Februari 22, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Gary Lineker telah diminta untuk menarik diri dari menyajikan Match of the Day

Gary Lineker telah diminta untuk menarik diri dari menyajikan Match of the Day

  • Ditulis oleh Rachel Russell dan Charlie Adams
  • berita BBC

sumber gambar, Gambar Getty

BBC mengatakan Gary Lineker telah diminta untuk menarik diri dari acara Match of the Day sampai kesepakatan dapat dicapai atas penggunaan media sosialnya.

Ini mengikuti perselisihan tentang kenetralan atas komentar yang dia buat mengkritik kebijakan suaka baru pemerintah.

BBC mengatakan menganggap “aktivitas media sosial terbaru Undeniable sebagai pelanggaran terhadap pedoman kami”.

Dia menambahkan bahwa dia harus “menjauh dari memihak dalam masalah politik partisan atau perbedaan politik.”

BBC meminta Linker untuk mundur setelah “diskusi ekstensif dengan Gary dan timnya dalam beberapa hari terakhir”.

“Dia telah memutuskan bahwa dia akan mundur dari presentasi pertandingan hari ini sampai kami mencapai kesepakatan dan posisi yang jelas terkait penggunaan media sosialnya,” bunyi pernyataan tersebut.

Dia melanjutkan: “Dalam hal memimpin liputan sepak bola dan olahraga kami, Gary tidak ada duanya.

“Kami tidak pernah mengatakan bahwa Gary harus tidak punya otak, atau bahwa dia tidak dapat memiliki sudut pandang tentang isu-isu yang penting baginya, tetapi kami telah mengatakan bahwa dia harus menghindari keberpihakan pada politik partisan atau politik. kontroversi.”

Rekan pakar Ian Wright mengatakan dia tidak akan muncul di “Solidaritas”, men-tweet: “Semua orang tahu apa arti pertandingan hari ini bagi saya, tetapi saya telah memberi tahu BBC bahwa saya tidak akan melakukannya besok. Solidaritas.”

Alan Shearer, yang juga mempresentasikan program tersebut, mengatakan dia telah “memberi tahu BBC bahwa saya tidak akan hadir di MOTD besok malam”.

Walker berkata dia mengirimi Lineker pesan yang menanyakan, “Apa yang terjadi. Apakah kamu akan mundur?”

Dia mengatakan dia menerima tanggapan yang mengatakan, “Tidak, mereka telah tiba [the BBC] Dia bilang aku harus mundur.”

Pada hari Selasa, Menteri Dalam Negeri Soella Braverman menguraikan rencana pemerintah untuk mencegah orang-orang yang tiba di Inggris secara ilegal untuk mencari suaka, dalam upaya untuk mengatasi peningkatan orang yang melintasi Selat dengan perahu kecil.

Lineker menanggapi di Twitter, menyebutnya sebagai “kebijakan yang sangat kejam yang menargetkan yang paling rentan dengan bahasa yang tidak berbeda dengan yang digunakan oleh Jerman pada tahun 1930-an.”

Braverman mengkritik tweet Lineker, mengatakan itu “meminimalkan tragedi yang tak terhitung” dari Holocaust.

Menteri Dalam Negeri, berbicara di podcast Pemikiran Politik BBC, mengatakan perbandingan Nazi “malas dan tidak membantu” dan mengatakan keluarganya “sangat merasakan dampak Holocaust” karena suaminya adalah orang Yahudi.

Banyak anggota parlemen oposisi dan badan amal juga sangat keberatan dengan rencana pemerintah tersebut.

Richard Eyre, mantan pengawas kebijakan editorial BBC yang juga menjabat sebagai anggota dewan konten Ofcom, mengatakan perusahaan “tidak punya pilihan” selain mengambil tindakan terhadap Lineker setelah tweet-nya mengkritik kebijakan suaka pemerintah.

Berbicara kepada program Radio BBC 4 pada Jumat malam, dia berkata: “Saya pikir itu tidak bisa dihindari. Memang [Lineker] Dia memiliki surat-surat BBC yang tertulis di dahinya, namun dia terjun ke dalam cerita paling kontroversial saat itu.

“Yang benar adalah bahwa ini adalah masalah langsung yang tidak bisa diselesaikan oleh Tim Davey, manajer umum, selama akhir pekan, dan dia harus menyelesaikannya minggu ini. Jelas dia mencoba menyelesaikannya dan mencapai kesepakatan dengan Gary Lineker, mereka telah gagal, jadi begitulah.” Keputusan BBC. Apakah cerita ini terbawa tergantung pada apa yang dikatakan Gary Lineker sendiri dalam beberapa jam ke depan.

READ  Solomon mengkonfirmasi pembicaraan keamanan dengan China; Australia dan Selandia Baru yang bersangkutan

“Tak pelak sekarang dia belum dimakzulkan secara efektif tetapi setidaknya untuk sementara dimakzulkan, BBC sekarang akan menjadi sasaran banjir kritik yang mengatakan bahwa itu bertindak atas perintah pemerintah.”

Sumber tenaga kerja mengatakan kepada BBC bahwa perusahaan harus “memikirkan kembali keputusannya”.

Dia berkata: “Keputusan pengecut BBC untuk menghentikan penyiaran Gary Lineker adalah serangan terhadap kebebasan berekspresi dalam menghadapi tekanan politik.

“Politisi konservatif yang menekan untuk memecat orang karena menentang kebijakan pemerintah harus diejek, bukan diintimidasi. BBC harus memikirkan kembali keputusan mereka.”

Menteri pertama Skotlandia, Nicola Sturgeon, menyebut keputusan BBC “tidak dapat dipertahankan”, menulis di Twitter: “Sebagai pendukung kuat penyiaran layanan publik, saya ingin dapat membela BBC. Tetapi keputusan untuk menghapus Gary Lineker Tentang udara tidak dapat dimaafkan.

“Ini merusak kebebasan berekspresi di hadapan tekanan politik – dan tampaknya selalu ada tekanan sayap kanan untuk mengalah padanya.”

Lineker telah menjadi pembawa acara Match of the Day sejak 1999 dan merupakan bintang BBC dengan bayaran tertinggi, menghasilkan sekitar £1,35 juta pada 2020-21.

Dia bekerja untuk BBC sebagai pekerja lepas.

Mantan pemain sepak bola itu sebelumnya melindungi para pencari suaka dan secara terbuka mengadvokasi hak dan perlindungan yang lebih baik bagi para pengungsi. Dia juga mengkritik pemerintah Konservatif berturut-turut atas masalah termasuk keluarnya Inggris dari Uni Eropa.

Komentarnya mendapat dukungan luas di media sosial, dengan satu tweet mendapatkan 235.000 suka.