Juni 15, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Gempa dahsyat menghantam pulau utama Indonesia, menewaskan 1 orang dan merusak puluhan rumah

Gempa dahsyat menghantam pulau utama Indonesia, menewaskan 1 orang dan merusak puluhan rumah

Pada Jumat malam, 30 Juni 2023, gempa bumi bawah laut yang kuat mengguncang sebagian pulau utama Indonesia yang berpenduduk padat di Jawa, menewaskan sedikitnya satu orang, melukai dua lainnya, dan merusak puluhan rumah.

Gempa berkekuatan 5,8 pada Jumat berpusat 84 km barat daya Pampangilipuro di Kabupaten Bandul, provinsi istimewa Yogyakarta, kata Survei Geologi AS. Itu terjadi pada kedalaman 86 km.

Abdul Muhari, juru bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana Indonesia, mengatakan seorang wanita berusia 67 tahun di Bandul tewas terjatuh saat melarikan diri karena panik, dan dua warga lainnya luka-luka.

Gempa tersebut merusak setidaknya 93 rumah dan bangunan lain di Yogyakarta dan provinsi tetangganya di Jawa Tengah dan Jawa Timur, seperti sekolah, puskesmas, rumah ibadah, dan fasilitas pemerintah, kata Muhari.

perintah pengusiran

Laporan televisi menunjukkan penduduk setempat panik karena rumah dan bangunan berguncang selama beberapa detik di provinsi Yogyakarta dan Jawa Tengah. Di beberapa tempat ia memerintahkan evakuasi, mengirim orang ke jalan.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Indonesia mengatakan tidak ada bahaya tsunami, tetapi memperingatkan kemungkinan gempa susulan. Menurut BMKG, gempa awal tercatat berkekuatan 6,4 skala Richter. Variasi dalam pengukuran awal gempa bumi sering terjadi.

Yogyakarta adalah pusat budaya Jawa kuno dan pusat dinasti kerajaan sejak berabad-abad yang lalu. Ini adalah rumah bagi Borobudur abad kesembilan – sembilan tingkatan batu seperti kue pernikahan dan dihiasi dengan ratusan patung Buddha dan panel relief – dan kompleks candi Hindu Prambanan yang menjulang tinggi, keduanya merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO. Provinsi ini juga merupakan rumah bagi Gunung Merapi, gunung berapi paling aktif di negara ini.

READ  Jalan Menuju Paris 2024: Tim Indonesia Mulai Bangkit

Pada tahun 2006, gempa berkekuatan 6,4 SR di Yogyakarta menewaskan lebih dari 6.200 orang dan melukai lebih dari 130.000 orang, tetapi hanya menyebabkan kerusakan kecil pada dua candi.

Negara berpenduduk lebih dari 270 juta jiwa ini kerap dilanda gempa bumi, letusan gunung berapi, dan tsunami karena lokasinya yang berada di busur gunung berapi dan garis patahan di cekungan Pasifik yang dikenal sebagai “Cincin Api”.

Pada tahun 2004, gempa bumi Samudra Hindia yang sangat dahsyat memicu tsunami yang menewaskan lebih dari 230.000 orang di belasan negara, sebagian besar di provinsi Aceh, Indonesia.

Ini adalah artikel premium yang hanya tersedia untuk pelanggan kami. 250+ artikel premium untuk dibaca setiap bulan

Anda telah kehabisan batas artikel gratis Anda. Dukung jurnalisme berkualitas.

Anda telah kehabisan batas artikel gratis Anda. Dukung jurnalisme berkualitas.

Ini adalah artikel gratis terakhir Anda.