Desember 1, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Tentara Suriah mengatakan bahwa Israel membom sebuah pangkalan udara di Suriah tengah, menewaskan dua tentara

Tentara Suriah mengatakan bahwa Israel membom sebuah pangkalan udara di Suriah tengah, menewaskan dua tentara

AMMAN (Reuters) – Tentara Suriah mengatakan melalui kantor berita resmi Suriah (SANA) bahwa rudal Israel menghantam sebuah pangkalan udara utama di provinsi Homs, Suriah, pada Minggu, menewaskan dua tentara dan melukai tiga lainnya.

Sumber militer mengatakan bahwa Angkatan Udara Iran baru-baru ini menggunakan pangkalan udara Shayrat.

Media resmi Suriah menerbitkan klip video pendek dari “agresi” dan mengatakan bahwa ada kerusakan material, tanpa merinci.

Sebuah sumber militer, yang tidak berwenang untuk berbicara di depan umum, mengatakan serangan itu menargetkan landasan pacu di pangkalan udara yang luas di tenggara kota Homs.

Ditanya tentang serangan itu, seorang juru bicara IDF mengatakan dia tidak mengomentari laporan asing tersebut.

Sumber militer mengatakan bahwa landasan pacu dan fasilitas bawah tanah di Shayrat, termasuk tempat perlindungan pesawat, telah mengalami ekspansi signifikan oleh militer Rusia dalam tiga tahun terakhir.

Sumber-sumber keamanan mengatakan bahwa Rusia, yang mempertahankan kehadiran militer besar di Suriah, ditempatkan di dekat pangkalan udara Shayrat dan menggunakan pangkalan itu.

Sumber-sumber regional dan intelijen mengatakan bahwa dalam beberapa bulan terakhir, Israel telah mengintensifkan serangannya di bandara dan pangkalan udara Suriah untuk mengganggu peningkatan penggunaan jalur pasokan udara Iran untuk mengirimkan senjata ke sekutunya di Suriah dan Lebanon, termasuk Hizbullah Lebanon yang didukung Iran.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia yang berbasis di Inggris, yang memantau peristiwa semacam itu, mengatakan sebuah depot milisi Iran dan Hizbullah yang terletak di dalam pangkalan udara Shayrat dihancurkan dalam serangan pada hari Minggu.

Sumber militer oposisi mengatakan bahwa milisi Iran menguasai wilayah yang luas di provinsi barat Homs dekat perbatasan Lebanon dan di timur, di mana mereka memiliki serangkaian pangkalan.

READ  Kupu-kupu raja telah ditambahkan ke Daftar Merah Spesies Terancam Punah dari Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam

Iran, yang telah memompa ribuan milisi Syiahnya untuk membantu Presiden Suriah Bashar al-Assad memenangkan pertempurannya melawan militan, mengatakan kehadiran militernya di Suriah terbatas pada sejumlah penasihat.

Israel telah melancarkan serangannya di Suriah selama bertahun-tahun terhadap apa yang digambarkannya sebagai pasukan yang didukung Iran dan Iran yang dikerahkan di sana selama perang yang dimulai lebih dari satu dekade lalu.

(Covering) Yasmine Hussein dan Ahmed Tolba di Kairo, Ari Rabinovitch di Yerusalem dan Suleiman Al-Khalidi; Disunting oleh Gareth Jones dan Susan Fenton

Kriteria kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.