana Moneter Internasional karena harga bahan bakar dan makanan melonjak.

Cadangan internasionalnya berjumlah sekitar $6,6 miliar pada akhir September, setara dengan cakupan impor kurang dari tiga bulan. Itu turun dari sekitar $ 9,7 miliar pada akhir tahun lalu.

Pemerintah mengatakan penangguhan tidak akan mencakup pembayaran utang multilateral, utang baru yang jatuh tempo setelah 19 Desember, atau utang terkait beberapa fasilitas perdagangan jangka pendek.

“Jangan keluar tiba-tiba”

Pemegang obligasi internasional Ghana mengkonfirmasi dalam pernyataan email Senin malam peluncuran resmi komite kreditur yang bertujuan untuk memfasilitasi “resolusi yang tertib dan komprehensif” dari tantangan utang negara.

Komite kreditor mengatakan setiap negosiasi dengan itikad baik perlu menghindari tindakan sepihak dan membutuhkan pembagian informasi ekonomi dan keuangan yang tepat waktu dan terperinci antara pemegang obligasi internasional, pemerintah dan Dana Moneter Internasional.

Dalam pernyataannya, grup tersebut mengatakan panitia pengarah terdiri dari Abrdn, Amundi, BlackRock, Greylock, dan Ninety One.

Catherine Exum, yang memimpin penelitian berdaulat di Gramercy, optimis pada restrukturisasi utang, mencatat bahwa seharusnya lebih mudah bagi kreditur daripada restrukturisasi pasar negara berkembang lainnya.

“Ini lebih terbuka daripada negara-negara seperti Sri Lanka dan Zambia, karena China tidak memiliki terlalu banyak utang,” kata Exum pada hari Jumat dalam sambutannya mengantisipasi restrukturisasi lepas pantai.

Seorang pemegang obligasi yang enggan disebutkan namanya mengatakan, kurang detailnya pengumuman itu bisa menjadi perhatian investor.

Data Tradeweb menunjukkan bahwa obligasi lepas pantai Ghana, yang diperdagangkan pada tingkat yang sangat menyedihkan 29-41 sen terhadap dolar, jatuh dengan obligasi 2034 kehilangan lebih dari 3 sen.

READ  Dari medali hingga rambu jalan, orang Rusia mencoba menempelkan cap mereka di Mariupol
Grafik Reuters Reuters

Namun, beberapa investor mengatakan bahwa penangguhan pembayaran utang luar negeri diharapkan.

“Ini sejalan dengan Ghana memasuki pembicaraan restrukturisasi dengan banyak pemegang utang, jadi mereka tidak akan keluar begitu saja,” kata Rob Drekoningen, co-head of emerging market debt di Neuberger Berman, yang memiliki beberapa Eurobonds Ghana.

Ghana membayar kupon pada 16 Desember yang terhutang pada Eurobond senilai $2.049, menurut seseorang yang mengetahui masalah tersebut.

Belum jelas apakah penangguhan layanan utang akan mencakup obligasi $1 miliar untuk tahun 2030 dengan jaminan $400 juta dari Bank Dunia.

“Kami tidak akan mengomentari rincian obligasi atau utang tertentu saat ini, tetapi kami sepenuhnya melibatkan semua pemangku kepentingan,” kata juru bicara Kementerian Keuangan kepada Reuters.

($1 = 8,5000 Cedis Ghana)

(Laporan oleh Christian Accorelli dan Cooper Invin) Laporan tambahan oleh Rachel Savage, Mark Jones dan Gorgelina de Rosario. Ditulis oleh Rachel Savage dan Cooper Envin; Diedit oleh Karen Struecker, Ed Osmond, Aaron Coyoor, dan Aurora Ellis

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.