Juli 24, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Gempa dahsyat melanda Indonesia

Gempa dahsyat melanda Indonesia

Jakarta: Gempa berkekuatan 6,0 melanda provinsi barat Indonesia Yogyakarta, menyebabkan kerusakan pada rumah dan bangunan, kata layanan cuaca dan seorang pejabat.

Badan tersebut melaporkan bahwa gempa berkekuatan 6,4 skala Richter, kata Divigoritha Karnavati, kepala Badan Meteorologi, Iklim, dan Geofisika negara itu.

Gempa tersebut tidak memicu gelombang raksasa, kata badan tersebut.

Gempa terjadi pada pukul 19:57 waktu Jakarta (1257 GMT), dengan pusat gempa terletak 86 km barat laut Kabupaten Bandul dan pada kedalaman 25 km di bawah laut, tambah BMKG.

Getaran gempa juga dirasakan di provinsi terdekat Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Duvigorita mengatakan guncangan utama diikuti oleh lebih dari lima gempa susulan, merekomendasikan agar orang menghindari memasuki rumah mereka jika rumah mereka retak akibat gempa, lapor kantor berita Xinhua.

Gempa susulan dari gempa merusak rumah dan rumah sakit di provinsi Yogyakarta, kata Indro Samboto, anggota senior unit tanggap cepat Badan Penanggulangan dan Penanggulangan Bencana provinsi.

“Atap rumah rusak di Kabupaten Bandul. Atapnya runtuh. Selain itu, beberapa bagian dinding rumah sakit juga rusak ringan. Beberapa rumah yang terletak di sepanjang pantai juga mengalami kerusakan ringan,” katanya kepada Xinhua dari provinsi Yogyakarta.

Posting ini terakhir diedit pada 1 Juli 2023 pukul 7:38 pagi

READ  Presiden Ukraina mengatakan bahwa pemimpin Indonesia telah mengundang dirinya sendiri ke KTT G20