Juni 29, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Gempa melanda Afghanistan timur: hingga 280 orang tewas

Gempa melanda Afghanistan timur: hingga 280 orang tewas

Gempa terjadi pada pukul 1:24 pagi, 46 kilometer (28,5 mil) barat daya kota Khost, yang dekat perbatasan negara itu dengan Pakistan, menurut Survei Geologi AS (USGS).

Gempa itu tercatat pada kedalaman 10 kilometer (6,2 mil), menurut Survei Geologi AS, yang telah menetapkan tingkat waspada gempa kuning – menunjukkan dampak yang relatif lokal.

Bakhtar melaporkan bahwa korban dilaporkan di distrik Barmal, Ziruk, Neka dan Jayan di negara bagian Paktika, dengan lebih dari 600 orang terluka.

Pejabat lokal dan penduduk memperingatkan bahwa jumlah korban tewas bisa meningkat, menurut Bukhar. Jumlah korban penuh belum jelas, dan CNN tidak dapat secara independen mengkonfirmasi laporan Bakhtar.

Gambar dari negara bagian Paktika, tepat di sebelah selatan negara bagian Khost, menunjukkan rumah-rumah yang hancur, satu atau dua dinding masih berdiri di tengah puing-puing dan balok langit-langit yang pecah.

Najibullah Saeed, seorang ahli Departemen Sumber Daya Air Afghanistan, mengatakan gempa itu bertepatan dengan hujan lebat di daerah itu – membuat rumah-rumah tradisional, banyak yang terbuat dari tanah liat dan bahan alami lainnya, sangat rentan terhadap kerusakan.

“Waktu gempa (dalam) kegelapan malam … dan kedalaman dangkal 10 kilometer dari pusat gempa menyebabkan jatuhnya lebih banyak korban,” tambahnya.

Bilal Karimi, wakil juru bicara Taliban, mengatakan gempa itu “berat” dan meminta lembaga bantuan untuk “mengirim tim darurat” ke daerah yang terkena dampak.

Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan dalam sebuah tweet pada hari Rabu bahwa timnya berada di lapangan untuk menanggapi keadaan darurat, termasuk menyediakan obat-obatan, layanan korban dan melakukan penilaian kebutuhan.

Perdana Menteri Pakistan Shahbaz Sharif menyampaikan belasungkawa dan menawarkan dukungannya dalam sebuah tweet di Twitter pada hari Rabu. “Sangat sedih mengetahui lebih banyak tentang gempa bumi yang melanda Afghanistan, yang mengakibatkan hilangnya nyawa tak berdosa,” tulisnya. “Rakyat Pakistan berbagi kesedihan dan kesedihan mereka dengan saudara-saudara Afghanistan mereka. Pihak berwenang yang relevan bekerja untuk mendukung Afghanistan pada saat dibutuhkan.”

READ  Jerman menuntut konservasi energi karena Rusia memotong aliran gas ke Eropa

Ini adalah cerita yang berkembang.